Arti Natal yang Sesungguhnya

Update:

Silakan buka penjelasan ini di youtube https://www.youtube.com/watch?v=scXHO1SQ4LU

 

Dalam kita merayakan suatu peristiwa yang mulia, yaitu kelahiran Yesus, di mana Allah telah menjadi manusia, kadang-kadang kita diperhadapkan dengan tuduhan bahwa Natal adalah perayaan kafir. Apakah hal itu benar dan apakah kita harus meniadakan perayaan Natal dan pohon terang dan hal-hal lain berkaitan dengan Natal itu?

Dalam artikel ini, pertama, saya mau menjelaskan sedikit tentang latar belakang historis perayaan Natal dan kedua, tentang makna Natal bagi kita dimasa kini.

Latar Belakang Historis Perayaan Natal

Ada tiga sumber asalnya perayaan Natal yang kemudian dipersatukan dalam perayaan Natal yang kini umum di seluruh dunia:

1. Seorang sejarahwan Roma, namanya Sextus Julius Africanus, telah mengemukakan teorinya pada abad Ke-2 M bahwa tanggal penciptaan langit dan bumi adalah 25 Maret. Ini adalah berdasarkan tanggal itu dianggap Winter Solstice, yaitu hari di mana siangnya terpendek dan malamnya terpanjang dalam setahun. Itu terjadi pada musim dingin di belahan utara bumi. Sextus Julius Africanus juga mengemukan teori bahwa tanggal 25 Maret adalah tanggal di mana terjadi pembuahan Yesus dalam kandungan Maria. Maka sembilan bulan kemudian adalah 25 Desember. Maka Sextus Julius Africanus menentukan tanggal 25 Desember itu sebagai tanggal kelahiran Yesus.

2. Sumber kedua adalah kebiasaan merayakan Sol Invictus (Matahari yang tak terkalahkan) dalam Kerajaan Roma sampai Abad ke-4 yang telah dirayakan pada tanggal 25 Desember. Sekaligus di minggu sebelumnya ada perayaan Saturnalia 17-25 Desember, ketika masyarakat berpesta dan saling menukar hadiah. Mereka telah memilih satu orang untuk menjadi korban yang sangat disiksa dan dihina selama minggu itu lalu diakhiri dengan pengorbanannya pada tanggal 25 Desember. Selama minggu itu tak ada yang dilakukan orang yang dianggap sebagai dosa sehingga semua orang boleh berpesta pora – mabuk, jalan telanjang di jalan, mencuri, memperkosa, dan segala jenis dosa lainnya dan tidak akan dihakimi. Umat Kristen telah mengemukakan bahwa Yesus adalah “Matahari yang tak terkalahkan” itu yang sudah dinubuatkan dalam Maleakhi 4:2, “Tetapi kamu yang takut akan nama-Ku, bagimu akan terbit Surya Kebenaran dengan kesembuhan pada sayapnya.”

3. Tanggal 25 Desember juga adalah tanggal lahir dewa Indo-Eropa, yaitu, Mithra, ilah terang, dan adalah populer antara para laskar Roma. Umat Kristen kemudian menerangkan bahwa Yesus adalah Terang Dunia yang sejati sehingga dijelaskan bahwa kelahiran Yesus membawa terang Allah ke dalam dunia yang gelap. Maka, tanggal itu dikristenkan seperti hal-hal yang di atas.

Gabungan dari ketiga sumber itu yang semuanya jatuh pada tanggal 25 Desember telah menjadi dasar pemberitaan Injil dan kelahiran Yesus ke dalam dunia. Setelah Kaisar Konstantin menjadi Kristen pada tahun 332 M, Kekristenan menjadi agama resmi Kerajaan Roma, maka tanggal 25 Desember diambil sebagai tanggal perayaan kelahiran Yesus mulai tahun 336 M. Namun tanggal itu tidak diterima dari semua kalangan Kristen menjadi perayaan umum Natal hingga Abad Ke-9. Akhirnya, Umat Kristen telah mengadopsi dan mengubah pesta-pesta kafir sebagai usaha memenangkan bangsa-bangsa kafir menjadi Kristen. Di abad-abad awal orang-orang Kristen sudah tahu itu bukan tanggal lahir Yesus, hanya tanggal perayaannya sebagai usaha memenangkan dunia kafir, sehingga pesta kafir menjelma (metamorphosis) menjadi Hari Natal. Masa kini, sebaliknya, kebanyakan Umat Kristen beranggapan bahwa itu adalah tanggal sesungguhnya Yesus lahir.

Professor Joseph A Fitzmyer, Profesor Emeritus Penyelidikan Alkitab Universitas Katolik America setelah menyelidiki semua catatan sejarah dan Alkitab telah mengambil kesimpulan yang kini diterima secara umum oleh para ahli sejarah dan Alkitab bahwa Yesus telah lahir pada tanggal 11 September sekitar tahun 3 atau 4 sM.

Kejahatan dalam Perayaan Natal dalam Sejarah

Pada tahun 1466, Paus Paulus Ke-2, untuk menyenangkan masyarakat Roma telah menghidupkan kembali tradisi Perayaan Saturnalia, pesta kafir itu, tetapi secara khusus untuk menghina masyarakat Yahudi yang harus lari telanjang di jalan raya di depan Kota Vatikan. Orang-orang Yahudi itu dipaksa makan banyak sekali makanan sebelum lari sehingga mereka sangat kesakitan lalu masyarakat, termasuk Paus, mengejek mereka dan ketawa dengan gembira waktu melihat orang-orang Yahudi dihina dan jatuh kesakitan.

Hal ini dilanjutkan oleh Gereja Katolik pada Abad Ke-18 sampai Abad Ke-19 di mana para Rabi Yahudi harus mengenakan pakaian seorang badut dan mereka diejek, dilempari dan disiksa. Pada tahun 1836, masyarakat Yahudi mengirim surat yang meminta Paus menghentikan praktek itu, tetapi dia menolak permintaan mereka. Pada tahun 1881, di Polandia, 12 orang Yahudi dibunuh dalam penghinaan acara Natal dan banyak sekali rumah dan toko Yahudi dibakar. Secara khusus, penghinaan terhadap masyarakat Yahudi telah berhenti di Eropa setelah Hitler membunuh enam juta orang Yahudi pada waktu Perang Dunia Ke-2.

Asalnya Pohon Natal dan Pemberian Hadiah

Pohon Natal berasal dari penyembahan berhala kultus Asheira, di mana masyarakat Eropa telah mengambil pohon pinus kecil dan membawanya ke dalam rumah mereka untuk menyembahnya sebagai dewa. Mereka telah menghiasinya untuk membuat pohon mereka lebih indah. Pada waktu suku-suku itu diinjili, tradisi mereka dikristenkan pula dan dijadikan gambaran kehidupan baru dan dihiasi dengan lampu-lampu untuk menunjukkan bahwa Yesus adalah pohon terang yang menyinari seluruh bumi.

       Pemberian hadiah seperti di perayaan Saturnalia dikristenkan karena Santo Nikolaus (270-345 M) telah punya tradisi memberi hadiah. Dia dikuduskan sebagai Santo pada Abad Ke-19 dan ini asalnya Santo Nikolaus atau Santa Claus. Lalu, hadiah-hadiah yang mau diberikan biasanya diletakkan di bawah pohon Natal lalu dibagikan pada pagi hari pada tanggal 25 Desember itu.

Perayaan Natal yang Sejati

Walaupun Yesus tidak lahir pada tanggal 25 Desember dan tanggal itu adalah gabungan berbagai perayaan kafir, tanggal tersebut dan perayaan Natal bisa saja kita terima sebagai tanggal perayaan di seluruh dunia untuk merayakan kedatangan Juruselamat ke dalam dunia. Pada waktu bulan Desember kita memiliki kesempatan luar biasa menjadi saksi Yesus dan untuk memberitakan Injil. Tanggalnya tidak terlalu penting. Yang terpenting adalah kesempatan dan kebebasan pemberitaan Injil itu.

Kita melihat dalam pelayanan Rasul Paulus di Athena, ia menggunakan prinsip yang sama. Dalam Kisah 17:23, Paulus berkata kepada masyarakat Yunani, “ketika aku berjalan-jalan di kotamu dan melihat-lihat barang-barang pujaanmu, aku menjumpai juga sebuah mezbah dengan tulisan: Kepada Allah yang tidak dikenal. Apa yang kamu sembah tanpa mengenalnya, itulah yang kuberitakan kepada kamu.” Paulus menggunakan kata “theos” yang adalah kata untuk “dewa” dalam bahasa Yunani untuk menjelaskan bahwa Yesus adalah “theos” (dewa atau ilah) yang benar. Dengan demikian, Paulus membawa bangsa Yunani yang percaya kepada satu Allah, bukan ratusan dewa sehingga mereka menjadi percaya kepada Yesus.

Dalam cara yang sama, kita merayakan Natal, bukan sebagai tanggal yang sesungguhnya, tetapi sebagai tanggal perayaan agar dunia mengenal kasih Allah. Bahwa Sang Juruselamat telah lahir ke dalam dunia yang gelap dengan membawa kasih dan terang Allah kepada semua manusia. Yesus adalah hadiah Allah kepada kita. Jadi, mari kita merayakannya dengan sukacita, kasih dan semangat membagikan kasih-Nya kepada semua manusia.

Syalom, dan selamat Natal! (Oleh DR. Jeff Hammond, Penatua Jemaat Abbalove Ministries)

Sumber

79 komentar:

  1. knpa harus tanggal 25???
    Knp hrus ngikut dgn orang yg tdk mengenal Tuhan???

    BalasHapus
  2. berarti perayaan tanggal 25 Desember adalah adat orang-orang kafir min?
    kenapa kedatangan juru selamat disamakan dengan perayaan kafir? sama saja perayaan Natal di Dunia itu memperingati Saturnalia atau yang lainnnya dong mimin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanggal 25 des dibuat natal utk melumpuhkan perayaan penyembahan dewa2 yg merupakan kepercayaan mereka menjadi hari kelahiran yesus

      Hapus
    2. Tanggal 25 des dibuat natal utk melumpuhkan perayaan penyembahan dewa2 yg merupakan kepercayaan mereka menjadi hari kelahiran yesus

      Hapus
  3. itu kan hanya sejarah saja, tanggal berapa saja dirayakan tidak masalah kan sebenarnya kalau memang apa yang kita rayakan benar, hanya sama saja tanggalnya. kalau kita ulang tahun di hari yang sama dengan hari ulang tahun teroris, apakah kita tidak merayakan ulang tahun kita sendiri?

    BalasHapus
  4. Saya tidak setuju dengan anda min...
    coba anda baca di dalam wahyu 22:18-20...tidak boleh menambahi...tidak boleh mengurangi dan baik menambahi dan mengurangi masing-masing mempunyai konsekwensi hukuman.Apakah Natal ada didalam Alkitab?atau ibadah hari minggu ada didalam Alkitab? Apakah itu tidak menambahi namanya?coba anda baca kembali Alkitab min...terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. lalu mengapa anda merayakannya?

      Hapus
    2. Ya dirayakanlah,karena sudah digenapi nubuat Alkitab.Soal tanggal adalah hasil pikiran manusia

      Hapus
    3. klo gak mau ibadah hari Minggu spt Kristen yg lain... bisa juga kok ikut ibadah di hari Sabtu (Sabat) spt agama Advent... Intinya kita semua sama2 meyakini lahirnya Kristus ke dunia dan bisa mengimaninya. Terlebih lagi kita bisa mempraktekkan dlm kehidupan sehari2 apa yg telah diajarkan Yesus

      Hapus
  5. agak setuju juga sama sdra/sdri andalan11.. ayat itu jelas menyatakan perayaan natal hanya sebagai penambahan dalam ajaran kekafiran.. ajaran Yesus sendiri tidak pernah menyatakan untuk memperingati hari kelahiranNya.. tetapi Dia(Yesus) meminta agar muridNya memperingati hari kematianNya kerana itulah hari kemenangan. Hari Yesus menggenapkan firman Tuhan..(Yohanes 3:16 menyatakan -Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini,shingga Ia telah mengarunikan Anak-Nya yang tunggal,supaya setiap yang percaya kepadaNya tidak binasa,melainkan beroleh hidup yang kekal.)Murid Yesus sendiri tidak pernah merayakan hari natal atau kelahiran Yesus.. itu semua hanyalah perayaan yang diadoptasi oleh kerajaan roman.. ingat,ke mana anda mahu pergi selepas ini? kerajaan roman atau Kerajaan Sorga? you decide..haleluya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malaikat saja merayakan kelahiran yesus

      Hapus
  6. Saudara andalan11. Apakah anda mengerti betul apa yg dimaksudkan dgn kitab di why 20:18-20?
    Kalau di lihat dari komentar anda, anda bukanlah seorang pengikut kristus yg benar. Krna kenapa anda mencoba meragukan hari minggu tidak tertulis dlm Alkitab tapi anda mempertanyakannya? Knpa hari minggu ttp di pertahankan oleh pembawa kekristenan contohnya Marthin Luter, Swingly, dan Calvine ttp mempertahankan hari minggu sbg hari beribadah kpda Tuhan? Itu karena mereka belajar dri Alkitab. Kita diberikan hikmat oleh Tuhan untuk boleh mengerti kehendakNya lewat Firman.

    Contohnya saja saya berikan. Misalnya anda mengacu pada kitab why 20:18-20. Pertanyaannya berarti seluruh PB tentu telah gagal karena tidak ada kitab lain dlm PB yg teksnya bgtu tidak pasti seperti Why? Jgn mencoba mentafsirkan Alkitab dgn sembarangan bisa jadi anda menyesatkan org !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari kt bicara secara Alkitabiah,anda mengasihi Yesus?apa kata Yesus kl anda mengasihinya?dan apa katanya kl anda tidak mengasihiNya?baca 1Yohanes 2:3-4.adakah perintah beribadah pada hari minggu ?kl ada tlng diberikan ayatnya? apakah anda telah mengikuti perintah yang Yesus lakukan dan katakan?itulah sebabnya Yesus berfirman didalam Matius 7:21-23,dan apakah maksud kejahatan disini?baca Nehemia 13:17...Apakah Tuhan berkehendak beribadah pada hari minggu?berkehendak pada hari Natal? dan kl mmng pikiran anda terbuka lihatlah sejarah mengapakah pada hari minggu dijadikan sebagai hari ibadah dan siapakah menetapkannya Tuhan atau manusia? Firman Tuhan adalah kekal dan abadi dan tidak akan berubah karena itu merupakan ketetapanNya yang tidak akan berubah sampai akhir zaman Matius 5:17-19,Jadi kenapa anda berani merubahnya?,dan tolong anda share ayat yang di PB yang anda katakan gagal jika mengacu pada wahyu 22:18-20.Lihatlah apa yang Alkitab katakan supaya kita memperoleh hidup Yohanes 5:39-41. Karena semua aturan dan peraturan bukan lagi hukumNya Tuhan,Itulah sebabnya Tuhan berkata didalam Markus 7:6-9,dan Dia akan datang menghukum dan membinasakan bagi mereka yang tidak mau mengenal Allah dan tidak mentaati Injil Yesus 2Tesalonika 1:7-9,Terima kasih dan mohon maaf bila ada kata yang tidak berkenan.

      Hapus
    2. mengapa beribadah kepada Tuhan tdk setiap hari dilakukan,mengapa harus hari minggu?bukankah nikmat yg diberikan oleh Tuhan itu datangnya setiap hembusan nafas kita,alangkah bagusnya kalau setiap saat kita beribadah kepadaNya.

      Hapus
    3. Kita bukan hari minggu saja ibadah.dirumahpun kita ibadah setiap hari berdoa dll .tapi bedanya ibadah kami tidak ditentukan sehari 5x .dan tdk ditunjuk2 kan kpd orang lain.

      Hapus
    4. kita sesama manusia jangan saling menjatuhkan semua agama itu sama saja tinggal kita semua yang bisa menjalankan atau tiduk saya umat muslim menghargai orang entah itu agama apapun

      Hapus
    5. to andal11: maaf ya.. gini, dialkitab tidak menuliskan harus beribadah pada hari minggu lalu suruh tunjukan ayatnya.. sekarang saya tanya... emg ada di alkitab tertulis tidak boleh merokok? tidak ada bukan? tapi karena tidak tertulis dialkitab kita boleh melakukannya? tidak bukan? jadi pake logikanya, kita dikasih otak buat mencerna alkitab kok makannya dicerna dulu jangan asal komen saja

      Hapus
    6. Keselamatan Jiwa lebih penting dari pada hari. Pada hari apa kita berdoa bukanlah hal terpenting. Yang terpenting adalah Allah hadir ketika orang-orang berkumpul bersama dan menyembah Dia.

      "Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka" (Matius 18:20).

      Sehingga, di manapun dan kapanpun kita beribadah, kehadiran Allah adalah jauh lebih penting dibanding hari apa kita beribadah

      Hapus
    7. Hmm saya ikut jawab + positive. think... Yup mngkin perayaan natal sana seperti perayaan kelahiran nabi muhammad yang sbnarnya tidak dilakukan nabi muhammad sendiri... Bukan mengambil senang2 nya tp kita bs lebih mndekatkan diri ke Tuhan.

      Ikuti Alkitabnya bukan Gerejanya...

      Hapus
    8. Hmm saya ikut jawab + positive. think... Yup mngkin perayaan natal sana seperti perayaan kelahiran nabi muhammad yang sbnarnya tidak dilakukan nabi muhammad sendiri... Bukan mengambil senang2 nya tp kita bs lebih mndekatkan diri ke Tuhan.

      Ikuti Alkitabnya bukan Gerejanya...

      Hapus
    9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  7. Natal yg sebenarnya adalah bgm Kasih Yesus Kristus lahir di dalam diri kita umat yg percaya kepada-NYA, sehingga kita dpt membawa Kasih Yesus kepada org-org di sekitar kita. Amin

    BalasHapus
  8. Hai, Pak Pendeta. Postingan Anda cukup bagus diawalnya..tapi utk dibelakangnya Anda mendustakan jemaat. Anda malu atau takut utk mengakui kalau hari raya Natal adalah hari raya orang kafir? Anda adlh seorang imam, tapi anda menyesatkan jemaat. Anda sebagai gembala malah menjerumuskan domba2 peliharaan anda kejurang terdalam.

    Saya tidak bermaksud menghakimi Anda, krn saya tahu__Anda dan saudara2 saya hanya korban kesesatan Kaisar Constantine. Utk menyingkap kebenaran mengapa Anda setengah2? Anda sudah tahu kebenaran tetapi Anda mengabaikannya dan malah semakin menyesatkan dgn menguduskan hari Natal.

    Beritahu domba2 Anda, juga saya, ayat mana yang menyebutkan kelahiran Yeshua itu tanggal 25 Desember? Beritahu kami, ayat mana yang menyebutkan pohon natal / pohon evergreen adlh simbol terang dunia. Mereka membuat cerita ttg pohon Natal dan Sinterklas itu semata2 krn POLITIK bukan krn FIRMAN TUHAN.

    Ayat mana yang mengajarkan kita utk beribadah pada hari Minggu? Kapan Bapa kita berhenti berkarya merangkai dunia dan seisinya? Jika Anda tahu itu adlh hari perhentian, hari keberapakah itu? 1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7 ?
    Anda tahu Yeshua itu orang mana? Bahasa apa yang Dia gunakan? Apakah mungkin kitab suci kita menggunakan bhs Yunani? Atau bhs Latin? Bhs Inggris? Atau bhs Romawi?

    IBRANI merupakan AKAR KeKristenan !
    Sebaiknya Anda kembali ke Bible :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Monica Darsono,kalau baca Alkitab secara utuh termasuk dengan iman.Kalau buku komik beda.

      Hapus
  9. Hahahahahahhahahahahahahahahahahahahah

    BalasHapus
  10. Tanggal berapapun, dimanapun, sejarah apapun, itu tidaklah penting, yang penting yaitu bagimana kita mendapatkan makna dari Natal itu sendiri.. JBU all

    BalasHapus
  11. dari kecil saya sdh dikenalkan kepada Kristus Yesus, dan apa itu makna Natal. Natal itu adalah bahwa Sang Juruselamat telah lahir ke dalam dunia yang gelap dengan membawa kasih dan terang Allah kepada semua manusia. Yesus adalah hadiah Allah kepada kita. "Sesimpel" itu, tapi jelas memiliki makna yg dlm.. Dan justru secara manusiawi moment2 seperti natal inilah yang kembali "mengingatkan" saya untuk semakin cinta sama Tuhan Yesus. Mungkin ungkapan ini terlihat polos & kekanak2an. Tapi ketika kita sudah dewasa dan mulai menimbang2 ini itu, mencari mana yang benar sebenar2nya. Dunia begitu gamblang menyajikan fakta yang justru melunturkan rasa sukacita & semangat yang membuat kita smakin cinta kepada Kristus. Ya mungkin itulah yang dimau "dunia". Tapi kita ini sudah dewasa kan?! pilihan kita sendiri untuk memakai logika atau memakai hati untuk semakin mengimani Kristus (baca: yang berarti semakin cinta kpd-Nya). Yg jelas ketika orang dewasa mendebatkan ini itu, adik-adik kita disekolah minggu sedang sibuk menikmati Sukacita penuh tanpa kekhawatiran yang saya percaya datangnya adalah dari Tuhan. :) Gbu all.

    BalasHapus
  12. Sebenernya ya.. Kita itu umat kristiani menganut injil dari mana? Injil tu dari ibrani, yunani, ato romawi? Tuhan kita Yeshua Hamashiakh tu lahir dimana? Kok kita ikutin ajaran2 romawi dan yunani? Jelas2 di alkitab ga ad diblg natal 25 desember. Km ulang taun bukan tanggal segitu, trs dirayainnya tanggal sgtu, bahkan disamain sama hari raya para berhala?? Jelas2 Tuhan tu Bapa yg cemburu.. Coba inget itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah benar Tuhan itu terlahir sebagai manusia?betapa lemahnya Tuhan jika berwujud sebagai manusia,mengapa Tuhan tak bisa melepaskan diri dari salib?mengapa Tuhan lahir dan mati?bukankah TUhan adalah Dzat yg Maha hidup,kekal dan Abadi?bukankah cukup bagi Tuhan mengutus nabi nabinya untuk menunjukan jalan yg lurus

      Hapus
    2. Dia bukannya tdk bisa melepas salib.tetapi dia bisa saja.knp dia mau lakukan itu.krn demi menebus dosa manusia jika bukan yesus yg menggantikan kita.sekarang kita sdh тι∂ααααααккккккккк..........!!! Ada lagi .bahkan kitalah yg akan disalibkan krn dosa2 yg kita lakukan.

      Hapus
    3. tidak seorangpun dari kita ini yang paling benar , karena yang menyelamatkan kita adalah iman kita , dan kepada iman itulah yg kita amini akan menyelamatkan kita, iman kepada siapa itulah yang masing masing kita yakini paling benar , jd mengapa kita selalu mencari perbedaan bukan kesamaan..kita juga tidak tau siapa yg posting tulisan ini , siapa dia sebenarnya juga kita tidak tau , karena yang ditulis itulah yang diyakininya , hargai dan hormatilah apa yang menjadi keyakinannya karena itulah yang paling benar menurut dia. selamat menjalani hidup keberagaman ini dengan penuh dama sejahtera, amin

      Hapus
    4. To setia wan: dari tadi setiap saya baca coment anda, sepertinya anda ingin menjatuhkan Yesus atau agama kami. Padahal anda tidak tau cerita sebenarnya mengenai riwayat Yesus. Tetapi saya tidak ingin menghina agama manapun karena derajat kita sama di mata Tuhan ataupun Allah. Trimakasih

      Hapus
    5. Penanggalan belum dikenal waktu itu

      Hapus
  13. Buat teman2x kristiani, mungkin link ini berguna. Buat saya situs ini http://www.sarapanpagi.org/ sangat informatif sekali. Mengenai tanggapan2 soal Natal saya copas link nya dibawah ini:
    http://www.sarapanpagi.org/natal-di-bulan-desember-vt3176.html
    http://www.sarapanpagi.org/tanggal-berapa-yesus-lahir-vt250.html

    Semoga bermanfaat,
    Rockin' Dave

    BalasHapus
  14. oleh sebab itu wahai saudara ku umat Kristen, kenapa kalau hari kematian yesus gereja sepi semua? dimanakah kita? bukankah seharusnya di hari kematiannya lah kita berserah padanya? dan beribadah kepadanya lebih khusuk?

