Penjelasan Singkat Tritunggal

Salah satu hal yang paling sulit dimengerti dalam iman kekristenan adalah mengenai istilah Tritunggal Maha Kudus. Tritunggal sebenarnya adalah istilah untuk menyebutkan “Allah itu satu tetapi mempunyai tiga Pribadi”. Kenapa istilah Tritunggal ini menjadi sangat sulit dipahami oleh manusia? Karena manusia tidak bisa dengan sempurna memahami Allah yang begitu besar dan begitu sempurna. Namun itu tidak berarti kita tidak bisa memahaminya sama sekali. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan mencoba secara singkat (diulang, secara singkat) menerangkan apa itu Allah Tritunggal.

Allah itu esa

Pertama yang harus diketahui adalah bahwa Allah itu esa (Ul 6:4, Mal 2:15, Mrk 12:29, Yoh 5:44, 1 Kor 8:4, 1 Tim 1:17, 1 Tim 2:5).

Ulangan 6:4, Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!

Maleakhi 2:15, Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh? Dan apakah yang dikehendaki kesatuan itu? Keturunan ilahi! Jadi jagalah dirimu! Dan janganlah orang tidak setia terhadap isteri dari masa mudanya.

Markus 12:29, Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.

Yohanes 5:44, Bagaimanakah kamu dapat percaya, kamu yang menerima hormat seorang dari yang lain dan yang tidak mencari hormat yang datang dari Allah yang Esa?

1 Korintus 8:4, Tentang hal makan daging persembahan berhala kita tahu: "tidak ada berhala di dunia dan tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa."

1 Timotius 1:17, Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak nampak, yang esa! Amin.

1 Timotius 2:5, Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,

Ayat - ayat tadi baru beberapa ayat yang memberi tahu Allah itu satu secara tersurat, belum lagi yang mengungkapkan secara tersirat, akan tidak terhitung berapa jumlahnya. Begitu banyak ayat yang berkata bahwa Allah itu esa (satu) dan memang Allah itu satu dan tidak diragukan lagi kalau Allah itu satu. Namun jika dilihat dari bahasa aslinya, bahasa Ibrani, kata Allah menggunakan kata Elohim (jamak), bagaimana mungkin Allah yang satu menggunakan kata jamak ini? Jawabannya dapat ditemukan di awal artikel ini, karena Allah mempunyai tiga pribadi, yaitu Bapa, Yesus Kristus (Anak), dan Roh Kudus. Tidak, Bapa, Yesus, dan Roh Kudus bukan tiga, semuanya adalah satu kesatuan Allah. Ketiganya adalah kekal, tidak ada yang menciptakan, sudah ada sejak semula, bahkan sebelum semuanya jadi.

Bapa adalah Allah, Yesus Kristus adalah Allah, Roh Kudus adalah Allah

1 Kor 8:6, namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.

Secara singkat, Bapa adalah sumber dari segala sumber dan kepada Bapa saja kita hidup. Hanya oleh Tuhan Yesus Kristus saja segala sesuatu jadi dan hanya melalui Yesus Kristus sajalah kita dapat menuju Bapa. Yesus Kristus adalah Firman yang hidup. Pada saat penciptaan, Allah Bapa berfirman dan segala sesuatunya jadi. Yesuslah Firman yang telah menjadi manusia.

Yohanes 1:1, Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Yohanes 1:14, Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Yesus adalah Anak Allah yang hidup. Penjelasan mengapa Yesus Kristus disebut sebagai Allah secara rinci akan dijelaskan pada artikel berikutnya. Yesus juga menegaskan bahwa Dia dan Bapa adalah satu.

Yohanes 10:30, Aku dan Bapa adalah satu.

Jelas Yesus mengatakan bahwa diri-Nya dan Allah bapa adalah satu kesatuan yang utuh, tidak dapat dipisahkan. Roh Kudus juga adalah Allah, Roh Kudus mempunyai sifat – sifat yang sama dengan sifat yang dimiliki oleh Allah. Roh Kudus bukanlah seperti kuasa mistis, Roh Kudus juga merupakan satu pribadi Allah. Kisah Para Rasul 5:3-4 mengatakan bahwa saat kita mendustai Roh Kudus, itu sama saja kita mendustai Allah. Penjelasan mengenai Roh Kudus ini juga tidak akan dibahas secara rinci di sini.

Kenapa bisa disebut satu?

