Pacaran Beda Iman Menurut Alkitab

Dasar Firman Tuhan

Sebelum membaca tulisan ini, ada baiknya membaca dulu tulisan yang sebelumnya pernah dibuat, yaitu tentang Pacaran Sesuai dengan Firman Tuhan dan Mengapa Harus Pacaran yang Kudus. Pertanyaan tentang pacaran beda iman atau pacaran beda agama sepertinya merupakan salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan, dan jawabannya tidaklah semudah membalikkan telapak tangan karena walaupun sudah jelas apa yang tertulis di Alkitab, masih banyak orang yang tidak setuju. Ada satu bagian dalam Alkitab yang menjelaskan tentang hal ini, yaitu dalam 2 Korintus 6:14-15.

2 Korintus 6:14-15, Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap? Persamaan apakah yang terdapat antara Kristus dan Belial? Apakah bagian bersama orang-orang percaya dengan orang-orang tak percaya?

Pesan dari ayat ini jelas, bahwa dalam memilih pasangan hidup, kita harus memiliki pasangan yang satu iman.

Apa artinya satu iman?

Satu iman yang dimaksudkan di sini adalah satu iman dalam Yesus Kristus. Setiap orang yang percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat pribadinya, bisa dikatakan sebagai orang yang memiliki satu iman, selain daripada iman kepada Yesus Kristus berarti berbeda.

Alasan mengapa harus mempunyai pasangan yang satu iman

Selain memang kita menuruti apa kata alkitab tentang pasangan yang seiman, ternyata firman ini mempunyai alasan yang jelas. Kalau kita lihat dari sejarah bangsa Israel, mereka seringkali jatuh pada penyembahan berhala karena pasangan mereka yang tidak seiman, yaitu pasangan dari bangsa lain. Padahal Tuhan sudah berfirman agar mereka tidak mengambil pasangan dari bangsa lain selain bangsa Israel agar mereka tidak turut menyembah allah - allah bangsa lain. Raja Salomo pun yang dikatakan sebagai orang yang paling bijak ternyata jatuh ke dalam dosa penyembahan berhala pada akhir hidupnya (1 Raja2 11:1-13). Kalau Salomo yang begitu bijak saja bisa jatuh dalam dosa penyembahan berhala karena istri - istrinya, bagaimana dengan kita?

Alasan lain adalah karena dalam suatu hubungan pernikahan, bukan hanya sekedar tentang cinta antara seorang laki - laki dan seorang perempuan, tetapi juga tentang bagaimana hubungan tersebut mempunyai dasar yang teguh, yaitu Tuhan Yesus Kristus. Seperti kapal yang tidak boleh mempunyai dua orang Nakhoda, demikian juga hubungan pernikahan yang tidak boleh berdasarkan dua iman yang berbeda karena nantinya tidak mempunyai arah yang jelas. Lagipula saya yakin setiap dari kita pasti menginginkan pasangan kita, yang adalah orang yang paling dekat dengan kita di dunia ini juga diselamatkan oleh Yesus Kristus. Hubungan yang tidak dilandaskan oleh kasih kepada Yesus Kristus sangatlah berbahaya, oleh karena itu baiklah kita mempunyai pasangan yang satu iman, iman dalam Yesus Kristus.

Kan Yesus mengasihi semua orang, kok hanya boleh sama yang satu iman?

Ya, benar sekali bahwa Yesus mengasihi semua orang dan ingin semua orang diselamatkan, oleh karena itu kita harus mengasihi semua orang tanpa terkecuali. Bertemanlah dengan siapa saja agar kasih Kristus dalam diri kita dapat terpancar kepada semua orang, namun dalam masalah memilih pasangan hidup firman Tuhan katakan mutlak harus satu iman.

Kalau hanya pacaran saja dan tidak untuk menikah bagaimana?

Sebagai orang Kristen, hubungan pacaran harus memiliki tujuan utama yaitu "pernikahan". Pacaran merupakan proses pengenalan antara pria dan wanita yang berada dalam rangkaian tahap pencarian kecocokan menuju kehidupan keluarga yaitu pernikahan. Jadi jika tujuan pacaran bukanlah pernikahan, ada baiknya hanya berteman saja daripada terjadi sesuatu yang tidak diinginkan nantinya.

Kalau sudah terlanjur pacaran dengan yang beda iman bagaimana?