    BalasHapus
  15. yang jelas ngga ada dasarnya NATAL tgl 25 Deseber,,ngga ada dasarnya ada pohon cemara,salju,ngga ada rusa apa lagi santer klas,,, yang ada di alam palestina itu,pohon kurma,padang pasir,gunung batu,,,

    BalasHapus
  16. TUHAN MEMBERKATI Orang-orang yang tulus memuliakan nama TUHAN.Amin
    mari kita menerima semua penjelasan secara dewasa,positif dan logika kita sendiri.

    BalasHapus
  17. Iman dan kepercayaan itu pilihan urusan masing-masing jangan di permasalahkan ...karena pada akhirnya setiap orang akan mempertangung jawabkan pada sang pencipta. yaitu Allah yang Agung.GBU

    BalasHapus
  18. Jika Jesus sang juru selamat sudah mengikrarkan diri menebus dosa seluruh umatnya kenapa kita harus beribadah lagi? toh dosa yang kita perbuat sekarang, dan yang akan datang sudah ditebus olehnya!!!! jika ingin mencari kebenaran hakiki dari sebuah agama, maka jangan dipikir pakai otak (rongga kepala) tapi pakai mata hati yang tidak terbatas kemampuannya, dan pasti akan mengetahui kebenaran. Bila kita semua mengaku ber Tuhan, jangan berani kita sejajarkan dengan derajat manusia yang merupakan ciptaan-NYA. Allah itu ESA, tunggal, tidak beranak atau diperanakkan, Pencipta seluruh ALAM semesta, Jadi Jesus (ISA) itu merupakan makhluk ciptaan berarti dia bukan Tuhan, dan tidak ada satu pun ayat dari Injil yang menyatakan bahwa Jesus (ISA) itu TUHAN...sekian, Right for everyone.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda bisa saja mengatakan Yesus itu manusia biasa menurut pandangan anda…ttp bagi kami dia adalah Tuhan yang dapat menyelamatkan kami dari dosa berdasarkan semua nubuatan seperti yang tertulis didalam Alkitab.Saya hanya mau katakan bahwa yang anda bilang bahwa Tuhan beranak pinak atau Tuhan tiga,dsb…dsb…dsb itu terserah anda dan yg pasti saya hanya merasa kasihan kepada anda.Sekeras apapun anda untuk mencoba mengerti firman didalam Alkitab…anda hanya seperti membaca buku biasa dan bahkan anda bisa menyusun kesalahan-kesalahan didalamnya(karena anda hanya mencari kesalahan bukan kebenaran-red).Didalam Alkitab isinya merupakan suatu rahasia Tuhan yang hanya dapat dimengerti setelah anda bertemu dengan Tunas Daud yang telah datang sesuai dengan nubuatan didalam Alkitab yang telah membuka meterai kitab itu (Wahyu 5:1-5).jadi Tuhan tidak akan pernah memberikan rahasia-Nya kepada mereka yang bukan menjadi umat pilihan-Nya.
      Terimakasih…mohon maaf bila ada kata yg tidak berkenan.

      Hapus
  19. umat nasrani telah d bohongi oleh kaum kafir,,,,massaalloh,,,,tdk ad agama yg sempurna selain islam,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong syam rizal kalo berbicara itu jangan asal aja. Kalau anda merasa islam itu benar.ada baiknya anda mengikuti ajaran agamamu dgn baik.diri sendiri aja belum tentu bener kan?apa anda sudah g melakukan kesalahan dihidup anda.sampai2 anda bilang kami dibohongi .ada baiknya tidak ikut campur dgn kepercayaan orang lain.indonesia itu punya pancasila.coba dipelajari lagi pancasilanya thx

      Hapus
  20. yesus jngan kan buat nanggung dosa umat nanggung dosa sendiri aj belum tentu bsa,,,sadaaaaaaaaar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  21. Sebenarnya tidak penting mengenai tanggalnya. Tanggal itu disepakati agar ada waktu untuk seluruh orang yang percaya merayakan kelahiran Yesus secara bersama-sama. Kalau secara pribadi kita mau merayakan Natal sebulan yang lalu, seminggu yang lalu, kemarin, besok, lusa, bulan depan, tidak ada salahnya! Bahkan kalau kita merasakan Yesus lahir di hati setiap hari dan kita merayakannya setiap hari, tidak ada juga salahnya!
    Yang Tuhan mau adalah bahwa kita harus menyediakan waktu untuk beribadah kepada-Nya. Mau itu hari Senin, Selasa, Rabu, dll, kita harus benar-benar menjadikan hari itu adalah Sabat bagi Tuhan. Hari dimana kita meninggalkan seluruh pekerjaan kita dan beribadah kepada Tuhan, Bapa kita.
    Semua manusia di dunia ini telah jatuh ke dalam 'lumpur" dosa. Bagaimana mungkin mereka bisa saling menolong satu dan yang lainnya? Syukur kepada Allah yang telah turun dari sorga dan mengambil rupa manusia, untuk mengeluarkan dan menyelamatkan umat manusia dari "lumpur" dosa.
    Kita pernah mendengar kisah seorang Raja yang menyamar (http://lifestyle.kompasiana.com/urban/2011/03/08/raja-yang-menyamar-346976.html), saya yakin kisah ini terinspirasi dari Yesus.
    Bahkan kita sering mengatakan bahwa pemimpin yang baik adalah yang mau turun ke lapangan dan melihat langsung keadaan rakyatnya, istilah sekarang adalah blusukan.
    Allah kita sudah melakukan ini lebih dulu. Dan saya sekali lagi yakin, pemimpin-pemimpin yang melakukan hal tersebut diinspirasi oleh Yesus.
    Hendaknya kita jangan bimbang lagi, kita harus teguh untuk meyakini bahwa, Yesus Kristus adalah Allah.

    BalasHapus
  22. Makna natal yg sesungguhnya ialah: Memperingari Lahirnya Sang Gembala kita (domba-domba) Allah, yg akan menuntun kita berjalan ke padang rumput hijau dan subur.
    Supaya kita (domba-domba) allah dpt menikmati rumput hijau yg msh segar dan subur. Selamat Natal???

    BalasHapus
  23. Hak anda mengatakan bahwa tidak perduli tanggalnya yang penting menerima Yesus didalam hati atau apapun alasan yang lainnya …tetapi bagaimanakah mungkin anda rayakan sesuatu yang bukan milik dan hari lahir Tuhan dan anda mengatakan bahwa natal itu merupakan hari kelahiran sang Juruselamat,sementara anda sendiri sudah membacanya asal usul natal yang merupakan penyembahan dewa matahari dan juga berhala?.mengapa harus dibuat hal yang najis dihadapan Tuhan menjadi hari kelahiran Tuhan sementara Tuhan benci dengan kenajisan dan diduakan dengan allah lain? (Ingat bro…Tuhan maha pencemburu-red)dan bahkan anda berkata bahwa Yesus lahir pada tanggal 25 desember ,bukankah namanya itu suatu dusta??Apakah firman mengajari anda berdusta atau berbohong?ingat bro didalam firman yang ada kebenaran bukan penyesatan dengan dusta atau kebohongan.ingat Wahyu 22:18 tidak boleh menambahkan dan mengurangi isi kitab dalam Alkitab.natal darimana dasarnya bahwa Yesus lahir tanggal 25 desember?anda sudah menambahi…hukumannya baca sendiri bro.
    1Yohanes 2:3-4” 3 Dan inilah tandanya, bahwa kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintah-Nya. 4 Barangsiapa berkata: Aku mengenal Dia, tetapi ia tidak menuruti perintah-Nya, ia adalah seorang pendusta dan di dalamnya tidak ada kebenaran.”
    Apakah ada perintah hari Natal dari Tuhan?Mohon maaf bila ada kata yang tidak berkenan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. agama bukan soal tanggal, tapi its about our faith.. kalo kamu bukan kristen gausah komen.. urus aja agamamu sendiri ya, ciao

      Hapus
  24. buat syam rizal.... semua agama sempurna boss... jangan bilang agama anda paling sempurna. yakin sempurna ? masa bagi anda sempurna tapi berjihad untuk membunuh orang tak bersalah dengan mengebom ? ironisnya agama anda membunuh saudara sempurna anda sendiri ? MASIHKAH ANDA BILANG ITU sempurna ??????

    BalasHapus
  25. Hemmm... saya tidak akan pernah mengakui tgl 25 desember sebagai hari kelahiran YAHUSHUA HA MASIACH , Sebab IA lahir pada Hari Raya Sukkot ( Hari Raya Pondok Daun ), TITIK, TIDAK PAKAI KOMA !

    BalasHapus
  26. Yesus lahir saat kalender masehi belum dibuat, jadi kita tidak tau kapan Yesus lahir, kalau menggunakan kalender masehi, tapi kalau kita menggunakan kalender ibrani/yahudi, kemudian kita cocokan dengan kalender masehi, kita akan tau kapan Yesus lahir

    BalasHapus
  27. BERTAWAKAL LAH KALIAN SEMUA SESUNGGUHNYA SEMUA AGAMA MEMILIKI TUJUAN YG BAIK BAGI KEHIDUPAN ,HANYA SAJA BNYK CMPUR TANGAN UMAT YAHUDI YG MEMBAWA KEHANCURAN.. KITA UMAT MANUSIA DILAHIRKAN HANYA SEMENTARA!!TAQABALLAH MINNA WA MINKUM ..SEMOGA KALIAN SEMUA MENDAPAT BERKAH OLEH KEPERCAYAAN KALIAN MASING2.. AMINN ...

    BalasHapus
  28. Yesus adalah hadiah Allah kepada kita"...?
    Kenapa yang disembah Yesusnya, bukan Allah? Kenapa Tuhan itu harus yesus? Apa karna dia lahir dari seorang perawan? Kenapa tidak dipertanyakan kembali dalam diri masing2 bagaimana seorang perawan bisa hamil? Apa karna ada yang 'menghendaki' atau 'mengizinkan'? Kenapa bukan yang menghendaki atau yang mengizinkan itu yang disembah? Lalu kalau Yesus adalah Tuhan, dia lahir dan mati juga, Seperti manusia, dia diciptakan juga, mati juga, untuk apa menyembah yang telah mati? Siapa yang berani mematikan Tuhan? Kenapa tidak yang memberikan lahir dan kematian yang disembah? Kenapa Tuhan harus lahir dan harus mati? Jadi Tuhan itu apa sebenarnya?

    BalasHapus
  29. ga penting tanggal berapa Yesus dilahirkan, yang penting satu, Dia ke dunia ini ingin menghapuskan dosa dosa kita, bukan membuktikan bahwa dirinya Tuhan... dan satu hal yang perlu kalian tahu, Tuhan itu ada 2, satu tuhan yang kita ciptakan dan satu lagi Tuhan yang menciptakan alam semesta, tindakan terorisme yang kian sering terjadi itu hanya ingin melindungi Tuhannya, saya kasih tahu ya, Tuhan yang menciptakan alam semesta itu gabutuh di lindungi sama kita yang cuma bagai butiran debu di alam semesta yang luas ini, Dia itu bisa ngelindungi dirinya sendiri... dan untuk tuhan yang dibuat, itu harus dihancurkan, sihir, baal, dsb. GBU guys

    BalasHapus
  30. kalau suatu agama sudah dimasuki unsur politik raja-raja jaman dulu yang bertujuan memperluas kekuasaan, maka akan menjadi kacau, akhirnya semua jadi kebingungan.

    BalasHapus
  31. WOI TANYA DONK ALL...
    1. Yesus kan Anak Tuhan ALLAH?
    2. Israel, Efraim Juga Anak Tuhan Allah dalam Injil?
    3. Ada Yang Tahu Gimana caranya Menyembah Tuhan ALLAH ngga??
    Soalnya Aku g mau menyembah anaknya soalnya banyak ...

    BalasHapus
  32. SOALNYA KITA DI PERINTAH YESUS UNTUK MENYEMBAH ALLAH BUKAN MENYEMBAH YESUS ya g sih...

    MATIUS 4 : 10
    Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"

    BalasHapus
  33. Ya bapa, ampunilah mereka ini. karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat dan perdebatkan . amin

    BalasHapus
  34. Tuhan Yesus tak peduli manusia memperingati hari kelahirandan hari kematianNya krn pd saat itu Ia menjelma sebagai manusia... yg Tuhan tuntut dari kità untuk menjadi saksiNya seama hidup didunia... perayaan2 hanya simbol bisa dilakukan atau tidak tapi kita jadi BERKAT dan perpanjanģtanganan Firman Tuhan Yesus untuk menjadi SAKSU FIRMANNYA itulah yg Dia inginkañ. Mengapa sy menyebutkan Tuhan itu Yesus? Jelas tertulis di alkitab Yoh 14:6 Kata Yesus kepadanya" Akulah jalan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapak kalau tidak melalui Aku". Yang berkata itu jelas2 Yesus. Kita mengenal trinitas kekristenan yang sangat dijelaskan di Yoh 14:6-10.. Bapa Putra dan Roh kudus.. secara manusia pasti kita menganggap Tuhan tidak konsisten dengan statusnya.. tapi Tuhan sudah memberi contoh tentang ciptaaNya yaitu "air". Air yang jelas2 ciptaanNya saja punya wujud yang kita tahu ada 3 wujud yaitu padat(es) cair(air sehari2 ) dan gas (uap air) apalagi sang penciptaNya.. bisa suka2 Dia mau berwujd sebagai Manusia Bapa Roh tapi semua itu dalam satu kondisi yaitu Tuhan Allah. Jadi tak perlu diperdebatkan terlalu ekstrim soal kpn bagaimana dan seperti apa kelahiranNya terjadi didunia ini tapi yang Tuhan Yesus mau hati kita perbuatan kita sudah kah memuliakan Tuhan.. toh dari adam -hawa sampai kelahiran Tuhan Yesus manusia sudah ada tapi tak melakukan simbol2 kemanusiaan seperti sekarang ini perilaku dan perbuatannya tetap diperhițungkan Tuhan Yesus dan tak ada yang sia-sia. Selamat menyambut bulan Desember selamat menyambut kelahiranNya sesuai iman dan kepercayaan kita masing2... "apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia " Kolose 3:23. Syallom.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  35. orng yg tidak merayakan Natal dan masih menjalani Hukum Taurat(Hari sabat) berarti dia tidak mempercayai Yesus datang kedunia.
    Maksud Allah Mengutus Yesus Kedunia Untuk mennggenapi Hukum Taurat Menjadi "HUKUM KASIH".
    Jd, Apa Maksud Yesus Datang Kedunia ?? Jawab : untuk membebaskan manusia dari Hukum Taurat, Karena Hukum taurat adalah maut, melanggar satu = melanggar keseluruhanny. oleh karena perbuatan dosa manusia tersebut, allah mengutus Yesus kedunia untuk mati dikayu salib, sebagai penebusan dosa manusia.
    Ibrani 8:10
    "Maka inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu," demikianlah firman Tuhan. "Aku akan menaruh hukum-Ku dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.
    Hukum Akal Budi Ada Pada Hukum Kasih Yang Pertama.

    BalasHapus
  36. ini Dalil ny orang kristen tidak menguduskan hari sabat..

    Kenapa orang Kristen menolak Hukum Taurat pada Kitab Perjanjian Lama ?? Contoh Tidak Menguduskan Hari Sabat..

    INGAT!!! Orang kristen tidak pernah menolak hukum taurat.
    didalam 10 perintah Allah (Hukum Taurat) 5 diantaranya berbicara hubungan antara manusia dengan Tuhan (Allah) dan 5 berbicara antara hubungan manusia dengan manusia (sesama manusia).
    Mudah mudahan anda mengerti dan tau isi dari ke 10 perintah Tuhan (Hukum Taurat).
    Dan Yesus datang kedunia menggenapi ke 10 Perintah Allah (Hukum Taurat) dengan Hukum Kasih :
    1. Kasihilah Tuhan, Allahmu dengan segenap hatimu dan dengan segenapmu jiwamu dan dengan segenap akal budimu (Matius 22 : 37). Artinya dengan anda mengasihi Tuhan Allahmu maka anda dapat melakukan 5 hukum yang tertera didalam hukum taurat.
    a.) Jangan ada padamu allah lain dihadapan Ku
    b.) Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas atau yang ada di bumi di bawah,atau yang ada di dalam air di bawah bumi.
    Jangan sujud menyembah kepadanya (allah lain) atau beribadah kepadanya......
    c.) Jangan menyebut nama Tuhan, Allahmu dengan sembarangan.....
    d.Ingatlah dan kuduskanlah hari sabat
    2.)Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri (Matius 22 : 39) artinya dengan anda mengasihi sesamamu manusia maka anda dapat melakukan 5 hukum yang tertera didalam hukum taurat.
    e.) Hormatilah ayahmu dan ibumu.....
    f.) Jangan membunuh.
    g.) Jangan berzinah
    h.) Jangan mencuri
    i.) Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu
    j.) Jangan mengingini rumah sesamamu;jangan mengingini isterinya atau hambanya laki laki,atau hambanya perempuan atau lembunya atau keledainya atau apapun yang dipunyai sesamamu.

    Disini jelas bahwa ke 10 dari hukum taurat di rangkum menjadi satu yaitu dengan hukum KASIH.
    Artinya rumus untuk kita dapat melaksanakan kesepuluh hukum taurat adalah KASIH dan ini yang selalu diajarkan YESUS kepada murid muridNya termasuk Paulus.dan Paulus tidak menyimpang dari ajaran Yesus Kristus.GBU

    BalasHapus
  37. Ikuti Alkitab nya bukan Gerejanya... Gaush nenambah2i yg tidak ada itu sudah Cukup daripada malah tersesat...
    Sama untuk muslim jg ikuti al.quranmu bkn org2 skitarmu..

    BalasHapus
  38. jika alkitab mengatakan demikian kenapa kita malah ingkar apa kah alkitab hanya buku dongeng semata yg tidak di akui umat nya dan bahkan santa natal dan pohon cemara pun masih mreka pakai untuk yesus di mana letak yesus nya, mreka hanya merayakan pesta hura2 membagi hadiah dan menipu anak2 mreka untuk percaya kado di bawah pohon natal pemberian santa yg konon bisa terbang dengan kreta saljunya dan memasuki crobong asap untuk memberikan hadiah,

    BalasHapus
  39. Kejadian 1:1, 26-31 (TB) Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
    Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."
    Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.
    Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."
    Berfirmanlah Allah: "Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.
    Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya." Dan jadilah demikian.
    Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam. maka kita mau sia itu sudah di siapkan untu mengatur semua yang kita meliki

    BalasHapus
  40. Kejadian 1:1, 26-31 (TB) Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
    Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."
    Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.
    Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."
    Berfirmanlah Allah: "Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.
    Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya." Dan jadilah demikian.
    Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam. maka kita mau sia itu sudah di siapkan untu mengatur semua yang kita meliki

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Sesama manusia, Hendaklah kita saling menasihati,... Demi Allah zat yg kekal abadi, Pencipta Alam semesta,... Jika kita beriman pada agama namun hati ini masih gelisah, Banyak pertanyaan yg belum bisa menjawabnya, Mk teruslah mencari jawaban tsb, dan jangan pernah menyerah jika dr pendeta anda atau dr buku2 yg anda baca belum bisa atau masih mengganjal hati yg terdalam anda, Cari referensi lain,... Saya referensikan Al qur'an, Milik org muslim,... Krn manusia akan selalu mencari kebenaran sejati...

    BalasHapus
  43. Dear Admin, kalau anda kristen tolong di close aja posting nya, karena kalau saya simak banyak komentar yg sebenarnya hanya berusaha membenarkan pendapat dan keyakinan masing-masing. Memang tidak ada yg salah dengan itu, namun akan berakibat sangat buruk untuk mereka yg sedang mencari arah iman nya. Untuk saudara yg Kristen, mungkin ada baiknya membaca Yohanes 4:24 (TB) "Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran." karena roh dan kebenaran hanya milik Tuhan, ya harus minta pengajaran kepada Nya. Untuk saudara yg bukan Kristen, janganlah anda berusaha untuk memahami yg tidak anda yakini, yg akhirnya mendatangkan cemooh dan hal negatif lain nya untuk anda. Karena saya yakin kalau kembali kepada ajaran yg saudara imani, cemooh dan hal" negatif pasti dilarang (saya tidak sebut dosa, karena dosa bisa memiliki banyak persepsi)

    BalasHapus
  44. Keyakinan jgn diperdebatkan...

    BalasHapus
  45. Saudara yang terkasih dalam Yesus,natal adalah momen penting bagi kita untuk bersyukur kepada tuhan kita,Allah yang esa,Allah yang telah mengaruniakan kasih karunia pengampunan kepada kita melalui AnakNya Yesus Kristus,yang adalah Firman Allah.
    Janganlah kita mudah terpengaruh oleh cerita cerita orang yang dapat mengurangi iman kita pada Yesus Kristus yang telah mengorbankan DiriNya di kayu salib untuk kita.kalo kita mau mempelajari alkitab dengan benar,kita akan tau bahwa alkitab adalah berisi Firman Allah dan fakta sejarah.Alkitab bukan dongeng.Anda juga akan tau bahwa natal bukan cuma dongeng dari negri barat.Mari kita rayakan natal dalam makna yang sesungguhnya.Kiranya kita sebagai umat kristen semakin mengasihi Tuhan,dengan hati yang teguh,tidak mudah terombang ambing oleh tuduhan tuduhan dari luar yang bisa menyesatkan .Saudara harus percaya,tidak ada jalan keselamatan selain dari Yesus Kristus.semoga damai natal semakin memberi keberkatan bagi kita.JBU.

    BalasHapus
  46. S@trio/light of the world....ibrani 13: 1.HENDAKLAH KASIH PERSAUDARAAN TETAP DI ANTARA KAMU.amin

    Ayat kunci ibrani 13:1.coba sodara2 ku terkasih.kita gali dan renungkan ayat itu.kita boleh saja memiliki ideologi yang berbeda,,,tetapi tetap saling menjaga kasih diantara kalian sesama saudaramu....semua umat kristen itu bersaudara.stopp!!!...mendebatkan,menafsirkan,meramalkan...atau apalah...mari kita fokuskan saja ,apakah kita sebagai murid2 yesus...sdah bnar2 mnjalankan perintahnya????jwab dg nuranimu masing2 amin....gbu...selamat natal bagi yg merayakannya.

    BalasHapus
  47. Semoga bermanfaat..dalam mitos jawa kemampuan berubah menjadi orang lain berjumlah lebih dari satu adalah hal lumrah. Karena untuk mengkultuskan sebuah tokoh .. semuanya dibiarkan menjadi imajiner tak tertangkap logika.

    BalasHapus
  48. sebenarx yesus itu jelmaan Tuhan atau anak Tuhan

    BalasHapus
  49. Hehehe.
    Hai kamu orang yg telah percaya bahwa dosamu telah diampuni.
    Kalian seharusnya mengasihi sesama bukan saling menyalahkan.
    Ini adalah zaman dimana iblis semakin gencar.
    Kamu boleh prtahankan prinsipmu tntang apa yang kamu anggap benar tapi jangan saling menyalahkan.
    Karena saat ini iblis sedang menyerang kehendak bebasmu sehingga membuat kamu ragu dan tidak percaya akan Allah atau hari dan nubuat serta lain lain.
    Kalian telah dewasa dan mengerti mana yg baik dan benar semua jawaban ada didalam kitab suci.
    Pemikiran manusia harus diasah akan tetapi kita gak bisa merasionalkan pemikiran kita dengan pemikiran Allah karena pemikiranNya sangat luas dalam dan kaya maka kita gak akan pernah bisa kecuali Allah mau mmbritahukan kepada kita maka dari itu pilihlah yg baik dan benar.
    Simpelnya begini.
    Apa kalian sudah bertemu dengan Allah secara langsung dan berbicara banyak hal dengan Dia?
    Wkwkwk.
    Jangan kamu menggunakan panca inderamu untuk belajar tentang siapa Allah.
    Krna kamu gak akan mendapati jika kamu hanya memakai pikiranmu yg kecil itu.
    Itulah yg menyebabkan adanya atheis krna mereka hnya menggunakan panca indera.
    Jadi kalau kamu belum pernah bertemu langsung dengan Allah dan bicara banyak hal dengan Allah sebaiknya kamu cukup percaya dengan iman yg benar berdoa lebih banyak dan bangun relasi dengan Allah.

    BalasHapus
  50. Wah setelah saya membaca artikel dan segala comment diatas , terimakasih atas segala perbedaan , tapi saya Yakin yang berasal dari Allah akan kembali kepada Allah. Maka kita mari bersatu kembali menjadi Tubuh Kristus untuk menjalin Satu satuan Kasih sebagai manusia yg punya banyak tafsiran

    BalasHapus