Mungkin inilah bagian terpenting dari apa yang sedang kita bahas, bagaimana mungkin tiga pribadi, Bapa, Anak, dan Roh Kudus bisa disebut satu? Manusia sering kali menggambarkannya dengan beberapa perumpamaan. Perumpamaan yang paling sering kita dengar adalah bagaimana seseorang pada di saat di rumah adalah anak, pada saat di sekolah adalah murid, pada saat di lingkungan adalah teman, walaupun terlihat tiga, tetapi seseorang ini sebenarnya adalah satu. Pada dasarnya anak itu adalah satu, hanya mempunyai tiga fungsi. Bapa, Anak, dan Roh Kudus selain memiliki fungsi yang berbeda, juga merupakan pribadi yang berbeda, jadi menurut saya perumpamaan tadi kurang pas untuk menjelaskan Allah Tritunggal. Perumpamaan lain adalah bagaimana manusia terdiri dari tubuh, jiwa, dan roh, namun tetap satu. Perumpamaan ini juga kurang pas menurut saya karena tubuh, jiwa, dan roh merupakan bagian dari manusia, jika hanya tubuh saja atau jiwa saja atau roh saja, maka bukanlah manusia itu sendiri. Lalu perumpamaan apa yang cocok untuk menggambarkan ini semua? Sampai saat ini pun saya belum bisa menemukan perumpamaan apa yang cocok dengan sifat Allah ini, tetapi bukan tidak mungkin kita mengetahui bagaimana kesatuan Allah dapat terjadi.

Yohanes 17:22, Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:

Ini merupakan kutipan dari doa Yesus untuk murid – murid-Nya (termasuk kita yang percaya pada Yesus). Yesus mengatakan bahwa Yesus memberikan kemuliaan kepada kita, kemuliaan yang diberikan Bapa kepada Yesus, kemuliaan ini membuat kita menjadi satu, menjadi satu di sini seperti Bapa dan Yesus adalah satu. Jadi apa kemuliaan yang diberikan itu? Kemuliaan itu adalah kemampuan untuk menjadi satu, sama seperti Bapa dan Yesus adalah satu. Jadi Bapa dan Yesus adalah satu karena mempunyai kemuliaan ini. Kemuliaan itu apa sih sebenarnya?

Yohanes 17:23, Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.

Ya, jawabannya ada di ayat ini, apa yang Bapa berikan kepada Yesus, dan Yesus berikan kepada kita adalah kasih. Kemuliaan tersebut ternyata adalah Kasih dari Bapa. Kasih dari Bapa ini lah yang mempersatukan. Tentu ini bukanlah kasih sembarangan, kasih yang dimaksudkan adalah kasih agape, kasih tanpa syarat yang mau berkorban, kasih yang sempurna yang hanya dimiliki oleh Allah. Jadi jawaban dapat disimpulkan bahwa Bapa, Anak, dan Roh Kudus adalah kasih itu sendiri, kasih agape lah yang mempersatukan Bapa, Anak, dan Roh Kudus, mereka bukanlah tiga, tapi satu kesatuan yang tidak dapat dilepas. Dalam 1 Yohanes 4:7-21 merupakan satu perikop yang menjelaskan bahwa “Allah adalah kasih”.

1 Yohanes 4:8, Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.

1 Yohanes 4:10, Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita.

Kasih itu berasal dari Allah dan sudah ada pada mulanya karena Allah adalah kasih. Bapa, Anak, dan Roh Kudus adalah satu dalam satu kesatuan kasih yang tidak dapat dipisahkan.

Melihat dari penjelasan di atas, sebenarnya jika kasih Allah benar – benar ada di dalam kita, kita juga bisa bersatu dan tidak terpecah, namun ternyata selama kita ada di dunia, godaan dunia membuat kita tidak dapat melakukan kasih yang sempurna yang dari Bapa itu, kasih yang mempersatukan. Oleh karena itu, marilah kita belajar untuk saling mengasihi seperti Allah mengasihi agar kita dapat menjadi satu di dalam Kristus.

Penjelasan saya di atas mungkin saja salah, karena saya bukan Allah dan tidak pernah menjadi Allah. Dengan otak kita yang sedemikian terbatas, kita tidak mungkin dapat memahami Allah yang begitu besar. Allah juga tidak dapat dianalogikan dengan apapun yang ada di dunia ini karena Allah bukan berasal dari dunia, Allah sudah ada sejak semula sebelum semuanya ada. Walaupun tidak dapat dijelaskan secara tepat, kita tidak perlu malu dengan konsep Tritunggal ini, karena memang Allah adalah maha segalanya, dan sekali lagi tidak mungkin manusia yang terbatas dapat secara tepat memahami Allah Tritunggal.

-N.L.H-

30 komentar :

  1. syalom min,mau nanya nih banyak teman yg bukan ikut kristus selalu bilang ke saya seperti ini: "Yesus itu Allah apa bukan sih?" saya juga terkadang bingung ingin menjawab nya. kira2 jawaban apa ya yg bisa saya jawab ke mereka? terima kasih. syalom

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanpa ragu, yakin bro..
      Yesus itu Allah.. :D

      Hapus
  2. menurut Alkitab

    Matius 4:10 - Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti! "

    Kenapa pada saat itu Yesus tidak Meminta Iblis untuk menyembah dirinya "YESUS" tapi menyembah Tuhan, Allahmu.. ? disini Allah yang mana ?

    Yohanes 17:3 - Inilah hidup yang kekal 1 itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus

    Allah adalah satu2nya yang benar... dan Yesus Kristus adalah yang telah Allah utus. Bukankahini sangat berbeda.. Tidakkah Yesus hanyalah utusan Allah seperti nabi-nabi sebelumnya ? seperti Adam dan Ibraham ?

    Yesaya 46:9 - Ingatlah hal-hal yang dahulu dari sejak purbakala, h bahwasanya Akulah Allah dan tidak ada yang lain, Akulah Allah dan tidak ada yang seperti Aku

    Saya kutip dari tulisan Anda "Hanya oleh Tuhan Yesus Kristus saja segala sesuatu jadi dan hanya melalui Yesus Kristus sajalah kita dapat menuju Bapa".

    Yesus adalah perantara menuju Bapa ?, Bapa disini siapa ? Artinya yesus membimbing umatnya menuju Allah , tapi dia bukan Allah..

    apakah saya salah ? mohon penjelasannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matius 4:10 - Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti! "
      disini yesus sedang mengutip nats dalam kitab suci bukan perkataan dia untuk menyuruh menyembah allah lain selain dia.tp yesus selalu mengajarkan untuk kembali kepada firman yang ada tertulis
      cobalah membaca yohanes 17 secara keseluruhan dan anda akan menemukan bahwa yesus sedang berbicara mengenai tugas ke-messiasannya dmn dia ingin memperkenalkan nama Allah yg diberikan kepada yesus (ayat 12).yesus juga memperkenalkan dirinya sebagai 100% manusia saat berada didunia karena dia sedang menjalankan misi penyelamatan dengan mati dikayu salib karena jika yesus sebagai firman idak akan mungkin bisa mati disalib.yesus sebagai firman kekal sejak sebelum dunia dijadikan (ayat 5) mengapa yesus berkata "dan mengenal yesus kristus yang telah engkau utus"??agar tiap orang dapat menyembah yesus sebagai tuhan(firman),bukan yesus sebagai manusia.dan menyatakan bahwa yg mati disalib adalah kemanusiaannya dan tidak menyentuh keillahiannya dan yesus datang dari allah( ayat 8) tidak diciptakan oleh allah melainkan keluar dari diri allah sendiri turun kedunia mengambil rupa seorang hamba untuk menggenapi apa yg tertulis dalam kitab suci (ayat 12).agar setiap orang tidak menganggap bahwa allah ada 2(yesus dan bapa).dan tidak merusak ketawhidan/keesaan allah itu sendiri,yohanes 17 berbicara mengenaitugas yesus sebagai mesias/juruselamat manusia.dan yesus berharap setiap orang percaya kepadanya bukan karena melihat tapi karena iman,.,.yg menciptakan adalahh yesus sebagai firman/kalimatullah,bukan yesus sebagai manusia,dan tidak ada seorangpun yg dapat datang kepada bapa tanpa melalui yesus/tanpa melakukan firman.dan tak satupun dapat bertemu bapa tanpa bertemu yesus karena ketika yesus kembali kesorga dia kembali menyatu dengan allah.(ayat 11)dan yesus sebagai manusia tidak adalagi didunia ataupun disorga karena yang mati adalah kemanusiaan yesus dan yg kembali kepada allah adalah keillahian yesus/sang firman.maka roh kudus meneruskan misi allah didunia dan disorga sebagai pribadi allah juga yg tidak berbeda dengan yesus
      nama allah adalah YESUS (ayat 12) dan dipasal yg lain yesus menyatakan bahwa ROH KUDUS yg akan diutus dalam nama YESUS
      yang terakhir sebagai kesimpulan kenapa dan apa maksud dari YOHANES 17 ditulis??baca diayat terakhir yohanes 17:24-26
      17:24. Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan.
      17:25 Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku;
      17:26 dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka."
      ini yang dapat sy sampaikan memang jauh dari sempurna tap kiranyadapat dimengerti.,.,yg terpentig berdoalah kepada ALLAH YANG ESA agar menunjukan kepada kita pribadi siapakah YESUS itu
      amin.Tuhan memberkati.syalom

      Hapus
  3. kata anda Allah itu esa, tetapi memiliki 3 kepribadian. tapi dalam kenyataannya adalah memiliki 3 tubuh dan kepribadian yang berbeda.
    dan kata anda mereka semua kekal dan tidak ada yang menciptakan, seharusnya tuhan yang hidup di dunia tidak akan mati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. izhar amedio yang terkasih,
      memang susah jelasinnya kalo bukan secara iman n petunjuk Roh Kudus.
      misalnya mahluk hidup ada 3 yaitu tumbh2an,hewan & manusia = berarti mahluk hidup benar2 ada 3.
      beda dengan misalnya saya adalah manusia yang terdiri dari TUBUH saya,JIWA saya & ROH saya = bukan berarti diri saya ada 3.
      Tuhan memberkati anda saudaraku izhar amedio.

      Hapus
    2. Anda pasti percaya Allah Tritunggal maka tentunya Anda percaya,bahwa YESUS adalah ALLAH.

      Malaikat mengatakan kepada Maria:hendaklah engkau menamai Dia [bayi yang akan dilahirkan Maria] YESUS.

      Jadi sejak dilahirkan nama BAYI itu adalah YESUS.

      Kalau seandainya Anda ada di tempat Maria dan ada yang bertanya kepada Anda: Sipakah bayi itu.
      Maka Anda akan menjawab:Itu adalah Yesus.
      Kemudian orang bertanya kembali:Siapakah Yesus itu?
      Maka tentunya Anda akan mengatakan:Itu adalah Allah yang MAHA Mulia dan MAHA Kuasa.
      Karena Yesus adalah Allah maka,tentunya sejak BAYI Ia sudah Allah dan BUKAN setelah dewasa Ia menjadi Allah.

      Anda boleh bayangkan, Allah yang MAHA Mulia,MAHA Kuasa,yang telah menciptakan jagad raya cosmic dengan milyaran galaxynya dan triliun-triliun-triliunan bintang dan planet-planetnya telah MENJELAMKAN diriNya lebih dulu sebagai BAYI yang masih ingusan.
      Betul-betul keyakinan yang sangat ABSURD dan RIDICULOUS.

      Meghujah Allah dengan tiada taranya!!!

      Yesus=Allah maka berarti sejak bayi Ia sudah Allah dan BUKAN baru kemudian makhluk Roh Allah masuk ke tubuh Yesus.


      Kalau Yesus adalah CIPTAAN Allah,sesuai dengan apa yang tercatat dalam Wahyu 3 :14 dan Kolose 1 :15 maka sewaktu ada yang bertanya:Siapa bayi atau anak kecil yang mungil itu? Anda dapat menjawab: Oh,itu adalah Yesus yang nanti kalau Ia sudah dewasa akan Diurapi Allah sebagai Mesias dan yang akan menebus dosa umat manusia.

      Dalam halnya Yesus=Allah,Anda TIDAK dapat mengatakan: Oh itu adalah Yesus yang nanti kalau sudah dewasa akan menjadi Allah yang MAHA MULIA DAN MAHA KUASA.

      Bisa Anda bayangkan betapa kejinya,bahwa Allah yang menciptakan seluruh Alam Semesta dikatakan,bahwa Ia telah menjelmakan diriNya sebagai bayi atau anak yang masih ingusan.

      Sangat sembrono dan mungkin digolongkan oleh Allah sebagai mereka yang telah berdosa terhadap Roh Kudus.
      Wao,sangat mengerikan!!!

      Hapus
    3. Untuk Allah tritunggal penjelasannya aku analogikan saja biar lebih gampang dicerna oleh yang awam walau mungkin masih terlalu dangkal tapi lumayan bisa dimengerti.... pikiran kita tidak bisa dilihat jadi bila kita ingin orang mengetahui apa yang ada dipikiran kita maka kita bisa menuliskannya di kertas,dan kertas itu menjadi 'kita' karena apa yang ada dikertas itu adalah "kita' sendiri yang sudah dituangkan dalam kertas supaya orang lain tau dan mengerti apa yang kita mau sampaikan dan bila kertasnya kita sobek bukan berarti pikirannya atau sumber pikirannya juga mati.. demikian juga Yesus yang merupakan Allah itu sendiri karena kita tidak mungkin bisa bertemu dengan Allah secara langsung dan Yesus mengajarkan secara langsung teladan Allah.. mungkin sulit dilogika tapi agama bukanlah logika tapi iman,bila agama bisa dilogika maka itu adalah buatan manusia.. agama itu jauuuuh dari yang bisa kita pikirkan.. trims semoga bermanfaat Tuhan memberkati

      Hapus
  4. Sebenarnya Yesus itu siapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yesus itu karakter yg dicptakan yahudi dan melalui paulus yg juga orang yahudi bersama antek2nya yaitu empat perawi injil yaitu :Matius,Lukas,Yohanes,Markus membuat cerita yesus itu tuhan 300 tahun setelah kematian yesus. Para ahli teolog kristen dari barat mengatakan bahwa 4 perawi injil yg disebutkan diatas adalah misterius alias HOAX tidak diketaui indetitasnya. apa yg dikatakan Prof. Alvar Ellegard dalam bukunya Jesus 100 Years Before Christ (1999) mengatakan, "Tujuan mereka adalah untuk menyebarkan cerita tentang Yesus yang dikemas sesuai dengan ajaran yang telah ditetapkan Gereja mereka, yang dipungut dari berbagai sumber yang cocok dengan keinginan mereka, baik dari sumber sejarah, cerita dongeng, maupun khayalan."

      Hapus
  5. johan: Yesus adalah Allah.
    Juned: Yesus adalah Juru S'lamat manusia, selain Allah; ada yang bisa menentukan orang masuk sorga? Yesus adalah Allah.
    Juned: Bapa ialah Allah. Yesus membimbing umat-Nya, umat Allah.
    izhar: Tuhan Yesus mati; sebagai korban penebus dosa. Adakah manusia yg tidak berdosa? Adakah manusia yg masuk sorga dengan dosa? Tidak, Maka itu Yesus harus mati di Kayu Salib untuk menebus dosa manusia.
    nofic: Yesus adalah Tuhan, Yesus adalah Kristus, Dia Messias (Al Masih). Juru S'lamat manusia.
    itu pendapat saya, sebagai orang Kristen yang percaya dan setia! Menurut admin sendiri gimana atas pertanyaan-pertanyaan diatas? God Bless...

    BalasHapus
  6. syalom..
    saya mo mncoba mnjelaskan Tritunggal melalui apa yg saya pahami..

    Tritunggal berarti 3 pribadi tapi satu..
    bukan berarrti 3 allah..

    misalnya saya..
    saya disebut warga Indonesia, karena saya tinggal d indonesia..
    saya di sebut anaknya pak sidauruk karena saya memang anak bapak saya, pak sidauruk..
    saya di sebut mahasiswa, karena saya memang mahasiswa..
    tapi bukan berarti saya ada 3,..
    saya itu satu, tapi ada 3 fungsi dan kbradaan pribadi saya..

    begitu juga ini..
    Tuhan di sebut Allah, Anak, dan Roh Kudus..
    tapi bukan berarti 3..

    Tuhan disebut Allah Bapa, karena Dia mencipta dan sifatNya yg seperti Bapa yg mnyayangi, seperti Bapa yg sayang anak2Nya..

    Tuhan disebut Anak, karena Dia yg berkorban dan sifatNya yg melakukan seglanya tanpa mnyerong, dan tulus..
    seperti Anak yg patuh kpd keinginan Bapanya..

    Tuhan disebut Roh Kudus.. karena Dia memang Roh yg Kudus yg Hidup di tengah2 kita..

    Demikian Tuhan, tapi bukan berarti Dia 3, Dia itu satu..
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap saya benar-benar terberkati,,,
      GBU

      Hapus
  7. Bagaimana kita memahami ada momen di saat Allah dan Yesus berbicara? Memang saya akui tidak semua misteri Allah dapat kita pahami. Hanya saja rasa penasaran ini kadang muncul. Adakah perumpaan yang dapat mempermudah kita memahaminya? Syalom

    BalasHapus
  8. saya yakin yesus itu bukan Allah.....bukan 100% tp 1000%....yesus adalah Nabi isa .AS.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. karna kamu tidak membaca Alkitab sepenuhnya. .kita tungu kedatangannya..

      Hapus
  9. mazmur 23:1 TUHAN ADALAH GEMBALAKU,TAKKAN KEKURANGAN AKU. yesus berkata,yohanes 10:11 AKULAH GEBALA YANG BAIK.GEMBALA YANG BAIK MENGORBAN NYAWA UNTUK KAWANAN DOMBA. nubuat perjanjian lama dimeterai dengan perjanjian baru. taurat digenapa dengan injil.

    BalasHapus
  10. ini bukti yesus tuhan.yohanes 4:24,allah itu roh..kejadian 1:2..roh allah melayang-layang.yesus juga pada mulanya adalah roh.lukas 1:1..roh allah akan DATANG kepadamu....digunakan kalimat (DATANG) bukan tercipta kerana dari dulu memang sudah ada.tetapi roh itu menjadi manusia.allah itu datang sebagai manusia untuk menebus dosa kita.yohanes 1:1Pada mulanya adalah firman,firman itu bersama-sama allah dan firman itu adalah allah.yohanes1:14 firman itu menjadi manusia dan tinggal diantara kita....ALQURAN juga mengakuinya...Maka ia mengadakan tabir yang melindunginya dari mereka;lalu KAMI mengutus rokh KAMI kepadanya,maka ia menjelma dihadapannya dalam bentuk manusia sempurna.mengapa didalam alquran, allah s.w.t menggunakan kata (KAMI!)kerana ia tiga dalam satu.ia adalah allah tritunggal yang esa!

    BalasHapus
  11. TETAPI PERLU TAHU,BAHWA ALLAH ITU YESUS.DIALAH ALLAH TRITUNGGAL!DAN APABILA KAMU PERCAYA BAHWA YESUS ITU TUHAN ALLAH,KAMU TIDAK AKAN BINASA,MELAINKAN BEROLEH HIDUP YANG KEKAL!

    BalasHapus
  12. Syalom,
    aku punya tman muslim aku baca alqurannya surah aliklas.
    Bunyinya gini:

    1.Katakanlah: "dialah allah, yang maha esa
    2.Allah adalah tuhan yang bergantung kepadanya sgala sesuatu
    3.dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan
    4.dan tidak ada seorangpun yang setara dengan dia

    Ini bertentangan kan dgn konsep tri tunggal, aku masih bingung? Mungkin ini benar y?

    BalasHapus
  13. Cukup surat Al ikhlas lah sebagai jawaban...dan manusia menanggung dosa masing2... tak mungkin lah kita yg berdosa...tuhan yang menanggung..
    ALLAH ADALAH SATU TIDAK BERANAK DAN TIDAK PULA DIPERANAKKAN .

    BalasHapus
    Balasan
    1. dear mba ika manusia memang menanggung dosa masing2..Di dalam kekristenan pun seperti itu...TAPI...apakah manusia sanggup menanggung dosa itu sendiri???
      Allah memiliki kasih yang sangat luar biasa...Ketika Dia melihat anak2Nya semakin berdosa maka Dia mengutus AnakNya yg tunggal supaya setiap kita yg percaya kepadaNya tidak binasa melainkan beroleh hidup yg kekal (Yohanes 3:16)..
      Lalu pertanyaannya apakah Yesus Anak Allah jawabannya jelas iy TAPI bukan berarti Allah memperanakkan Yesus...Sebuah pemikiran yg salah...Yesus sudah ada sebelum dunia ini dijadikan...Yesus adalah Allah itu sendiri...Allah, Yesus dan Roh Kudus adalah satu...Allah tetap satu dengan tiga kepribadian...
      Terima kasih Tuhan memberkati...

      Hapus
  14. syaloom. ini mungkin membantu. tapi emang sulit memahami trinitas secara sempurna karena kita pun tidak bisa memahami kebesaran Tuhan yang begitu sempurna. mintala Roh Kudus untuk membimbing memahami trinitas ini. makasih hehe http://id.wikipedia.org/wiki/Tritunggal

    BalasHapus
  15. Setiap ciptaan mencerminkan sang pencipta atau pembuatnya.

    Krn setiap ciptaan terisi dan tertuang pikiran dan perasaan dari sang pencipta.

    Seperti kita ada tubuh ,jiwa dan roh. Bedanya kalau kita dipisah satu2 kita mati.

    Ada pagi ada siang dan malam.

    Ada manusia , hewan ada tumbuhan.

    Ada dunia ada surga dan ada neraka.

    Setiap pengenalan akan sang pencipta atau Tuhan ada 3 tingkatan.

    1. Tubuh manusia banyak kenal Tuhan siapa Tuhan dan itu hanya sebatas tubuh atau luarnya.

    2.kita bisa mengenal jiwa yaitu Yesus kita bisa menyelami jiwa atau perasaan Tuhan melalui dirinya.karena jika mengenal Tuhan secara langsung atau berhadapan langsung dgn tubuh fana ini kita mati.

    Seperti kita ingin memahami dan berbicara dgn ayam. Kita tidsk bisa paham kalau tidak menjadi ayam dulu dan masuk ke dunianya.

    Sama dgn Tuhan ingin kita mengerti memahamiNya maupun sebalik nya kita untuk memahamiNya.

    Tuhan adil gara1 orang yaitu hawa kita masuk neraka dan hidup didunia.
    (Masa gara2 dosa nenek moyang kita ikut merasakannya juga)

    Tapi gara2 1 orang kita diselamatkan.

    BalasHapus
  16. Paling enak berbicara face to face,,,, sepertinya mencomot ayat firman Tuhan tanpa memperhatikan konteksnya ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, kapan ketemu ya? saya suka berhadapan muka,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  17. Perumpamaan kurang lebih begini :
    SBY adalah presiden RI
    SBY adalah Kakek dari cucunya
    SBY adalah kepala keluarga yg berkediaman di puri cikeas

    Masing2,pada saat tertentu,peran tertentu,mempunyai tugas dan kewajiban yg berbeda
    misal :
    1.pernahkan SBY menggendong cucu pada saat upacara paskibra 17 agustus?
    2.pernahkan SBY makan malam dgn tamu negara sambil mengenakan sarung seperti di rumah?
    3.pada pemilihan kepala desa cikeas,pak SBY ikut mencoblos,dlm kedudukannya sebagai rakyat biasa

    apakah berarti pak SBY ada 3 ?

    BalasHapus
  18. Admin yth, sya menghargai pemikiran anda. Mengenai Tritunggal Allah masih banyak umat kristiani yg tidak paham.
    Baiklah saya mencoba menjelaskan ringkasan pemikiran saya oleh karya Roh Kudus.

    Kebenaran adalah kebenaran yg bersumber dari Alkitab.
    Mengenai Allah (God), siapakah Allah (God) itu? mengapa disebut Allah (God).
    Allah adalah Gelar Kerajaan Surgawi, Gelar Penguasa Alam Semesta.
    Alkitab memberi petunjuk di kitab Wahyu 21 : 7 ; "dan Aku akan menjadi Allah (God) nya".
    Di ayat sebelumnya menjelaskan bahwa yg berkata adlh Sang Firman, Raja segala Raja.
    Presiden adlh pemimpin dari sebuah negara, demikian juga Allah (God) adlh Pemimpin dri Kerajaan Surga dan Penguasa dri segala yg hidup.
    Presiden setiap negara memiliki nama, demikian jg Allah memiliki nama. Siapakah nama Allah? Yesus... (Kitab Yohanes 17 : 6 - 26)
    Kebenaran yg pertama terungkap adalah Tepatlah jika Alkitab mengatakan bahwa Umat Kristiani (Orang percaya) mengenal Allah, sebab bukan hanya mengenal Penguasa atau Raja Alam Semesta, melainkan menjadi anak-anak Allah.
    Setiap org di Indonesia tahu bahwa Indonesia punya presiden, siapa namanya? Sby...
    Banyak orang tahu Allah, ttpi mereka tidak mengenal Dia, bahkan namaNya mereka tidak tahu.


    Kebenaran kedua adalah mengenai Allah Tritunggal. Dengan kata lain, Allah (Gelar Penguasa dan Raja Surgawi) di dalam satu kesatuan.