Yang menjadi masalah tentu jika memang sudah terlanjur pacaran beda iman. Saya hanya bisa bilang, break dulu hubungannya, buat dia satu iman dulu kalau benar - benar mau sama dia, lalu pacaran lagi kalau memang sudah satu iman. Kalau memang tidak bisa menjadi satu iman maka lebih baik ditinggalkan dan mencari yang satu iman. Memang terkesan seperti memaksa, tetapi jika memang mau dengan orang tersebut ya memang harus seperti itu karena kita mutlak harus mempunyai pasangan yang satu iman, ingat dalam amanat agung Tuhan Yesus Kristus?

Matius 28:19, Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

Dengan demikian selain kita mendapatkan pasangan yang seiman, kita juga turut memenuhi amanat agung ini.

Jika dia mau ikut kita bagaimana?

Pada dasarnya adalah pastikan dia benar - benar percaya dan mengalami Yesus terlebih dahulu, baru pacaran. Jangan sampai dia ikut agama Kristen karena mau bersama dengan kita saja, karena menurut saya bukan status sebagai Kristen yang penting, yang penting adalah bagaimana seseorang tersebut telah mengenal dan mengalami Yesus sehingga percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat pribadinya. Percuma seseorang pindah agama Kristen kalau tidak mengenal Yesus terlebih dahulu. Memang terdengar sedikit sulit, oleh karena itu disarankan untuk memilih pasangan yang memang sudah mengenal dan mengalami Yesus. Jangan hanya melihat dari rupa saja, tetapi juga bagaimana imannya terhadap Yesus Kristus.

Bagaimana dengan orang yang sudah menikah dan beda iman?

1 Korintus 7:12-13 Kepada orang-orang lain aku, bukan Tuhan, katakan: kalau ada seorang saudara beristerikan seorang yang tidak beriman dan perempuan itu mau hidup bersama-sama dengan dia, janganlah saudara itu menceraikan dia. Dan kalau ada seorang isteri bersuamikan seorang yang tidak beriman dan laki-laki itu mau hidup bersama-sama dengan dia, janganlah ia menceraikan laki-laki itu.

Matius 19:6, Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.

Banyak orang yang memakai dua ayat di atas untuk “sengaja” menikah dengan yang orang yang beda iman dan bilang kalau dia sudah terlanjur menikah dan berkata tidak apa – apa karena pasangannya mau hidup dengan dia. Ini merupakan hal yang sangat ironis. Orang yang sudah tahu kebenaran seharusnya tidak akan menikah dengan orang yang beda iman. Ayat dia atas bukanlah untuk membenarkan untuk menikah dengan orang yang beda iman, melainkan untuk pasangan orang yang sama – sama belum percaya lalu salah satunya menjadi percaya kepada Kristus. Jadi beda iman di sini terjadi bukan sebelum menikah, melainkan setelah menikah karena salah satunya menjadi percaya. Tapi sekali lagi, untuk orang – orang yang mengalami masalah demikian, doakan dan bawalah pasanganmu agar dapat bersama – sama hidup di dalam terang kasih Kristus.

Sepertinya sulit sekali untuk mendapatkan yang satu iman

Mungkin banyak yang mengalami sepertinya kok malah orang dari agama lain yang dekat dengan kita, kalau itu ya jelas saja, karena kita bukanlah mayoritas di negara kita Indonesia tercinta ini, oleh karena itu kemungkinan untuk dekat dengan yang satu iman dengan kita mungkin kecil. Apakah tidak mungkin untuk orang yang selalu dekat dengan yang tidak seiman untuk mendapatkan sangan yang seiman? Tenang saja, coba perluas pergaulan, jangan pernah menghindar dari persekutuan, tetap percaya bahwa Tuhan pasti memberikan pasangan yang terbaik untuk kita yang sesuai dengan kehendak-Nya. Kehendak-Nya adalah supaya kita mendapatkan pasangan hidup yang benar - benar seimbang dengan kita. Jangan ada lagi kompromi, percaya pada janji Tuhan. Jesus Bless Us.

-N.L.H-

61 komentar :

  1. Emm .. sy stuju bhw perceraian itu tdk ada dlm kamus Alkitab. Tp klw utk yg sdh trlanjur menikah bs dkatakan jgn brcerai dgn prnyataan bhw Tuhan sdh pny rencana yg indah utk hub itu, ku pkir bs mnimbulkan mslh baru. krn klw bgitu, yg msh dlm hub pcrn bs aj m'bnarkan diri klo Tuhan jg pny rncana yg indah flm hubny sampe2 dy ga kuat utk mlepaskan kekasih hatiny yg beda iman dan dy hrs merid utk mlihat rncana itu. Bisa saja (( :

    BalasHapus
  2. Matius 28:19, Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus

    kalimat itu dibantah oleh pacar saya min..
    he said: kita bukan Bangsa dari Murid2 nya. :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. putuskan saja pacarmu.... Tuhan lebih penting dari pacar, karena Tuhan yang menciptakan pacarmu :D

      Hapus
  3. Kan apa yg dipersatukan Tuhan ga boleh dipisahkan.. Kalo dia menikah dgn "cara" agama lain berarti dia boleh bercerai dong? Kan bukan dipersatukan depan altar oleh Tuhan.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju, atasanku jg pnh bilang pernikahan yg kudus adalah pernikahan yg diberkati oleh Tuhan Yesus.

      Hapus
  4. Syalom..........
    Ijin copy, bisa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sertakan sumbernya juga yah

      Hapus
  5. dilihat dari topik terakhir, kayaknya di jawa atau daerah lain susah dapet yang seiman ya? kalo di daerah saya (manado) gak susah buat cari yg seiman. kalo beda ya paling beda denominasi gereja aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mauuu dongg cariin yang seiman....

      Hapus
    2. saya di Salatiga, Jawa Tengah dan di sini banyak yg Krsiten juga kok, nggak jauh beda lah :)

      Hapus
  6. perluas pergaulan -->> Kuliah di Eropa, JErman, Jepang, Korea, Spanyol!

    #amin =D

    BalasHapus
  7. Hadiah yang Bikin Kamu sama Pacar jadi Makin Mesra! TERBUKTI lohhh.
    Emang ada ya Hadiah seperti itu?
    Jelas Ada dong... Prinsip-prinsip apa sih yang bikin makin mesra sama pacar kamu?
    1. Adanya Kesamaan
    manusia suka hal hal yang mirip dengan dirinya. coba deh.. kamu sama teman-teman kamu pasti suka kalau sehobi atau ngefans bareng siapa gitu kan..
    2. Lucu/Unik
    Hal-hal lucu dan unik yang dilakukan bersama akan membuat hubungan semakin erat.
    3. Pengakuan
    Setiap manusia pada dasarnya butuh pengakuan dan penghargaan. Coba bayangkan, jika kamu saat bersama pacar kamu tapi kamu tidak diakui sebagai pacar dihadapan teman-temannya, tapi sebagai sepupu. gimana perasaan kamu? Sakit kan?

    Nah... dari 3 prinsip itu, kamu bisa berikan hadiah buat pacar kamu baju couple/jaket couple.
    Apa itu Baju couple? Baju pasangan untuk cewe dan cowo yang gambarnya saling melengkapi satu sama lain. Contohnya : Baju Hot Wife, Hot Husband.

    Baju ini memberikan kesamaan makna, lucu dan unik, dan tentu pengakuan bahwa kamu adalah pacarnya atau suaminya atau istrinya kepada orang-orang. Tidak mungkin kan kamu pakai baju couple tapi sama istri/suami orang? Bisa digolok nantinya.Hahahha..

    Nahh..inilah kado yang mempunyai ketiga prinsip keromantisan dan keharmonisan yang cocok untuk Pacar kamu/ hadiah untuk suami/ hadiah untuk istri.

    Kami Toko Baju Couple Online yang menjual aneka baju couple (lengan pendek, lengan panjang), jaket couple, sweater couple, sangat lengkap, yang berlokasi di Jakarta,
    namanya: www.bajucouple.com atau www.facebook.com/bajucouple.lengkap

    Kami Online Shop Terpercaya, Inilah Bukti Testimonial Pelanggan:
    http://bit.ly/testimonialcouple

    Ini Link Download Katalog Baju Couple Terbaru: http://bit.ly/katalogspesialproduk2013

    Gimana sih cara pemesanannya?
    CARA PEMESANAN GAMPANG!
    1.Pilih Kode
    2. KIRIM SMS ke 0838.7171.8058
    KETIK (Nama, Alamat LENGKAP) (KODE Barang, Warna)
    3. Ongkos Kirim jne.co.id

    BalasHapus
  8. saya baru saja putus dengan pacar saya yang beda keyakinan setelah hampir 3 tahun pacaran. Tuhan Yesus memang tidak menghendaki kita pacaran beda agama. karena Yesus sendiri tidak akan bisa disamakan/disatukan dengan Dewa-dewa lain atau (yang katanya) nabi-nabi yang menyangkal Yesus sebagai Tuhan. Kita adalah anak-anak Raja. Berbanggalah!

    BalasHapus
  9. Yg belum terlanjur menikah atau yg belum lebih dalam berpacaran dengan yg beda iman mendingan segera dihentikan..karena setiap manusia tidak ada yang sempurna,jangan sampai ada niat ingin mencoba-coba menjalin hubungan pacaran dengan yg beda iman,karena kita tidak akan kuat untuk mengemban keadaan-keadaan yg seharusnya tidak perlu terjadi akan timbul seiring waktu yg berjalan yg diakibatkan oleh perbedaan keyakinan/iman..percayalah karena Tuhan Yesus Kristus sangat baik..segala rancangan-Nya pasti yang terbaik bagi hidup kita...yg masih jomblo sabar dan berdoa..karena rencana Tuhan indah pada waktunya...

    ........Jessus Bless us.....

    BalasHapus
  10. kalo saya sebagai gamer, lebih baik jangan dulu deh pacaran, kan belum waktunya juga, lebih baik puasin diri dengan game aja dulu, karena lebih banyak para gamer yang tidak pacaran, karena tidak mungkin pacaran sambil main game, bisa2 char kita di kill musuh,yang pasti kalo gamer pacaran nunggu loading dulu baru balas sms ke pcar... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stuju tuh min.... Gw jga mndingan maen game dlu dripada urusun pacar... Tpi jgn smpe klewatan maennya ^^

      Hapus
  11. wiih setuju pke banget bro (y)

    BalasHapus
  12. bagaimana cara menarik pasangan kita tuk ikut mengenal kristus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan langsung ngmng "ayo kenal Kristus" tapi tunjukanlah dalam perbuatan kamu sehari2, tunjukin karakter Kristus dalem diri kamu :)

      Hapus
  13. Hukumnya kok gk tegas banget ya, klo belum terlanjur menikah, tidak boleh menikah beda iman, tapi klo sudah terlanjur, jangan dipisahkan? jadi sebenarnya boleh / tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang dimaksudkan "terlanjur" menikah itu bukan karena kita mengetahui kebenaran agama dari pasangan itu berbeda setelah menikah, tetapi terlambat mengetahui kebenaran firman Tuhan sebelum menikah. jika sudah mengetahui dan mengakui Kebenaran firman, maka janganlah dipisahkan oleh manusia pernikahan itu. :)
      Hope can help .. JBU

      Hapus
  14. Haleluya,. terima kasih untuk materi ini,. sangat memberkati saya,.:)
    terima kasih banyak,.^_^

    BalasHapus
  15. sy ingin tanya? Untuk yg menikah beda keyakinan..
    Matius 19:6, Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.

    yg ingin sy garis bawahi adl apa yg telah di persatukan oleh Allah klo dy menikahnya bukan di gereja apakah bisa d katakan d persatukan oleh Allah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk,, gini, dipersatukan oleh Allah itu pasti seiman. Allah pasti ingin agar kita dapet yg seiman, tp kalo ternyata dapet yg gak seiman ya itu karena keputusan kita sendiri. Jangan sampai kehendak bebas kita disalah gunakan.

      Hapus
  16. Saya suka dengan artikel sobat

    saya setuju kalau pacaran mendingan Satu Iman saja,
    saya ijin copy artikel yah, untuk blog saya kebetulan saya seorang laskar kristus
    untuk referensi pasti dibuat

    Thanks before
    Yesus Memberkati Kita Semua

    Salam Dari Saya
    Rajagukguk Blog

    BalasHapus
  17. sy mungkin belum terlalu paham semua isi dalam Alkitab tentang masalah yang seperti ini,, saya rasa ini begitu sulit d terima.... logika, hati, perasaan, kasih, tentunya tidak terpakai lagi ketika posisinya qt begitu mencintai pasangan kita... kalau memang harus putus, tentu akan begitu menyakitkan kedua belah pihak. kecewa, dan terpuruk...
    sering timbul pertanyaan knpa Tuhan mnciptkn perbdaan? kenpa harus ada cinta? atw lain sbgainya.....
    ini menjadi menjadi masa2 yg sulit...
    sy sdg mengalaminya saat ini,,,
    kisah ini berawal dr 2 thn yg lalu, hngga saat ini,, ssh snag tlh kita lwti brsma, kita selalu sling mndukung, sling mnghrgai dn sling mlngkapi...tpi akhrnya hrs ptus kna org tuanya tdk stuju tntunya krna prbdaan itu...
    sakiiit yg kita rasa skrg ini....
    tapi mau gmna lg?
    yg jd prtanyaan sy pertama msalah cinta !! (Tuhan telah mnumbhkn rasa cnta yg mndlm, dan itu sy apliksikan)
    yg kdua apa solusinya?
    yg ktiga (ini bkn mencobai Tuhan) kira2 klo kita berdoa Memohon kpda Tuhan untuk spya kita bs brsatu, Tuhan akan kasi atau tdk?

    mohon solusinya...
    terima kasih.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuhan membiarkan kamu jatuh cinta sama dia, untuk kamu belajar, untuk kamu tau, perbedaan itu ada,,
      solusinya? kamu coba tanya Tuhan, jangan tanya sama manusia, karna manusia mungkin aja salah
      Tuhan selalu punya cara, saya gatau Dia akan jawab apa, tapi kamu harus yakin, kalo jalan Tuhan itu indah, dan tepat pada waktunya, coba kamu denger lagu Tuhan selalu punya cara-Anastassya Sari Purba, kalo gunung(masalah) kamu ga pindah ga ilang, Tuhan akan kasih kamu jalan lain bisa aja Dia ngasih kamu kekuatan untuk mendakinya :D

      Hapus
    2. Meragukan Tuhan itu hal yang sia-sia :)

      Hapus
  18. @Meggy Lasut: Keinginan daging memang lebih besar, maka dari itu Cinta itu harus memilih. apakah kamu mau menjual Yesus demi seorang wanita?atau kah memang meggy mau menjadi Murid krsitus yg menginginkan agar Injil dikabarkan di seluruh dunia..agar banyak orang diselamatkan. Yakinlah Meggy..bahwa Jodoh dari Tuhan itu pasti Harus Seiman.. karna nanti akan jadi berkat di rumah tangga kita mendatang. Solusi saya, coba kamu banyak berdoa minta sama Tuhan bahwa Pasanganmu kelak harus yg sepadan dan mencintai TuhanMu,

    BalasHapus
  19. Saya muslim dan istri saya kristen, Lalu anak kami bagaimana? Mohon Pencerahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca: 1 Korintus 7:12-16

      7:13 kalau ada seorang isteri bersuamikan seorang yang tidak beriman dan laki-laki itu mau hidup bersama-sama dengan dia, janganlah ia menceraikan laki-laki itu.
      7:14 Karena suami yang tidak beriman itu dikuduskan oleh isterinya dan isteri yang tidak beriman itu dikuduskan oleh suaminya. Andaikata tidak demikian, niscaya anak-anakmu adalah anak cemar, tetapi sekarang mereka adalah anak-anak kudus.

      Hapus
  20. Susah nyari yang seiman..
    Relasi udah diperluas tetep aja susah..
    -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om, di Indonesia timur banyak.

      Hapus
    2. minta sama Tuhan,, gaada yg mustahil bagi Dia! kan ada ayat,, mintalah, maka kamu akan diberikan, ketoklah, maka pintu akan dibukakan, percaya dan yakin sama Tuhan :D

      Hapus
  21. Udah dapet .. tapi ga seiman , kalaupun diminta ikut Yesus dia ga akan mau :(
    mutusinnya itu ...... :3

    BalasHapus
  22. Sangat memberkati dan pelajaran yang sangat penting...
    God bless

    BalasHapus
  23. boleh bertanya kah? bukankah perasaan cinta itu datangnya dari Tuhan,, klau memang dilarang kok tetap dikasih? :)
    ini pikiranku, jangan marah klau tidah seprinsip.
    Jodoh kita g tahu siapa, yang ngatur Tuhan, bahkan mungkin saja bukan dari agama yang sama.
    dan memang ada ayat yang mengatakan bahwa yang telah disatukan Tuhan tak dapat dipisahkan, maaf, tapi menurutku manusia sendiri memaksa Tuhan untuk menyatukan mereka. saat kalian menikah, apakah kalian yakin pasangan kalian itu jodoh yang tepat? apakah Tuhan benar2 ngomong ke saudara bahwa itu jodohmu? benar2 ngomong secara gamblang dan ada bukti? dan kalian sudah membawa pernikahan itu digereja, "memaksa" Tuhan untuk menyatukan kalian.
    maaf saya hanya mengutarakan pendapat,,no offense disini.
    dan saya orang kristen kok, dan sudah menerima Tuhan Yesus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya jawab pertanyaan kamu dulu yaa
      Tuhan membiarkan jatuh cinta, untuk kita belajar, untuk kita tau, perbedaan itu ada,, dan saya setuju sama pendapat kamu yg setelah itu :D

      Hapus
    2. hmm,, Tuhan Yesus adalah Allah yg berbicara. Dia Tuhan, dan Dia bisa bicara. Saya sering mendengarnya. Kalau anda juga pengen bisa, silakan lebih intim lagi dengan Tuhan ;)

      Hapus
  24. Saya muslim, saya nyasar kesini karena saya sedang menyukai seorang wanita Kristen Protestan dan ingin tahu pandangan agama dia tentang ini.

    Bagi pria Muslim dibolehkan menikah dengan wanita pemegang Alkitab, tetapi setelah melihat tulisan ini, agak sedikit mengecewakan sih... Pantas dia seperti ragu2 sama saya... Tapi kalo toh dia tetep pada imannya, ya saya akan menghormati itu.

    Pertanyaannya, apakah aturan ini terdapat di keduanya, protestan dan katolik? Apakah tidak ada toleransi sama sekali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tentu saja, protestan dan katolik sebenarnya sama, hanya tata cara ibadah dan pandangan tentang kitab perjanian lama saja yang berbeda :)

      Hapus
  25. aku minta solusinya, , hubunganku ini, sebaiknya dilanjutkan atau tidak, soalnya ou liat dy syg sma sya, . ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuhan lebih sayang padamu dibanding pacarmu sayang padamu. Saya juga pernah dilemma begitu. Bayangkan, Tuhan bilang kalo saya harus mutusin pacar saya! Tapi, tetap saya lakukan. Berat sekali. Dan ternyata memang, ada yg lebih baik daripada dia :)

      Hapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  27. apakah antara kristen protestan dan katholik bisa disebut satu iman? saya merasa nyaman akan tetapi orangtua tidak mendukung. bukankah protestan dan katholik sama2 mempercayai Yesus sebagai satu2nya jalan keselamatan. satu iman kan?
    tolong pencerahannya, terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katolik ada santa santonya kan yg saya g tau dr mana asalnya kok mereka percaya. Kristen kan ga asa, alkitabnya katolik juga lebih banyak berpa kitab gt.
      Br tau dr sekolah minggu ^^

      Hapus
  28. entah kenapa klo satu iman itu lebih gimanaaaaa gitu ~ wkwkwkwk #serius

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  30. @Aprilia Grace: Tanya Tuhan dulu apakah dia pendampingmu kelak atau tidak, apabila benar dia pendampingmu maka tenanglah, Tuhan punya jalan untuk mempersatukan kalian, apabila salah maka minta Tuhan yang mengambil alih hubungan kalian dan percaya saja padaNya kalau Dia akan beri yang terbaik untukmu. Karna yang baik datangnya dari manusia tapi yang sempurna dan terbaik datangnya dari Bapa di Sorga.

    I'm blessed!
    Jewiyofo ✌✌

    BalasHapus
  31. Thx untuk artikelnya.

    Di sini ada link untuk memahami pacaran yang benar, silahkan dilihat. Pasti akan memberkati Anda!

    http://datinginsightindonesia.wordpress.com

    http://www.youtube.com/watch?v=JpgArcUGBUM

    BalasHapus
  32. Sebaik apapun cwo/ cwe yg kita suka tp beda agama, percaya Tuhan 100000.... kali lebih baik dan menyiapkan yang 100... kali lebih baik jg bwt kita ♡

    BalasHapus
  33. Syalom :)
    Saya seorang muslim yang mencintai teman dekat saya yang kristian namun saya juga mencintai agama saya.

    Teman dekat saya ini sangat berpegang teguh pada pendiriiannya seperti masalah di atas, namun saya berusaha untuk menyakinkannya bahwa Tuhan menciptakan Cinta untuk mempersatukan yang berbeda. untuk saling menerangi. untuk saling berbagi.
    Apakah saya salah tentang pendapat saya ? mohon pencerahannya kpd rekan2 yang membaca.

    Saya benar-benar mencintai dia dan ingin menjalani hubungan yang serius dengan dia.

    Thanks before

    BalasHapus
  34. Saya ingin bercerita sebentar dari apa yg sedang saya alami. Skrang saya berpacaran dengan anak dari agma islam, tetapi saya ingin serius dngan dia, memang benar takdir hnya ada dalam tangan Tuhan tetapi untuk kita manusia untuk berusaha tidak salah kan. dan Tuhan akan menilai usaha kita. saya membca seklas tntang artikel ini jika kalau kita ingin pacar kita ikut dgan kita supaya seiman langkah prtama memang hrus meyakini dia untuk lebih mengenal Yesus terlebih dahulu dngan cara memperlihatkan kebiasaan kita sehari hari. Apakah dalam ajaran Katolik Tuhan yesus akan mengampuni dosa dan menerima yang ingin ikut dengannya untuk memperdalam imannya untuk mengenal Yesus, sedangkan dari pihak ajaran islam pindah agama itu dilarang keras.

    BalasHapus
  35. Saya ingin anda menilai tntang pngalaman saya yg saya alami skrang mohon pencerahan dari rekan rekan sekalian.
    Ini tntang prjalananan saya dngan seorang cewek yg beragama islam. saya sempat mengingat guru pmbimbing agma saya brkata bhwa antara islam dan katolik itu ada kesamaan, dan memang saya brpikir itu benar. dari Tuhan Yesus sndiri di agma islam memang ada dalam kitab mereka serta bunda Maria pun tertulis dan mreka mengakuinya. tapi saya bingung krna jujur umur saya sudah 20 keatas dan saya ingin serius mnjalani hbungan dengan pacar saya yg beragma islam. saya memang mnghargai smua agma trutama agma pacar saya. dan saya ingin sekali dia ikut dengan saya untuk menjadi satu iman yg saling mengenal dan mempercayai bahwa Yesus itu adlah Tuhan kita serta untuk mengikuti jejak Yesus disalib, Tapi pikiran saya kembali diuji dngan saya bertanya pada tman yg bragama islam juga dia brkata bahwa jika orang yg beragma islam ingin pindah agama kekatolik maka dia pada waktu dia mati positif akan dihukum dan masuk kedalam neraka. Apakah jika Tuhan Yesus melihat itu apa dia akan ditoloong dengan kasih Yesus untuk bisa mengampuni dosanya dan bisa ikut kesurga untuk berkumpul dngan BapaNya.???
    Sedangkan memang sblum seseorang ingin mengikuti Tuhan Yesus itu seharusnya dia akan dibaptis dulu sbagai tanda. Nah apakah stelah dia dibaptis dia sudah resmi menjadi pengikut Yesus atau masih ada dalam ikatan agama islam yg sebelum nya dia anut.
    Sempat saya mngambil kesimpulan dari artikel anda diatas bahwa memang kalo sebelum menikah dengan agama yg berbeda harus disamakan dulu keduanya untuk menjadi satu iman. dan itu saya alami sekarang krna pacar saya dan saya memang sudah saling mendukung, kami memang saling serius untuk kedepannya. dan apakah jika dari pihak saya dan pacar saya sudah bertekad untuk menjadi satu iman tetapi ada halangan yaitu dari keluarga pacar saya yang melarang apakah saya harus tetap mempertahankan hbungan ini karna saya tau resiko kedepannya pasti ini akan terlalu sulit untuk meminta restu dari pihak keluarga pacar saya. ??
    Apakah itu akan berpengaruh untuk pacar saya yang memang dia ingin serius menjalani hubungan dengan saya.

    BalasHapus
  36. aku pacaran sama Tuhan Yesus ajah dulu deh<3 ntar kalo Tuhan udah rela ngelepasin aku dan udah dapatin org yg pas buat aku baru putus sm Tuhan dan akan menikah dengan saksinya Tuhan Yesus(?):))

    BalasHapus
  37. bagaimanakah terang bisa bersatu dengan gelap????

    faktanya manusia membutuhkan terang saat gelap, dan membutuhkan gelap dalam terang, semua yang di ciptakan pasti seimbang, ketika yg satu tidak ada, maka yag lain jg sudah pasti tidak ada

    BalasHapus