Saat Teduh
Update: Dapatkan bahan saat teduh setiap harinya melalui Line@ official @TanyaAlkitab. Caranya gampang, add saja @tanyaalkitab melalui line kamu, jangan lupa pakai @ ya...

Mendengar kata saat teduh atau sering disingkat “SaTe” mungkin sangat tidak asing bagi kebanyakan orang Kristen, bahkan saya rasa hampir semua umat Kristen setuju bahwa saat teduh itu sangat penting untuk dilakukan. Tetapi sayangnya tidak semua umat Kristen melakukan saat teduh ini, bahkan ada banyak juga yang tidak tahu apakah sebenarnya saat teduh itu. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas apa sebenarnya esensi dari saat teduh dan secara singkat menjelaskan tentang saat teduh itu sendiri.
Apa itu saat teduh?
Saat teduh adalah saat dimana kita hanya berdua saja dengan Tuhan dimana kita dapat berinteraksi dengan Tuhan dan merenungkan Firman-Nya. Dari namanya (Saat Teduh), kita dapat mengetahui bahwa waktu saat teduh adalah waktu dimana hati kita dapat tenang berdua saja dengan Tuhan.
Apa saja yang dilakukan pada waktu saat teduh?
Ada banyak hal yang dapat dilakukan waktu saat teduh. Kita bisa berdoa, bernyanyi bagi Tuhan, membaca Firman Tuhan, membaca renungan, dll. Namun biasanya di dalam saat teduh ada firman Tuhan yang masuk ke dalam hati dan pikiran kita karena Tuhan biasanya berbicara melalui Firman-Nya. Tidak heran kita dapat melihat begitu banyak renungan harian yang berisi bahan untuk kita melakukan saat teduh dan dewasa ini saat teduh sangat identik dengan renungan harian.
Kapan waktu saat teduh yang paling baik?
Saat teduh dilakukan setiap hari karena Tuhan mau berbicara kepada kita setiap hari, waktu yang paling baik biasanya adalah pada pagi hari sebelum kita memulai aktivitas karena di pagi hari biasanya kita belum banyak memikirkan hal yang lain sehingga kita bisa fokus kepada Tuhan. Di pagi hari juga Tuhan mau berbicara kepada kita terlebih dahulu sebelum kita memulai aktivitas kita. Namun sebenarnya saat teduh sebaiknya dilakukan di waktu terbaik yang kita punya dimana kita dapat fokus dan tenang. Pada ibu rumah tangga misalnya, mungkin saja pada pagi hari begitu bangun langsung disibukkan dengan berbagai persiapan suami pergi ke kantor dan anak – anaknya pergi sekolah, dalam kasus ini mungkin saja pagi hari akan sangat sulit untuk melakukan saat teduh, mungkin waktu yang tepat untuk ibu ini adalah siang hari di mana dia sudah menyelesaikan pekerjaan rumahnya. Ada juga orang yang lebih nyaman untuk saat teduh pada malam hari sebelum tidur, ada juga yang bahkan saat teduh pada malam dan pagi hari.
Apakah Tuhan Yesus melakukan saat teduh?
Tentu saja, Tuhan Yesus sendiri melakukan saat teduh pada pagi hari dimana hari masih gelap sebelum memulai pelayanannya dan pada malam hari setelah pelayanannya selesai.
Markus 1:35, Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.
Matius 14:23, Dan setelah orang banyak itu disuruh-Nya pulang, Yesus naik ke atas bukit untuk berdoa seorang diri. Ketika hari sudah malam, Ia sendirian di situ.
Kenapa ya untuk saat teduh sepertinya sulit sekali?
Memang untuk dapat memulai saat teduh, apalagi untuk setia bersaat teduh setiap hari tidaklah mudah. Diperlukan usaha dan kasih karunia agar kita dapat setia melakukan saat teduh ini. Tipsnya adalah kita dapat membentuk kelompok kecil dengan saudara seiman dimana di dalam kelompok ini dapat saling menguatkan dan saling mengingatkan tentang saat teduh ini. Tidak perlu malu jika saat teduh masih bolong – bolong. Jangan pernah menyerah jika sudah sekian lama kita masih saja suka bolong – bolong saat teduhnya. Iblis memang tidak suka anak Tuhan melakukan saat teduh karena iblis tidak mau kita bisa lebih dekat kepada Tuhan, oleh karena itu pasti akan selalu ada godaan untuk tidak melakukan saat teduh.
Apa sih yang bisa kita peroleh dari saat teduh ini?
Wah banyak sekali, yang pasti kita akan lebih intim kepada Tuhan dan memperoleh lebih lagi pengenalan akan Tuhan. Selain itu, dengan saat teduh kita bisa mengetahui apa yang ingin Tuhan katakan kepada kita dan apa yang Tuhan mau kita lakukan pada hari itu. Yang pasti coba lakukan dulu deh dan rasakan sendiri manfaat yang luar biasa dari saat teduh setiap hari.
Bahan saat teduh bisa kita dapatkan darimana ya?
Banyak sekali, jika tidak tidak ada renungan harian, membaca alkitab juga sudah cukup kok. Renungan harian dapat diperoleh dari banyak sumber, bisa membeli bukunya atau kalau mau gratis ada banyak aplikasi renungan harian di smartphone. Untuk blackberry ada aplikasi “Christian Pocket Guide” atau “Alkitabku”. Untuk android ada aplikasi “Alkitabku”, “Alkitab” keluaran yuku, “warungSaTekamu”, dll. Apapun media yang dipakai selama kita dapat menggunakannya dengan benar bisa jadi berkat untuk kita kok.
Selamat bersaat teduh...
Mazmur 119:105, Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.
-N.L.H-

1 komentar: