Bagaimana cara mengubah orang lain

Bisakah kita mengubah orang lain agar menjadi lebih baik?

Banyak sekali pertanyaan seperti “Bagaimana sih cara biar teman aku sadar dan berubah jadi tidak egois lagi?” atau “Bagaimana sih caranya mengubah mama aku  biar tidak suka menghabis - habiskan uang untuk foya – foya lagi?” atau “Apa yang harus saya lakukan agar pacar saya tidak suka bohong lagi?” Inti dari semua pertanyaan tadi adalah “Bagaimana caranya agar kita bisa mengubah orang lain menjadi lebih baik?” Pertanyaan – pertanyaan semacam itu sering kali kita dengar di sekeliling kita atau bahkan kita sendiri yang bertanya demikian. Tapi apakah benar kita dapat mengubah orang lain? Jawabannya adalah tidak, bahkan kita sendiri pun sebenarnya tidak bisa mengubah diri kita sendiri. Yang sanggup mengubahkan diri manusia hanyalah Tuhan Yesus Kristus saja. Hanya melalui Firman-Nya manusia dapat diubahkan.

Kalau begitu kita tidak bisa melakukan apa – apa agar orang lain bisa berubah?

Kita tidak punya kemampuan dan tidak akan pernah diberi kemampuan untuk dapat mengubah orang lain. Kita hanya diberi kemampuan untuk dapat menerima orang lain apa adanya dan mengasihi orang lain bagaimanapun orang itu. Daripada pusing memikirkan bagaimana cara mengubah orang lain, lebih baik kita belajar untuk dapat menerimanya orang lain apa adanya dan juga belajar untuk mengasihinya. Orang lain bisa saja berubah ketika diterima dan dikasihi oleh kita.

Selain itu, kita masih dapat melakukan sesuatu agar orang lain dapat berubah, salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah menegurnya.

Matius 18:15, Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali.

Tetapi harus diingat kalau kita harus menegur di dalam kasih. Untuk mengetahui bagaimana cara menegur yang baik, sangat direkomendasikan untuk membaca juga artikel Menegur dengan Kasih. Selain menegur, kita juga harus terus mendoakan orang tersebut agar Tuhan Yesus Kristus dapat mengubahkan hatinya sehingga orang tersebut dapat berubah dalam pembaharuan dalam Roh Kudus.

Jadi, mulailah tegur dan doakan orang yang kita kasihi agar dapat senantiasa berubah menjadi pribadi yang lebih baik di dalam Tuhan kita Yesus Kristus. Namun ingat, pada saat orang lain dapat berubah, itu sama sekali bukan karena kita, itu karena Tuhan Yesus yang mengubahkan mereka.

-N.L.H

1 komentar:

  1. terimakasih infonya sangat bermanfaat, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2CEy6Fs

    BalasHapus