    Penjelasan admin di atas sy tdk bgitu paham, Adlh benar Allah adlh Kasih, yg bagi saya brarti Allah itu Sumber Segala Kasih dan Dia Kasih itu sendiri.
    Pemahaman Tritunggal harus bersumber dari karya Nya yg sempurna sbg objek dri Kasih Allah, yaitu Manusia.
    Ketika Allah menciptakan manusia, Pribadi Tritunggal Allah terlibat, yaitu dri kata "Baiklah KITA" saya percaya Allah sdg tdk bicara dgn para malaikat ataupun makhluk lainnya, krn tidak ad yg Maha Tahu dan Maha Pencipta selain Allah.
    Oleh karena pribadi Tritunggal Allah (Allah Bapa, Allah Putera dan Allah Roh Kudus)
    Yg menciptakan manusia menurut "Gambar dan Rupa KITA" maka dipastikan manusia sempurna Serupa dan Segambar Allah.
    Spt penjelasan admin, manusia memiliki 3 Bagian yg tdk dpat terpisahkan, tetapi memiliki fungsi dri tiap2 bagian.
    1. Jiwa = Allah Bapa, bertindak sebagai Perancang, Perencana, Pemikir, Sumber Kasih (perasaan), Yang Berkehendak.
    Demikian juga jiwa manusia, sbgai sumber akal pikiran dan perasaan. Dapatkah jiwa dipisahkan dri manusia?
    2. Tubuh = Allah Putera, bertindak sebagai pelaksana dari jiwa, perwujudan dari jiwa. Tubuhlah yg mempresentasikan jiwa. Demikianlah Yesus (Anak Manusia) berkata : " Jika engkau melihat Aku, engkau melihat Dia (Allah Bapa).
    Tubuh manusia merespon gerakan berdasarkan kehendak dan perintah jiwa (Otak).
    3. Roh = Roh Kudus, bertindak sebagai Pemberi Kehidupan, Sumber dari Kehidupan, Sumber Kuasa.
    Roh manusia yg membuat manusia hidup dan bernafas....
    Oleh karena itu Alkitab mencatat, tidak ada pengampunan bagi yg menghujat Roh Kudus.

    Demikianlah kiranya pemikiran saya, kiranya dapat memberikan pemikiran tentang Allah dan Tritunggal Allah.
    GBU

    BalasHapus
  19. inilah menariknya alkitab semakin berusaha memahaminya maka semakin rumit tetapi semakin memberikan wawasan yang luas kepada kita...ibarat matematika....seandainya hanya ada satu tambah satu = dua,maka pengetahuan kt akn hanya mentok disitu....tetapi penjelasan Allah tritunggal seolah olah kt mengetahuinya tapi tdk bs menjelasknnya....tetapi kt yakin Yesus Kristus adalah Tuhan...semakin kt penasaran maka semakin kt rajin untuk ingin mengetahui Allah itu,kt akan bertanya trus...akn rajin mengkaji....tetapi yg kt dapat adalh percikn2Nya sj...tetapi sangat bermakna dlm hidup kita...secara pribadi terkdng mendapat ayat2 alkitab yang membingungkn...harusnya kt harus bersyukur karn isi alkitab telah sangat menarik di perbincangkn oleh manusia di bumi ini....puji Tuhan.siapa yang bertahan sampai kesudahannya ......dan percaya bahwa Yesus adalah Tuhan serta menerapkn dlm hidupnya ajaranNya itu maka dialah yg akan keluar sebagai pemenang dan empunya kerajaan sorga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu iya jamanya eropa dalam kegelapan dan kebodohan atau kalau di pra islam jaman jahiliyah boleh bilang 1+1+1=1. Kalau jaman sekarang bulshit bangsa eropa maju yg cerdik pandai(yg cerdik pandai itu yahudi lho bkn eropa putih yg sampai sekarang jadi anjingnya dan budaknya yahudi) mau menerima hitungan seperti itu. Jadi eropa maju sekarang mengunakan logika bukan dogma yg dipaksakan paulus pada jaman kebodohan eropa. Lagian siapa yg bisa percaya pada kitab yg katanya firman tuhan sedangkan atara perawi satu dgn lainya ngak sikron dalam hitungan matematis. Jadi apa yg dikatakan ahli teolog barat(yg kulit putih bkn yahudi) bahwa kitab injil itu ngak ada bedanya dengan novel fiksi karya Dan Brown "Da Vinci Code" yg laris manis bak kacang goreng dengan penjualan puluhan juta kopi sejak diterbitkan tahun 2003 dimana novel tsb merupakan pukulan telak bagi iman kristiani. Ingat kata2 para teolog bahwa bible (perjanjian baru) adalah cerita fiksi ngak ada bedanya degan karya dan brown tsb. Dan masyarakat barat lebih mempercayai cerita di novel "Da Vinci Code" dibanding cerita dalam bible. Jadi jika banyak masyarakat barat sekarang byk yg ateis(lagi2 pengikut isme yg diciptakan yahudi) jangan disalahkan jika agama kristen di tempat kelahirannya sendiri yaitu eropa hancur lebur. Siapa andil dibalik itu semua(hancurnya kristen di eropa&amerika) tidak lain adalah si jenius yahudi dgn zionisnya. Dan benar apa yang dikatakan netayahu bahwa musuh terbesar kita adalah kristen.

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus