Kata Siapa Yesus Itu Tuhan

Salah satu hal yang paling banyak di(per)tanyakan oleh orang, terutama orang yang belum percaya Yesus adalah kenapa Yesus disebut sebagai Tuhan? Banyak orang yang bilang kalau alkitab tidak pernah menyebutkan kalau Yesus adalah Tuhan dan Yesus tidak pernah menyebut dirinya adalah Tuhan. Anehnya, orang yang bilang  bahwa di alkitab tidak disebutkan Yesus adalah Tuhan itu sebenarnya tidak pernah membaca atau bahkan tidak pernah membuka alkitab sama sekali. Jadi, darimana mereka tahu kalau di alkitab tidak pernah disebutkan kalau Yesus adalah Tuhan kalau tidak pernah membaca atau bahkan membuka alkitab sama sekali? Ah, saya tidak mau memusingkannya, tetapi jawaban yang paling logis adalah dari gosip yang beredar di antara orang yang sama – sama tidak pernah membaca alkitab. Karena itu semua hanya gosip, mari kita cari kebenarannya. Pada kesempatan kali ini saya akan menyebutkan siapa saja yang menyebutkan Yesus adalah Tuhan (Anak Allah) dan pengakuan Yesus tentang diri-Nya sendiri di alkitab.

Yesus adalah Firman Allah dan adalah Allah itu sendiri

Yohanes 1:1, Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Yohanes 1:14, Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Yesus merupakan Firman Allah yang hidup. Yesus adalah Firman Allah yang menjadi manusia untuk menebus dosa umat manusia dan disebut sebagai Anak Allah (Anak Tunggal Bapa). Dan yang paling penting adalah, Firman Allah adalah Allah itu sendiri. Kalau bingung dengan kata – kata terakhir, bisa baca artikel saya yang lain yaitu Penjelasan Singkat Tritunggal.

Allah sendiri yang menyatakan bahwa Yesus adalah Anak-Nya

Matius 3:17, lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."

Markus 1:11, Lalu terdengarlah suara dari sorga: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan."

Lukas 3:22, dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah suara dari langit: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan."

Ketiga ayat di atas menceritakan satu kisah yang sama dengan tiga penulis alkitab yang berbeda. Ya, suara yang dari sorga adalah suara Allah dan yang dimaksud dengan Anak Allah pada kisah tersebut adalah Yesus Kristus. Allah sendiri yang menyatakan bahwa Yesus adalah Anak Allah.

Iblis sendiri tahu kalau Yesus adalah Anak Allah

Matius 4:1-6, Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis ..... Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti." ..... lalu berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, .....

Cerita di atas adalah sebuah cuplikan godaan Iblis kepada Yesus saat Yesus sedang berpuasa di padang gurun 40 hari lamanya. Iblis menggoda Yesus dengan menyebut – nyebut bahwa Yesus adalah Anak Allah. Iblis aja bilang kalau Yesus adalah Anak Allah kan?

Murid – murid Yesus mengakui bahwa Yesus adalah Anak Allah

Matius 14:33, Dan orang-orang yang ada di perahu menyembah Dia, katanya: "Sesungguhnya Engkau Anak Allah."

Peristiwa di atas terjadi saat Yesus berjalan di atas air. Sudah sangat jelas bahwa tertulis murid – murid Yesus mengakui bahwa Yesus adalah Anak Allah.

Orang biasa yang datang kepada Yesus dan mengakui Yesus adalah Tuhan

Matius 15:22, Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: "Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita."

Yesus selama hidupnya melakukan banyak mujizat dan tidak terhitung jumlahnya menyembuhkan banyak orang. Peristiwa di atas adalah salah satu peristiwa di mana ada seorang wanita yang datang kepada Yesus dan menyebut Yesus adalah Tuhan, Anak Daud (keturunan Daud, karena bangsa Israel dijanjikan seorang Mesias dari keturunan Daud).

Simon Petrus mengakui bahwa Yesus adalah Mesias, Anak Allah yang hidup

Matius 16:16, Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"

Orang – orang yang waktu itu menyalibkan Yesus akhirnya mengetahui bahwa Yesus adalah Anak Allah

Matius 27:54, Kepala pasukan dan prajurit-prajuritnya yang menjaga Yesus menjadi sangat takut ketika mereka melihat gempa bumi dan apa yang telah terjadi, lalu berkata: "Sungguh, Ia ini adalah Anak Allah."

Pengakuan Yesus tentang diri-Nya sendiri

Yohanes 10:30, Aku dan Bapa adalah satu.

Bapa yang dimaksud adalah Allah, Yesus berkata bahwa Dia dan Allah adalah satu. Ya, Yesus adalah Allah adalah satu seperti pengakuan-Nya sendiri.

Yohanes 13:13, Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.

Yesus menyebutkan dirinya sendiri adalah Guru dan Tuhan.

Yohanes 14:6, Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”

Ini adalah pengakuan Yesus yang paling terkenal dan tidak ada orang lain yang pernah mengatakannya sebelum atau sesudahnya. Yesus mengatakan bahwa Dia adalah satu – satunya jalan untuk dapat datang kepada Allah (Bapa di Sorga). Hanya melalui percaya kepada Yesus sajalah orang dapat diselamatkan.

Yohanes 4:25-26, Jawab perempuan itu kepada-Nya: "Aku tahu, bahwa Mesias akan datang, yang disebut juga Kristus; apabila Ia datang, Ia akan memberitakan segala sesuatu kepada kami." Kata Yesus kepadanya: "Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau."

Ini adalah pengakuan Yesus kalau Dia adalah mesias yang dijanjikan Allah.

Markus 14:61-62, Tetapi Ia tetap diam dan tidak menjawab apa-apa. Imam Besar itu bertanya kepada-Nya sekali lagi, katanya: "Apakah Engkau Mesias, Anak dari Yang Terpuji?" Jawab Yesus: "Akulah Dia, dan kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di tengah-tengah awan-awan di langit."

Ini adalah percakapan saat Yesus menyerahkan diri-Nya untuk disalib, Yesus mengakui bahwa Dia adalah Anak Allah.

Yohanes 8:12, Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."

Ya, Yesus adalah terang dunia yang menuntun manusia untuk kembali kepada Allah. Untuk kembali kepada Allah, manusia tidak dapat masih dalam keadaan berdosa, oleh karena itu Yesus datang untuk menebus kita dari dosa dan menguduskan kita sehingga layak untuk datang kepada Allah yang kudus.

Ibrani 12:14b, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan.

Ayat – ayat di atas adalah sebagian kecil dari ayat – ayat di alkitab yang menyatakan bahwa Yesus adalah Tuhan, Anak Allah yang hidup. Alkitab itu sendiri pada intinya mengarah kepada Yesus, sumber keselamatan sejati, jadi sebenarnya semua ayat di dalam alkitab menuju kepada Yesus. Karena tidak mungkin menuliskan semua isi alkitab dalam artikel ini, maka inilah gambaran besar ayat – ayat yang menyebutkan bahwa Yesus adalah Tuhan. Jika sudah baca artikel ini mungkin artikel tentang Penjelasan Singkat Tritunggal akan sangat bermanfaat. Masihkah Anda ragu terhadap Yesus? Kalau masih ragu silakan hubungi saya lebih lanjut lewat twitter @TanyaAlkitab atau email tanyaalkitab@gmail.com. Jesus Bless Us.

-N.L.H-

78 komentar :

  1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  2. Setelah aku membaca artikel ini,aku merasa lebih dekat & lebih percaya pada Yesus..! :) Terima kasih banyak

    BalasHapus
  3. Min, aku masukan ke blogg aku yah :)

    BalasHapus
  4. Maaf.. bagaimana dengan ayat di alkitab berikut ini

    Matius 4:10 - Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti! "

    Yohanes 17:3 - Inilah hidup yang kekal 1 itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus

    Yesaya 46:9 - Ingatlah hal-hal yang dahulu dari sejak purbakala, h bahwasanya Akulah Allah dan tidak ada yang lain, Akulah Allah dan tidak ada yang seperti Aku

    Bagaimana menurut Anda ? bukannya ada penekanan Bahwa hanya menyembah kepada Allah saja. Hanya Kepadanyalah Engkau Berbakti, satau-satunya Allah yang benar, Tiada yang serupa sepertiNYA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang benar Allah itu cuman satu; harus menyembah TUHAN, Allahmu. Yesus adalah TUHAN.
      Ayat Alkitab bukan untuk diperdebatkan... Tapi baca ayat ini;
      Yohanes 10:30 ~ Aku dan Bapa adalah satu.
      Firman Tuhan adalah ya dan Amin! God Bless...

      Hapus
    2. Bapa sudah berinkarnasi ke dalam diri Yesus (kol 2:9)

      Hapus
    3. Kakak Juned anda harus membaca Alkitab secara keseluruhan. Anda tidak akan bisa menemukan jawabannya sebelum anda membaca dengan baik.

      Pertanyaannya "Mengapa Yesus Tidak Menyuruh Menyembah DiriNya?

      Buka Yohanes 8:49-59

      48. Orang-orang Yahudi menjawab Yesus: "Bukankah benar kalau kami katakan bahwa Engkau orang Samaria dan kerasukan setan?"

      49. Jawab Yesus: "Aku tidak kerasukan setan, tetapi Aku menghormati Bapa-Ku dan kamu tidak menghormati Aku.

      50. Tetapi Aku tidak mencari hormat bagi-Ku: ada Satu yang mencarinya dan Dia juga yang menghakimi.

      51. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menuruti firman-Ku, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya."

      52. Kata orang-orang Yahudi kepada-Nya: "Sekarang kami tahu, bahwa Engkau kerasukan setan. Sebab Abraham telah mati dan demikian juga nabi-nabi, namun Engkau berkata: Barangsiapa menuruti firman-Ku, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya.

      53. Adakah Engkau lebih besar dari pada bapa kita Abraham, yang telah mati! Nabi-nabipun telah mati; dengan siapakah Engkau samakan diri-Mu?"

      54. Jawab Yesus: "Jikalau Aku memuliakan diri-Ku sendiri, maka kemuliaan-Ku itu sedikitpun tidak ada artinya. Bapa-Kulah yang memuliakan Aku, tentang siapa kamu berkata: Dia adalah Allah kami,

      55. padahal kamu tidak mengenal Dia, tetapi Aku mengenal Dia. Dan jika Aku berkata: Aku tidak mengenal Dia, maka Aku adalah pendusta, sama seperti kamu, tetapi Aku mengenal Dia dan Aku menuruti firman-Nya.

      56. Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita."

      57. Maka kata orang-orang Yahudi itu kepada-Nya: "Umur-Mu belum sampai lima puluh tahun dan Engkau telah melihat Abraham?"

      58. Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."

      59. Lalu mereka mengambil batu untuk melempari Dia; tetapi Yesus menghilang dan meninggalkan Bait Allah.

      Yesus tidak ingin meninggikan diriNya sendiri. Kenapa?
      Karena Yesus ingin diriNya menjadi teladan bagi setiap orang.

      Menurutku kalau Dia berkata: "Sembahlah Aku", buat apa?
      Kalau Dia membuat mukjizat di depan orang buat apa? Pastinya orang-orang akan tau, kalau Dia Allah? Lalu kok kenapa?
      TUHAN INGIN KITA MENGERTI AKAN HIDUP INI. MENGERTI AKAN TUJUAN DIA DAN KEGENDAK DIA

      Hapus
    4. wah bnyak bljar lagi ni mba
      yesus turun ke dunia sebagai manusia
      hanya kepada allah semua pengharapan itu dan yesus adalah allah itu sendiri

      pikir logic nya anak manusia menyembah dan memuji bapa yang ada di surga
      klo yesus yg saat itu sebagai manusia menyembah dan memohon kepada dirinya sendiri

      kita yang sekarang jadi apa

      Hapus
  5. harapanku adalah Janji Tuhan.amin

    GBU.

    BalasHapus
  6. Penderitaan, Kematian dan kebangkitan Kristus, memberi petunjuk bagi kita bahwa Yesus dalah Tuhan. jika ada yang berminat membaca, renungan kristen, khotbah, & tulisan2 lainnya kunjungi. http://infopbi.blogspot.com

    BalasHapus
  7. sekalipun saya tidak akan pernah meragukan Yesus adalah Tuhan,,
    buat saya DIA adalah satu-satunya Juru Slamatku dan hanya pada-NYA aku berserah..Terimakasih Tuhan kau telah mengasihiku dan keluargaku..Gbu

    BalasHapus
    Balasan
    1. (y) Bertumbuhlah dalam iman; kunjungi: http://katamembangun.blogspot.com/ God Bless...

      Hapus
  8. Matius 4:10 - Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti! "

    Satu hal yang harus dipahami, Yesus adalah perwujudan Tuhan dgn komposisi 100% Tuhan dan 100% manusia. Yesus berkata seperti ini saat Iblis mencobai sisi manusia Yesus. Krn itu Yesus memberikan teladan kpd manusia lain, bahwa sbg manusia kita juga bisa menolak godaan Iblis. Ya, kita tahu, lah, Iblis kalah sama Tuhan. Tp manusia? Seringkali kita memandang rendah posisi kita sbg makhluk ciptaan Tuhan yg mulia. Di momen inilah figur Yesus muncul utk mengangkat derajat manusia dlm wujudNya yg manusia.

    Yohanes 17:3 - Inilah hidup yang kekal 1 itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus

    untuk bagian ini harap dibaca keseluruhan Yohanes pasal 17. Di sana dijelaskan berulang-ulang bahwa "Yesus Kristus yang telah Engkau utus" itu "bukan dari dunia" tetapi Bapa di dalam Dia dan Dia di dalam Bapa. Berhati-hati dengan penafsiran separuh-separuh ya.

    Yesaya 46:9 - Ingatlah hal-hal yang dahulu dari sejak purbakala, h bahwasanya Akulah Allah dan tidak ada yang lain, Akulah Allah dan tidak ada yang seperti Aku

    Benar, tiada Allah yang seperti Dia dan tiada yang lain. Karena Yesus bukan Allah lain, Dia adalah Allah yang sama. Yesaya 53:2a berkata "Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering." Dia muncul dari Tuhan, dan Tuhan Allahlah 'batang pokok anggurNya'. Dia berasal dari Tuhan, Dia adalah Tuhan, Dia dan Tuhan adalah satu.

    BalasHapus
  9. 100 % manusia,100% tuhan...100% roh kudus...bergabung menjadi satu bagian.Ada formulasi yang lebih masuk akal gk dalam dogma gereja selain trinitas? kok kesannya dipaksakan banget?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah Tuhan kita, kita belajar secara Theologis, bukan secara praktis. Anda harus belajar Alkitab dulu dengan benar, tidak akan pernah bisa anda membaca langsung mengerti. Seluruh jawaban ada di Alkitab.

      Hapus
    2. alkitab itu bukan sembarang buku.
      Butuh roh kudus untuk mengerti FirTu yg ada dlm alkitab. ..
      Betul tidak ?
      Makannya banyak org dri keyakinan berbeda menjadikan alkitab sebagai lelucun ... itu karna mereka tidak mengerti maksut firtu ... karna mereka hanya mengunakan logika manusia tnpa iman/roh kudus

      I BELIVE JESUS

      Hapus
  10. @nofik-tech : anda percaya klu manusia punya tubuh, jiwa dan roh? Dlm islam pun diajarkan Allah menciptakan manusia segambar dan serupa dengan-Nya. Artinya Allah itu dzat yg terdiri dari jiwa(Allah bapa), tubuh(firman yg hidup dlm Yesus), dan roh (roh kudus atau roh Allah)... sebelum Yesus jd manusia, tidak ad 1 manusiapun yg dengan pasti mengetahui atau mengenal Allahnya.. oleh karena itu Firman Allah yg langsung turun kedunia dalam rupa ciptaan-Nya untuk memberi teladan yg MUTLAK benar dan tidak bercela agar ciptaannya dapat mengenal dan Mencontoh kasihNya yg absolut bukan relatif. Ini hanya konsep sederhana dari Kasih Allah yg absolut. Blm lagi tentang penebusan akan dosa-dosa umat-Nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @runpah Boleh tau, darimana kamu dapat kata segambar dan serupa-Nya...

      Silahkan...

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  12. Ah ga masuk akal,, sebenar'y definisi TUHAN itu apa_??'
    apakah sang pencipta / anaknya sang pencipta_??'

    ko pake ada acara Allah bicara pada Tuhan (ANAK ALLAH)..

    Trus dimana letak Makna sbuah TUHAN itu_??'

    gx logis. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  14. Ibrani 11:1 ~ Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

    TUHAN, Allah => alfa dan omega; Dia Awal dan Akhir...
    Sang Pencipta => Allah menciptakan langit dan bumi dengan Firman-nya (Firman Allah itu hidup; yaitu Yesus Kristus, TUHAN).
    Anaknya Sang Pencipta => Yesus, Roh Allah ada pada-Nya; sehingga Dia disebut Anak Allah. Korban Paskha untuk menebus dosa manusia (tidak akan ada manusia yang masuk sorga tanpa Korban Penebus Salah). Yesus Korban Yang Agung.
    Kalau tidak ada TUHAN, terus kepada siapa manusia harus tunduk? Kalau tidak ada makna TUHAN dalam hidup Anda; terus siapa yang menuntun Anda kejalan KEBENARAN?
    Kalau masih ragu juga, baca Alkitabnya ya!!! God Bless...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama anda blg Tuhan > Allah, Dia awal dan akhir.
      Yesus > anak Tuhan (anak Allah).
      Sang Pencipta adalah Allah. Allah menciptakan langit dan bumi dengan Firmannya.
      (Firman itu arti'a titah/perkataan).
      Nah, kata anda Firman Allah itu hidup, yaitu yesus kristus, Tuhan.
      Jd yg bener Tuhan anda itu Allah atau Yesus?
      Terus jika Yesus Kristus juga Tuhan anda, knp blg Allah/Tuhan, Dia awal & akhir, berarti kan cukup Dia (Allah) yg diawal dan yg terakhir g ada yg lain..
      Padahal jelas di alkitab anda karangan Matius 4:10 : Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah Iblis, Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"
      Jadi berapa lagi jumlah Tuhan Anda? Jelas2 Tuhan Anda itu cuma 1 (satu) g ada yg lain, buka mata lebar2 jgn hanya membaca tulisan karangan yg telah bnyk diubah2. Banyak2lah kalian bertanya.

      Hapus
    2. Sebaiknya anda baca dan cermati mengenai konsep tritunggal terlebih dahulu baru berkomentar. GBU :)

      Hapus
  15. Bermimpilah tentang Tuhan..
    Ada yg tau disini kalo bunuh diri dosa apa tidak_???'

    BalasHapus
  16. coba jls kan surat ini “Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun tahu , malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri.” (Matius 24:36)

    Dari ayat ini dapatlah dianalisa bahwa:
    1. Setiap yang tidak tahu tentang hari kiamat, pasti bukan Tuhan!
    2. Yesus tidak tahu kapan datangnya hari kiamat, berarti Yesus bukan Tuhan.
    3. Setiap yang memanggil Bapa kepada Tuhannya, pasti bukan Tuhan.
    4. Yesus memanggil Bapa kepada Tuhannya, berarti Yesus bukan Tuhan!
    satu lagi ada apa dgn ayat ini “Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eli, Eli, lama sabakhtani?” Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?” (Matius 27:46). yesus manggil tuhan yg mana lagi bukanya dia tuhan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah inkarnasi, Yesus adalah 1 pribadi yang mempunyai 2 hakekat, yaitu hakekat ilahi dan hakekat manusia. Ini menyebabkan Ia mempunyai sifat‑sifat ilahi, maupun sifat‑sifat manusia. Jadi, bisa dikatakan bahwa pribadi Yesus itu maha kuasa dan lemah, maha tahu dan tidak maha tahu, maha ada dan terbatas tempat, dsb.

      Karena itu kita tidak perlu heran kalau melihat:

      · adanya ayat‑ayat yang menunjukkan kemahakuasaanNya (misalnya: Mat 8:23‑27), dan ayat‑ayat yang menunjukkan kelemahanNya (misalnya: Yoh 4:6).

      · adanya ayat‑ayat yang menunjukkan bahwa Ia maha tahu (misalnya: Yoh 1:46‑50 Mat 9:4 12:25 16:8 17:27), dan adanya ayat‑ayat yang menunjukkan bahwa Ia tidak maha tahu (misalnya: Mat 24:36 Luk 2:40,52).

      John Calvin: “For we know that in Christ the two natures were united into one person in such a manner that each retained its own properties; and more especially the divine nature was in a state of repose, and did not at all exert itself, whenever it was necessary that the human nature should act separately, according to what was peculiar to itself, in discharging the office of Mediator. There would be no impropriety, therefore, in saying that Christ, who knew all things (John 21:17) was ignorant of something in respect of his perception as a man; for otherwise he could not have been liable to grief and anxiety, and could not have been like us (Heb 2:17)” [= Karena kita tahu bahwa di dalam Kristus 2 hakekat dipersatukan di dalam satu pribadi sedemikian rupa sehingga masing‑masing mempertahankan sifat‑sifatnya; dan teristimewa hakekat ilahi ada dalam keadaan tidur / istirahat, dan sama sekali tak menggunakan dirinya, pada saat hakekat manusia harus bertindak secara terpisah, sesuai dengan apa yang khas pada dirinya sendiri, dalam melaksanakan jabatan Pengantara. Karena itu, tidak ada ketidaklayakan di dalam mengatakan bahwa Kristus yang tahu segala sesuatu (Yoh 21:17) tidak mengetahui tentang sesuatu berkenaan dengan pengertiannya sebagai manusia; karena kalau tidak ia tidak bisa mengalami kesedihan dan kekuatiran, dan tidak bisa menjadi seperti kita (Ibr 2:17)].

      Seorang ahli Theologia lain mengatakan bahwa Yesus mempunyai 2 pikiran / kesadaran (manusia dan ilahi), yang timbul tenggelam secara bergantian (pergantiannya diatur oleh yang ilahi). Pada saat pikiran ilahi muncul, jelas Ia maha tahu. tetapi pada saat pikiran manusia muncul, Ia tidak maha tahu!

      Jadi Ia mengucapkan ay 36 pada saat pikiran manusia yang muncul, dan karena itulah Ia tidak tahu hari Tuhan!

      source : http://www.golgothaministry.org/matius/matius-24_32-39.htm

      kalo memang ada ayat yang tidak dimengerti bisa search di mbah Google banyak kok yang bahas tentang ayat Alkitab. Buka Alkitab dan buka hati juga, pasti mengerti. Menurut Anda, Allah itu mahabesar dan kuasa kan?Mengapa Anda tetap tidak percaya bahwa Allah bisa melakukan hal - hal seperti ini? Bahwa Ia bisa menaruh Roh Kudus di dalam kandungan Maria, dan Ia juga bisa berinkarnasi sebagai Allah dan manusia. Segala sesuatu bagi Allah itu mungkin kan?

      Thank You. God Bless You,brother. :D

      Hapus
  17. percaya sama yesus blh aja , tp percaya sama paulus???
    membuat kita sesat..

    BalasHapus
  18. Kalo nda percaya ya sudah , tapi jangan menyesal yah . Kedatangan-Nya sudah hampir bro. Pilih saja Heaven Or Hell?

    BalasHapus
  19. Agamu adalah Agamamu, Agamaku adalah Agamaku. jangan sekali.kali kau mengusik agamaku, sebab aku tidak pernah mengusik agamamu. Janganlah engkau MENGHAKIMI KEPERCAYAAN seseorang. sebab iman (kepercayaan) adalah suatu pondasi untuk berdiri dan menyembah-NYA. jangan engkau menghancurkan pondasi tersebut sebab engkau nanti akan di HANCURkan-NYA. percayalah, bahwa Jesus itu Ada.

    BalasHapus
  20. Allah itu bisa mlkkn apapn yg Dy mw,krna Dy a/ Allah,yg mlkkn sgla sesutu diluar pikiran Manusia.jika kita Berfkr menggnkan logika maka tdk bsa phmi pkrjan Allah sepenuhx , cba lah berdoa dgn hati yg trbuka & Tulus dan tertuju kpda Tuhan Yesus pasti anda akan tau yg sbnarx #IBELIEVEJESUS and JBU

    BalasHapus
  21. Min Boleh Post di FP(halaman) Facebook

    BalasHapus
  22. YESUS KRISTUS TUHAN ALLAH ROH HATI JIWA PIKIRAN KEKUATAN TUBUH MENCIPTAKAN MEMILIKI MENGUASAI MENGATUR MENGAWASI MEMIMPIN MENYELAMATKAN MELINDUNGI MEMELIHARA MELESTARIKAN SEGALANYA SEMUANYA SELURUHNYA SEPENUHNYA SEGENAPNYA SELENGKAPNYA SEUTUHNYA SEKALIANNYA DIMANA – MANA SELAMANYA MENCINTAI MENGASIHI MENYAYANGI MERINDUKAN MENYUKAI MENARIK MENGIKUTI MENGARUNIAKAN MENGIMANI MENGHARAPKAN YESUS KRISTUS TUHAN ALLAH KAKEK NENEK BAPAK IBU PUTRA PUTRI AMIN

    BalasHapus
  23. YESUS KRISTUS TUHAN ALLAH MAHA ESA ROH HATI JIWA PIKIRAN KEKUATAN TUBUH MENCIPTAKAN MEMILIKI MENGUASAI MENGATUR MENGAWASI MEMIMPIN MELAKSANAKAN MENYELAMATKAN MENJAGA MELINDUNGI MEMELIHARA MELESTARIKAN SEGALANYA SEMUANYA SELURUHNYA SEPENUHNYA SEGENAPNYA SELENGKAPNYA SEUTUHNYA SEKALIANNYA SEBANYAKNYA SEJUMLAHNYA DIMANA – MANA SELAMANYA MENCINTAI MENGASIHI MENYAYANGI MERINDUKAN MENYUKAI MENARIK MENGIKUTI MENGUDUSKAN MENGIMANI MENGHARAPKAN MENGARUNIAKAN MENJADI YESUS KRISTUS TUHAN ALLAH MAHA ESA KAKEK NENEK BAPAK IBU PUTRA PUTRI AMIN

    BalasHapus
  24. YESUS KRISTUS TUHAN ALLAH MAHA ESA ROH HATI JIWA PIKIRAN KEKUATAN TUBUH MENCIPTAKAN MEMILIKI MENGUASAI MENGATUR MENGAWASI MEMIMPIN MELAKSANAKAN MENYELAMATKAN MENJAGA MELINDUNGI MEMELIHARA MELESTARIKAN SEGALANYA SEMUANYA SELURUHNYA SEPENUHNYA SEGENAPNYA SELENGKAPNYA SEUTUHNYA SEKALIANNYA SEBANYAKNYA SEJUMLAHNYA DIMANA – MANA SELAMANYA MENCINTAI MENGASIHI MENYAYANGI MERINDUKAN MENYUKAI MENARIK MENGIKUTI MENGARUNIAKAN MENGHARAPKAN MENGIMANI MENGUDUSKAN MENJADI YESUS KRISTUS TUHAN ALLAH MAHA ESA KAKEK NENEK BAPAK IBU PUTRA PUTRI AMIN

    BalasHapus
  25. YESUS KRISTUS TUHAN ALLAH MAHA ESA ROH HATI JIWA PIKIRAN KEKUATAN TUBUH MENCIPTAKAN MEMILIKI MENGUASAI MENGATUR MENGAWASI MEMIMPIN MELAKSANAKAN MENYELAMATKAN MENJAGA MELINDUNGI MEMELIHARA MELESTARIKAN SEGALANYA SEMUANYA SELURUHNYA SEPENUHNYA SEGENAPNYA SELENGKAPNYA SEUTUHNYA SEKALIANNYA SEBANYAKNYA SEJUMLAHNYA DIMANA – MANA SELAMANYA MENCINTAI MENGASIHI MENYAYANGI MERINDUKAN MENYUKAI MENARIK MENGIKUTI MENGARUNIAKAN MENGHARAPKAN MENGIMANI MENGUDUSKAN MENJADI YESUS KRISTUS TUHAN ALLAH MAHA ESA KAKEK NENEK BAPAK IBU PUTRA PUTRI AMIN 12 x 12 : 12 + 12 - 12 = 12

    BalasHapus
  26. YESUS KRISTUS TUHAN ALLAH MAHA ESA ROH HATI JIWA PIKIRAN KEKUATAN TUBUH MENCIPTAKAN MEMILIKI MENGUASAI MENGATUR MENGAWASI MEMIMPIN MELAKSANAKAN MENYELAMATKAN MENJAGA MELINDUNGI MEMELIHARA MELESTARIKAN SEGALANYA SEMUANYA SELURUHNYA SEPENUHNYA SEGENAPNYA SELENGKAPNYA SEUTUHNYA SEKALIANNYA SEBANYAKNYA SEJUMLAHNYA DIMANA – MANA SELAMANYA MENCINTAI MENGASIHI MENYAYANGI MERINDUKAN MENYUKAI MENARIK MENGIKUTI MENGARUNIAKAN MENGHARAPKAN MENGIMANI MENGUDUSKAN MENJADI YESUS KRISTUS DISALIBKAN MENEBUS DOSA DOSA KAKEK NENEK BAPAK IBU PUTRA PUTRI 70 x 7 x

    BalasHapus
  27. YESUS KRISTUS TUHAN ALLAH MAHA ESA ROH HATI JIWA PIKIRAN KEKUATAN TUBUH MENCIPTAKAN MEMILIKI MENGUASAI MENGATUR MENGAWASI MEMIMPIN MELAKSANAKAN MENYELAMATKAN MENJAGA MELINDUNGI MEMELIHARA MELESTARIKAN SEGALANYA SEMUANYA SELURUHNYA SEPENUHNYA SEGENAPNYA SEBANYAKNYA SELENGKAPNYA SEUTUHNYA SEKALIANNYA SEDETAILNYA DIMANA – MANA SELAMANYA MENCINTAI MENGASIHI MENYAYANGI MERINDUKAN MENYUKAI MENARIK MENGARUNIAKAN MENGUDUSKAN MENGIMANI MENGHARAPKAN MENGIKUTI MENJADI YESUS KRISTUS TUHAN ALLAH MAHA ESA DISALIBKAN MENEBUS DOSA – DOSA UMAT MANUSIA AMEN

    BalasHapus
  28. Saya,ingin berbagi cerita disini dan moga ada pendapat2 dari kalian semua. Saya masih belum percaya sama yesus 100 %, akan tetapi pada saat saya ada hadapi masalah dalam hubungan cinta, ada seorang teman mengajak saya untuk mengenal yesus,disaat - saat kesedihan saya, saya berdoa pada tuhan yesus untuk membukaan hati saya dan beban yang ada dalam pikiran saya. Saya memohon tuhan yesus membantu untuk melepaskan semua beban yang ada di dalam hati saya. Saya di kecewakan oleh pasangan saya... dikarekan dia tidak jujur untuk membukaan hatinya. Bisa dikatakan dia ada teman wanita lain diluar yang sampai saat ini saya belum tahu kerahasiaanya. Ia takut saya bertemu dengannya dan takut juga saya tahu bahwa ia bertemuan dengan dia. Tiada Tempat saya mengadu saya bercurhat kepada tuhan yesus , memohon pentunjuk jalannya... . Sampai Saat ini kami berjalan ke normal. Cuman harapan saya sama dia sangat ragu apakah dia benar pasangan yang akan datang. Memohon Tuhan Yesus memberikan saya jalan keluar dari beban ini dan berikan saya jawaban ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba buka ini, mungkin bisa membantu www.pmkunpad.org/2013/02/renungan-tentang-pacaran-dan-pernikahan/

      Hapus
  29. YESUS KRISTUS TUHAN ALLAH MAHA ESA DIBUNUH, DITOMBAK, DIPAKU, DICAMBUK, DIPIKUL, DISALIBKAN, MENCIPTAKAN, MENYELAMATKAN, MEMELIHARA, MELINDUNGI, MENGUASAI, MEMILIKI MANUSIA, HEWAN, TUMBUHAN, MALAIKAT, SORGA, BUMI, MENGASIHI, MENGARUNIAKAN, MENGIMANI, MENGHARAPKAN, MENJADI YESUS

    BalasHapus
  30. YESUS KRISTUS TUHAN ALLAH MAHA ESA DIBUNUH, DITOMBAK, DIPAKU, DICAMBUK, DIPIKUL, DISALIBKAN, MENCIPTAKAN, MENYELAMATKAN, MEMELIHARA, MELINDUNGI, MENGUASAI, MEMILIKI MANUSIA, HEWAN, TUMBUHAN, MALAIKAT, SORGA, BUMI, MENGASIHI, MENGARUNIAKAN, MENGIMANI, MENGHARAPKAN, MENJADI YESUS

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  32. saya adalah seorang muslim dan saya sangat mencintai kalian semua..
    yang menjadi pertanyaan dalam pemikiran saya..banyak rasul rasul allah yang sudah di turunkan dan bermacam mukjizat yang di bawanya kenapa mereka tidak menjadi tuhan.?
    Nabi Ilyasa AS pernah menghidupkan orang mati yang tlah menjadi tulang belulang lebih dasyat lagi kenapa tidak menjadi tuhan..?
    ada suatu kali orang sedang menguburkan mayat. Ketika mereka melihat gerombolan datang, dicampakkan merekalah mayat itu ke dalam kubur Elisa, lalu pergi. Dan demi mayat itu kena kepada tulang-tulang Elisa, maka hiduplah ia kembali dan bangun berdiri.(Raja 13:21)
    nabi adam langsung di ciptakan allah tidak melalui seorang manusia yang mengandung lebih dasyat lagi kenapa tidak menjadi tuhan,,?
    banyak yang lebih dasyat mukjizat yang di berikan Allah pada rasul rasulnya sebelum dan sesuadah nya kenapa tidak mereka jadikan tuhan.?
    mohon maaf tolong di beri pencerahan nya.

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  34. saya seorang muslim yang sering membaca dan mempelajari Alkitab dan kitab suci Alqur,an.
    saya sangat kagum atas ajaran yang di bawa yesus isa Al-masih putra maryam itu sangatlah benar.
    begitu juga nabi muhammad Saw saya sangat kagum dan apa yang di sampaikan sangatlah benar.
    begitu juga dengan rasul rasul Allah yang tlah di turunkan nya sebelum mereka berdua termasuk nabi musa saya kagum dan saya percaya pada semua nya.apa yang mereka sampaikan adalah kalimat kalimat Allah langsung melewati mulut dan diri mereka.
    wahai saudaraku sesama mahluk allah.sebagai bahan pemikiran
    karna saya terlahir dalam keadaan muslim secara otomatis saya mempercayai apa yang di yakini dari kedua orang tua kita.
    begitu juga saudaraku terlahir dalam keadaan kristiani secara otomatis mempercayai apa yang di yakini dari kedua orang tua kita.
    begitu juga budha dan hindu tiada beda nya.
    agama islam berkata agamanya yang benar.????
    agama kristiani berkata agamanya yang benar.????
    agama budha?hindu berkata agamanya yang benar.????
    dan byk lgi agama agama yang lain nya.
    lalu yang mana yang benar????


    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak tahukah anda bahwa agama budha Dan Islam merujuk pada satu pribadi yg superior di atas imam besar agama masing2 itu Sang Budha Dan Nabi Muhammad..

      Hapus
  35. dari itulah saya mempelajari kitab injil dan Al,quran yang di turunkan Allah.
    sebagaimana:
    Pengakuan Yesus tentang diri-Nya sendiri
    Yohanes 10:30, Aku dan Bapa adalah satu.itu adalah benar tpi bukan 2 atau 3 yang di katakan yesus isa Al-masih putra maryam.
    *DALAM INJIL* :
    (Markus 12:30) sembahlah Tuhan, Allahmu, dengan segenap HATIMU dan dengan segenap JIWAMU dan dengan segenap AKAL budimu dan dengan segenap kekuatanmu.
    (Matius 4:10).“Maka berkatalah Yesus kepadanya :”Enyahlah Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan Allah, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”.
    (Yohanes 17:3) Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, SATU-SATUNYA ALLAH YANG BENAR dan mengenal yesus kristus yang engkau utus.
    "Bukan yang menyembah Aku (Yesus) yg akan masuk surga, melainkan yg mengikuti kehendak (menyembah) Tuhan (Allah)" (Injil Matius 7:21).

    *DALAM AL-QURAN*:
    Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah ialah Al Masih putera Maryam", padahal Al Masih (sendiri) berkata: "Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu." Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun.(Al Maa,idah 72)

    di dalam ajaran islam ada yang nama nya ilmu tauhid dan makrifat yaitu mengenal allah dan mengesakan nya dan tidak menyekutukanya atau menduakan nya semua bersumber dari ayat suci Al,quran yang sempurna dan terperinci.
    contoh kecil untuk memahami ayat tersebut:
    air adalah ombak dan ombak adalah air satu di antara keduanya tiada berpisah,
    tapi ombak tidak bisa menjadi air walaupun dia terbit daripada air karna air yang menciptakan ombak,
    bahkan beribu ribu ombak dapat ciptakan air karna air yang esa dan kuasa daripada ombak.ombak itulah bukti adanya air ombak itu lah kezahiran/nyata nya Air,ombak itu tdk bisa mnjadi air tpi air bisa menjadi ombak karna air terlebih dahulu daripada ombak.
    "tuhan adalah hamba dan hamba adalah tuhan".tuhan bisa menjadi hamba karna iya kuasa dan esa tpi hamba tidak bisa menjadi tuhan.karna tuhan terlebih dahulu ada sebelum hamba.lebih jelasnya cari guru tauhid dan makrifat di dlm ajaran islam itu adalah ilmu kesempurnaan di dalam islam.itu hanya contoh kecil.keesaan ombak itu ada pada air.
    bukan nya ombak yang kita sembah tetapi air lah yg menciptakan ombak.apabila ombak yang engkau sembah berarti kamu menduakan air.tidak mengesakan nya.
    itulah yang di ajarkan yesus isa_al masih putra maryam tpi kbykan orang tidak begitu memahami dan mengetahuinya maka turun lah Alqur,an kitab yang sempurna dan terperinci.firman Allah:
    Allah--tidak ada Tuhan melainkan Dia. Yang Hidup kekal lagi senantiasa berdiri sendiri.sebelum (Al quran), menjadi petunjuk bagi manusia, dan Dia menurunkan Al Furqaan. Sesungguhnya orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Allah akan memperoleh siksa yang berat; dan Allah Maha Perkasa lagi mempunyai balasan siksa.(qs ali imran3-4)
    firman Allah
    (1)Katakanlah, “Dialah Allah, Yang Maha Esa,
    (2)Allah tempat meminta segala sesuatu,
    (3)Dia tiada beranak dan tiada diperanakkan,
    (4)Dan tidak ada sesuatu pun yang setara dengan Dia. (Qs Al-Ikhlas ayat 1-4)

    BalasHapus
  36. Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik(menduakan nya), dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.An-Nisa’ Ayat:48

    BalasHapus
  37. AL QUR,AN TERJEMAHAN SURAH MARYAM
    1. Kaaf Haa Yaa ‘Ain Shaad[897].
    2. (yang dibacakan Ini adalah) penjelasan tentang rahmat Tuhan kamu kepada hamba-Nya, Zakaria,
    3. Yaitu tatkala ia berdoa kepada Tuhannya dengan suara yang lembut.
    4. Ia Berkata “Ya Tuhanku, Sesungguhnya tulangku Telah lemah dan kepalaku Telah ditumbuhi uban, dan Aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, Ya Tuhanku.
    5. Dan Sesungguhnya Aku khawatir terhadap mawaliku[898] sepeninggalku, sedang isteriku adalah seorang yang mandul, Maka anugerahilah Aku dari sisi Engkau seorang putera,
    6. Yang akan mewarisi Aku dan mewarisi sebahagian keluarga Ya’qub; dan jadikanlah ia, Ya Tuhanku, seorang yang diridhai”.
    7. Hai Zakaria, Sesungguhnya kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan Dia.
    8. Zakaria berkata: “Ya Tuhanku, bagaimana akan ada anak bagiku, padahal isteriku adalah seorang yang mandul dan Aku (sendiri) Sesungguhnya sudah mencapai umur yang sangat tua”.
    9. Tuhan berfirman: “Demikianlah”. Tuhan berfirman: “Hal itu adalah mudah bagi-Ku; dan Sesunguhnya Telah Aku ciptakan kamu sebelum itu, padahal kamu (di waktu itu) belum ada sama sekali”.
    10. Zakaria berkata: “Ya Tuhanku, berilah Aku suatu tanda”. Tuhan berfirman: “Tanda bagimu ialah bahwa kamu tidak dapat bercakap-cakap dengan manusia selama tiga malam, padahal kamu sehat”.
    11. Maka ia keluar dari mihrab menuju kaumnya, lalu ia memberi isyarat kepada mereka; hendaklah kamu bertasbih di waktu pagi dan petang.
    12. Hai Yahya, ambillah[899] Al Kitab (Taurat) itu dengan sungguh-sungguh. dan kami berikan kepadanya hikmah[900] selagi ia masih kanak-kanak,
    13. Dan rasa belas kasihan yang mendalam dari sisi kami dan kesucian (dan dosa). dan ia adalah seorang yang bertakwa,
    14. Dan seorang yang berbakti kepada kedua orang tuanya, dan bukanlah ia orang yang sombong lagi durhaka.
    15. Kesejahteraan atas dirinya pada hari ia dilahirkan dan pada hari ia meninggal dan pada hari ia dibangkitkan hidup kembali.
    16. Dan Ceritakanlah (kisah) Maryam di dalam Al Quran, yaitu ketika ia menjauhkan diri dari keluarganya ke suatu tempat di sebelah timur,
    17. Maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu kami mengutus roh Kami[901] kepadanya, Maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna.
    18. Maryam berkata: “Sesungguhnya Aku berlindung dari padamu kepada Tuhan yang Maha pemurah, jika kamu seorang yang bertakwa”.
    19. Ia (Jibril) berkata: “Sesungguhnya Aku Ini hanyalah seorang utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci”.
    20. Maryam berkata: “Bagaimana akan ada bagiku seorang anak laki-laki, sedang tidak pernah seorang manusiapun menyentuhku dan Aku bukan (pula) seorang pezina!”

    BalasHapus
    Balasan
    1. 21. Jibril berkata: “Demikianlah”. Tuhanmu berfirman: “Hal itu adalah mudah bagiKu; dan agar dapat kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan”.
      22. Maka Maryam mengandungnya, lalu ia menyisihkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh.
      23. Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia berkata: “Aduhai, alangkah baiknya Aku mati sebelum ini, dan Aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan”.
      24. Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: “Janganlah kamu bersedih hati, Sesungguhnya Tuhanmu Telah menjadikan anak sungai di bawahmu.
      25. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu,
      26. Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. jika kamu melihat seorang manusia, Maka Katakanlah: “Sesungguhnya Aku Telah bernazar berpuasa untuk Tuhan yang Maha pemurah, Maka Aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini”.
      27. Maka Maryam membawa anak itu kepada kaumnya dengan menggendongnya. kaumnya berkata: “Hai Maryam, Sesungguhnya kamu Telah melakukan sesuatu yang amat mungkar.
      28. Hai saudara perempuan Harun[902], ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina”,
      29. Maka Maryam menunjuk kepada anaknya. mereka berkata: “Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih di dalam ayunan?”
      30. Berkata Isa: “Sesungguhnya Aku Ini hamba Allah, dia memberiku Al Kitab (Injil) dan dia menjadikan Aku seorang nabi,
      31. Dan dia menjadikan Aku seorang yang diberkati di mana saja Aku berada, dan dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama Aku hidup;
      32. Dan berbakti kepada ibuku, dan dia tidak menjadikan Aku seorang yang sombong lagi celaka.
      33. Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari Aku dilahirkan, pada hari Aku meninggal dan pada hari Aku dibangkitkan hidup kembali”.
      34. Itulah Isa putera Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya.
      35. Tidak layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. apabila dia Telah menetapkan sesuatu, Maka dia Hanya Berkata kepadanya: “Jadilah”, Maka jadilah ia.
      36. Sesungguhnya Allah adalah Tuhanku dan Tuhanmu, Maka sembahIah dia oleh kamu sekalian. Ini adalah jalan yang lurus.
      37. Maka berselisihlah golongan-golongan (yang ada) di antara mereka[903]. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang kafir pada waktu menyaksikan hari yang besar.
      38. Alangkah terangnya pendengaran mereka dan alangkah tajamnya penglihatan mereka pada hari mereka datang kepada kami. tetapi orang-orang yang zalim pada hari Ini (di dunia) berada dalam kesesatan yang nyata.
      39. Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan, (yaitu) ketika segala perkara Telah diputus. dan mereka dalam kelalaian dan mereka tidak (pula) beriman.
      40. Sesungguhnya kami mewarisi bumi[904] dan semua orang-orang yang ada di atasnya, dan Hanya kepada kamilah mereka dikembalikan.

      Hapus
    2. 41. Ceritakanlah (hai Muhammad) kisah Ibrahim di dalam Al Kitab (Al Quran) ini. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan[905] lagi seorang nabi.
      42. Ingatlah ketika ia Berkata kepada bapaknya; “Wahai bapakku, Mengapa kamu menyembah sesuatu yang tidak mendengar, tidak melihat dan tidak dapat menolong kamu sedikitpun?
      43. Wahai bapakku, Sesungguhnya Telah datang kepadaku sebahagian ilmu pengetahuan yang tidak datang kepadamu, Maka ikutilah aku, niscaya Aku akan menunjukkan kepadamu jalan yang lurus.
      44. Wahai bapakku, janganlah kamu menyembah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu durhaka kepada Tuhan yang Maha Pemurah.
      45. Wahai bapakku, Sesungguhnya Aku khawatir bahwa kamu akan ditimpa azab dari Tuhan yang Maha pemurah, Maka kamu menjadi kawan bagi syaitan”.
      46. Berkata bapaknya: “Bencikah kamu kepada tuhan-tuhanku, Hai Ibrahim? jika kamu tidak berhenti, Maka niscaya kamu akan kurajam, dan tinggalkanlah Aku buat waktu yang lama”.
      47. Berkata Ibrahim: “Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu, Aku akan memintakan ampun bagimu kepada Tuhanku. Sesungguhnya dia sangat baik kepadaku.
      48. Dan Aku akan menjauhkan diri darimu dan dari apa yang kamu seru selain Allah, dan Aku akan berdoa kepada Tuhanku, Mudah-mudahan Aku tidak akan kecewa dengan berdoa kepada Tuhanku”.
      49. Maka ketika Ibrahim sudah menjauhkan diri dari mereka dan dari apa yang mereka sembah selain Allah, kami anugerahkan kepadanya Ishak, dan Ya’qub. dan masing-masingnya kami angkat menjadi nabi.
      50. Dan kami anugerahkan kepada mereka sebagian dari rahmat kami dan kami jadikan mereka buah tutur yang baik lagi Tinggi.
      51. Dan Ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka), kisah Musa di dalam Al Kitab (Al Quran) ini. Sesungguhnya ia adalah seorang yang dipilih dan seorang Rasul dan nabi.
      52. Dan kami Telah memanggilnya dari sebelah kanan gunung Thur dan kami Telah mendekatkannya kepada kami di waktu dia munajat (kepada Kami).
      53. Dan kami Telah menganugerahkan kepadanya sebagian rahmat kami, yaitu saudaranya, Harun menjadi seorang nabi.
      54. Dan Ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka) kisah Ismail (yang tersebut) di dalam Al Quran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang benar janjinya, dan dia adalah seorang Rasul dan nabi.
      55. Dan ia menyuruh ahlinya[906] untuk bersembahyang dan menunaikan zakat, dan ia adalah seorang yang diridhai di sisi Tuhannya.
      56. Dan Ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka, kisah) Idris (yang tersebut) di dalam Al Quran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang nabi.
      57. Dan kami Telah mengangkatnya ke martabat yang Tinggi.
      58. Mereka itu adalah orang-orang yang Telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari orang-orang yang Telah kami beri petunjuk dan Telah kami pilih. apabila dibacakan ayat-ayat Allah yang Maha Pemurah kepada mereka, Maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.
      59. Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, Maka mereka kelak akan menemui kesesatan,
      60. Kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh, Maka mereka itu akan masuk syurga dan tidak dianiaya (dirugikan) sedikitpun,

      Hapus
    3. 61. Yaitu syurga ‘Adn yang Telah dijanjikan oleh Tuhan yang Maha Pemurah kepada hamba-hamba-Nya, sekalipun (syurga itu) tidak nampak. Sesungguhnya janji Allah itu pasti akan ditepati.
      62. Mereka tidak mendengar perkataan yang tak berguna di dalam syurga, kecuali Ucapan salam. bagi mereka rezkinya di syurga itu tiap-tiap pagi dan petang.
      63. Itulah syurga yang akan kami wariskan kepada hamba-hamba kami yang selalu bertakwa.
      64. Dan tidaklah kami (Jibril) turun, kecuali dengan perintah Tuhanmu. kepunyaan-Nya-lah apa-apa yang ada di hadapan kita, apa-apa yang ada di belakang kita dan apa-apa yang ada di antara keduanya, dan tidaklah Tuhanmu lupa.
      65. Tuhan (yang menguasai) langit dan bumi dan apa-apa yang ada di antara keduanya, Maka sembahlah dia dan berteguh hatilah dalam beribadat kepada-Nya. apakah kamu mengetahui ada seorang yang sama dengan dia (yang patut disembah)?
      66. Dan Berkata manusia: “Betulkah apabila Aku Telah mati, bahwa Aku sungguh-sungguh akan dibangkitkan menjadi hidup kembali?”
      67. Dan Tidakkah manusia itu memikirkan bahwa Sesungguhnya kami Telah menciptakannya dahulu, sedang ia tidak ada sama sekali?
      68. Demi Tuhanmu, Sesungguhnya akan kami bangkitkan mereka bersama syaitan, Kemudian akan kami datangkan mereka ke sekeliling Jahannam dengan berlutut.
      69. Kemudian pasti akan kami tarik dari tiap-tiap golongan siapa di antara mereka yang sangat durhaka kepada Tuhan yang Maha Pemurah.
      70. Dan Kemudian kami sungguh lebih mengetahui orang-orang yang seharusnya dimasukkan ke dalam neraka.
      71. Dan tidak ada seorangpun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan.
      72. Kemudian kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertakwa dan membiarkan orang-orang yang zalim di dalam neraka dalam keadaan berlutut.
      73. Dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat kami yang terang (maksudnya), niscaya orang-orang yang kafir Berkata kepada orang-orang yang beriman: “Manakah di antara kedua golongan (kafir dan mukmin) yang lebih baik tempat tinggalnya dan lebih indah tempat pertemuan(nya)?”
      74. Berapa banyak umat yang Telah kami binasakan sebelum mereka[907], sedang mereka adalah lebih bagus alat rumah tangganya dan lebih sedap di pandang mata.
      75. Katakanlah: “Barang siapa yang berada di dalam kesesatan, Maka Biarlah Tuhan yang Maha Pemurah memperpanjang tempo baginya[908]; sehingga apabila mereka Telah melihat apa yang diancamkan kepadanya, baik siksa maupun kiamat, Maka mereka akan mengetahui siapa yang lebih jelek kedudukannya dan lebih lemah penolong-penolongnya”.
      76. Dan Allah akan menambah petunjuk kepada mereka yang Telah mendapat petunjuk. dan amal-amal saleh yang kekal itu lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu dan lebih baik kesudahannya.
      77. Maka apakah kamu Telah melihat orang yang kafir kepada ayat-ayat kami dan ia mengatakan: “Pasti Aku akan diberi harta dan anak”.
      78. Adakah ia melihat yang ghaib atau ia Telah membuat perjanjian di sisi Tuhan yang Maha Pemurah?,
      79. Sekali-kali tidak, kami akan menulis apa yang ia katakan, dan benar-benar kami akan memperpanjang azab untuknya,
      80. Dan kami akan mewarisi apa yang ia katakan itu[909], dan ia akan datang kepada kami dengan seorang diri.

      Hapus
    4. 81. Dan mereka Telah mengambil sembahan-sembahan selain Allah, agar sembahan-sembahan itu menjadi pelindung bagi mereka,
      82. Sekali-kali tidak. kelak mereka (sembahan-sembahan) itu akan mengingkari penyembahan (pengikut-pengikutnya) terhadapnya, dan mereka (sembahan-sembahan) itu akan menjadi musuh bagi mereka.
      83. Tidakkah kamu lihat, bahwasanya kami Telah mengirim syaitan-syaitan itu kepada orang-orang kafir untuk menghasung mereka berbuat ma’siat dengan sungguh-sungguh?,
      84. Maka janganlah kamu tergesa-gesa memintakan siksa terhadap mereka, Karena Sesungguhnya kami Hanya menghitung datangnya (hari siksaan) untuk mereka dengan perhitungan yang teliti.
      85. (Ingatlah) hari (ketika) kami mengumpulkan orang-orang yang takwa kepada Tuhan yang Maha Pemurah sebagai perutusan yang terhormat,
      86. Dan kami akan menghalau orang-orang yang durhaka ke neraka Jahannam dalam keadaan dahaga.
      87. Mereka tidak berhak mendapat syafa’at kecuali orang yang Telah mengadakan perjanjian di sisi Tuhan yang Maha Pemurah[910].
      88. Dan mereka berkata: “Tuhan yang Maha Pemurah mengambil (mempunyai) anak”.
      89. Sesungguhnya kamu Telah mendatangkan sesuatu perkara yang sangat mungkar,
      90. Hampir-hampir langit pecah Karena Ucapan itu, dan bumi belah, dan gunung-gunung runtuh,
      91. Karena mereka menda’wakan Allah yang Maha Pemurah mempunyai anak.
      92. Dan tidak layak bagi Tuhan yang Maha Pemurah mengambil (mempunyai) anak.
      93. Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi, kecuali akan datang kepada Tuhan yang Maha Pemurah selaku seorang hamba.
      94. Sesungguhnya Allah Telah menentukan jumlah mereka dan menghitung mereka dengan hitungan yang teliti.
      95. Dan tiap-tiap mereka akan datang kepada Allah pada hari kiamat dengan sendiri-sendiri.
      96. Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah yang Maha Pemurah[911] akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang.
      97. Maka Sesungguhnya Telah kami mudahkan Al Quran itu dengan bahasamu, agar kamu dapat memberi kabar gembira dengan Al Quran itu kepada orang-orang yang bertakwa, dan agar kamu memberi peringatan dengannya kepada kaum yang membangkang.
      98. Dan berapa banyak Telah kami binasakan umat-umat sebelum mereka. Adakah kamu melihat seorangpun dari mereka atau kamu dengar suara mereka yang samar-samar?

      Hapus
  38. surah AL-maidah terjemahan 5:60-93
    60. Katakanlah: “Apakah akan aku beritakan kepadamu tentang orang-orang yang lebih buruk pembalasannya dari (orang-orang fasik) itu disisi Allah, yaitu orang-orang yang dikutuki dan dimurkai Allah, diantara mereka (ada) yang dijadikan kera dan babi 424 (dan orang yang) menyembah Taghut?”. Mereka itu lebih buruk tempatnya dan lebih tersesat dari jalan yang lurus. (QS. 5:60)
    61. Dan apabila orang-orang (Yahudi atau munafik) datang kepadamu, mereka mengatakan: “Kami telah beriman”, padahal mereka datang kepada kamu dengan kekafirannya dan mereka pergi (daripada kamu) dengan kekafirannya (pula); dan Allah lebih mengetahui apa yang mereka sembunyikan. (QS. 5:61)
    62. Dan kamu akan melihat kebanyakan dari mereka (orang-orang Yahudi) bersegera membuat dosa, permusuhan dan memakan yang haram 425. Sesungguhnya amat buruk apa yang mereka telah kerjakan itu. (QS. 5:62)
    63. Mengapa orang-orang alim mereka, pendeta-pendeta mereka tidak melarang mereka mengucapkan perkataan bohong dan memakan yang haram? Sesungguhnya amat buruk apa yang telah mereka kerjakan itu. (QS. 5:63)
    64. Orang-orang Yahudi berkata: “Tangan Allah terbelenggu 426″, sebenarnya tangan merekalah yang dibelenggu 427 dan merekalah yang dilaknat disebabkan apa yang telah mereka katakan itu. (Tidak demikian), tetapi kedua-dua tangan Allah terbuka; Dia menafkahkan sebagaimana Dia kehendaki. Dan Al-Qur’an yang diturunkan kepadamu dari Rabbmu sungguh-sungguh akan menambah kedurhakaan dan kekafiran bagi kebanyakan diantara mereka. Dan Kami telah timbulkan permusuhan dan kebencian diantara mereka sampai hari kiamat. Setiap mereka menyalakan api peperangan, Allah memadamkannya dan mereka berbuat kerusakan dimuka bumi dan Allah tidak menyukai orang-orang yang membuat kerusakan. (QS. 5:64)
    65. Dan sekiranya Ahli Kitab beriman dan bertaqwa, tentulah Kami tutup (hapus) kesalahan-kesalahan mereka dan tentulah Kami masukkan mereka ke dalam surga-surga yang penuh keni’matan. (QS. 5:65)
    66. Dan sekiranya mereka sungguh-sungguh menjalankan (hukum) Taurat, Injil dan (Al-Qur’an) yang diturunkan kepada mereka dari Rabbnya, niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka 428. Diantara mereka ada golongan yang pertengahan 429. Dan alangkah buruknya apa yang dikerjakan oleh kebanyakan mereka. (QS. 5:66)
    67. Hai Rasul, sampaikan apa yang diturunkan kepadamu dari Rabbmu. Dan jika tidak kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan amanat-Nya. Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia 430. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir. (QS. 5:67)
    68. Katakanlah: “Hai Ahli Kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil dan Al-Qur’an yang diturunkan kepadamu dari Rabbmu”. Sesungguhnya apa yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dari Rabbmu akan menambah kedurhakaan dan kekafiran kepada kebanyakan dari mereka; maka janganlah kamu bersedih hati terhadap orang-orang yang kafir itu. (QS. 5:68)
    69. Sesungguhnya orang-orang mu’min, orang-orang Yahudi, Shabiin dan orang-orang Nasrani, siapa saja 431 (diantara mereka) yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (QS. 5:69)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
    2. 70. Sesungguhnya Kami telah mengambil perjanjian dari Bani Israil 432, dan telah Kami utus kepada mereka rasul-rasul. Tetapi setiap datang seorang rasul kepada mereka dengan membawa apa yang tidak diingini oleh hawa nafsu mereka, (maka) sebagian dari rasul-rasul itu mereka dustakan dan sebagian yang lain mereka bunuh. (QS. 5:70)
      71. Dan mereka mengira bahwa tidak akan terjadi suatu bencanapun (terhadap mereka dengan membunuh nabi-nabi itu), maka (karena itu) mereka menjadi buta dan pekak, kemudian Allah menerima taubat mereka, kemudian kebanyakan dari mereka buta dan tuli (lagi). Dan Allah Maha Melihat apa yang mereka kerjakan. (QS. 5:71)
      72. Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya Allah ialah Al-Masih putera Maryam”, padahal Al-Masih (sendiri) berkata: “Hai Bani Israil, sembahlah Allah Rabbku dan Rabbmu”. Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun. (QS. 5:72)
      73. Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: “Bahwasanya Allah salah satu dari yang tiga”, padahal sekali-kali tidak ada Ilah (yang kelak berhak disembah) selain Ilah Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir diantara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih. (QS. 5:73)
      74. Maka mengapa mereka tidak bertaubat kepada Allah dan memohon ampun kepada-Nya? Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. 5:74)
      75. Al-Masih putera Maryam itu hanyalah seorang Rasul yang sesungguhnya telah berlalu sebelumnya beberapa rasul, dan ibunya seorang yang sangat benar, kedua-duanya biasa memakan makanan 433. Perhatikan bagaimana Kami menjelaskan kepada mereka (ahli Kitab) tanda-tanda kekuasaan (Kami), kemudian perhatikanlah bagaimana mereka berpaling (dari memperhatikan ayat-ayat Kami itu). (QS. 5:75)
      76. Katakanlah: “Mengapa kamu menyembah selain daripada Allah, sesuatu yang tidak dapat memberi mudharat kepadamu dan tidak (pula) memberi manfa’at?” Dan Allah-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. 5:76)
      77. Katakanlah: “Hai Ahli Kitab, janganlah kamu berlebih-lebihan (melampaui batas) dengan cara tidak benar dalam agamamu. Dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu orang-orang yang telah sesat dahulunya (sebelum kedatangan Muhammad) dan mereka telah menyesatkan kebanyakan (manusia), dan mereka tersesat dari jalan yang lurus”. (QS. 5:77)
      78. Telah dilaknati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Daud dan ‘Isa putera Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas. (QS. 5:78)
      79. Mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan munkar yang mereka perbuat. Sesungguhnya amat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu. (QS. 5:79)
      80. Kamu melihat kebanyakan dari mereka tolong-menolong dengan orang-orang

      Hapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  40. yang kafir (musyrik). Sesungguhnya amat buruklah apa yang mereka sediakan untuk diri mereka, yaitu kemurkaan Allah kepada mereka; dan mereka akan kekal dalam siksaan. (QS. 5:80)
    81. Sekiranya mereka beriman kepada Allah, kepada Nabi (Musa) dan kepada apa yang diturunkan kepadanya (Nabi), niscaya mereka tidak akan mengambil orang-orang musyrikin itu menjadi penolong-penolong, tapi kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang fasik. (QS. 5:81)
    82. Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya kami ini orang Nasrani”. Yang demikian itu disebabkan karena diantara mereka itu (orang-orang Nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rabib-rabib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menyombongkan diri. (QS. 5:82)
    83. Dan apabila mereka mendengarkan apa yang diturunkan kepada Rasul (Muhammad), kamu lihat mata mereka mencucurkan air mata disebabkan kebenaran (Al-Qur’an) yang telah mereka ketahui (dari kitab-kitab mereka sendiri); seraya berkata: “Ya Rabb kami, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Al-Qur’an dan kenabian Muhammad saw). (QS. 5:83)
    84. Mengapa kami tidak akan beriman kepada Allah dan kepada kebenaran yang datang kepada kami, padahal kami sangat ingin agar Rabb kami memasukkan kami ke dalam golongan orang-orang yang saleh?” (QS. 5:84)
    85. Maka Allah memberi mereka pahala terhadap perkataan yang mereka ucapkan, (yaitu) surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Dan itulah balasan (bagi) orang-orang yang berbuat kebaikan (yang ikhlas keimanannya). (QS. 5:85)
    86. Dan orang-orang kafir serta mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itulah penghuni neraka. (QS. 5:86)
    87. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. (QS. 5:87)
    88. Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezkikan kepadamu, dan bertaqwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya. (QS. 5:88)
    89. Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah), tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang disengaja, maka kaffarat (melanggar) sumpah itu, ialah memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau memberi pakaian kepada mereka atau memerdekakan seorang budak. Barangsiapa tidak sanggup melakukan yang demikian, maka kaffaratnya puasa selama tiga hari. Yang demikian itu adalah kaffarat sumpah-sumpahmu bila kamu bersumpah (dan kamu langgar). Dan jagalah sumpahmu. Demikian Allah menerangkan kepadamu hukum-hukum-Nya agar kamu bersyukur (kepada-Nya). (QS. 5:89)
    90. Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah 434, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. (QS. 5:90)
    91. Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian diantara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan shalat; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu). (QS. 5:91)
    92. Dan ta’atlah kamu kepada Allah dan ta’atlah kepada Rasul-(Nya) dan berhati-hatilah. Jika kamu berpaling, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya kewajiban Rasul Kami, hanyalah menyampaikan (amanat Allah) dengan terang. (QS. 5:92)
    93. Tidak ada dosa bagi orang-orang yang beriman dan mengerjakan amalan yang saleh karena memakan makanan yang telah mereka makan dahulu, apabila mereka bertaqwa serta beriman, dan mengerjakan amalan-amalan yang saleh, kemudian mereka (tetap juga) bertaqwa dan berbuat kebajikan. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (QS. 5:93)

    BalasHapus
  41. Syalom semua saudara & saudari yg kukasihi dalam Kristus, saya mau share, atau mungkin menegaskan aja dari yg saya lihat soal pertanyaan apakah Yesus = Allah, dan berbagai kutipan2 ayat dari alkitab / alquran.

    Coba sebelumnya kita pahami lagi, ingat2 dasar2nya, Yesus datang buat apa ? Buat menebus dosa manusia. Mungkinkah seorang yg berdosa darahNya dicurahkan & tubuhNya dikoyakan u/ menebus semua manusia ? TENTU TIDAK, hanya karna Yesus a/ Firman & Anak Allah yg hidup, maka Ia tak pernah berdosa selama di bumi.

    Apa hubungannya ??? Hubungannya, Dia sudah berkata kalau Dia & Bapa A/ Satu, dan tentunya Dia tidak mungkin berbohong, karna Dia Allah :) atau simpelnya, kalau kita tahu, Dia bukan Allah, adakah manusia yg bisa tidak berbuat dosa selama 33,5 tahun, 1 pun ? Adakah manusia yg rela tidak memberi pembelaan u/ mati di kayu salib padahal dia sama sekali tak bersalah ? Adakah kuasa manusia sanggup mengusir iblis ? Adakah manusia yg mampu 40 hari sama sekali tidak makan & minum ? ( Menurut ilmu pengetahuan, stau saya 7 hari ga minum aja udh berpulang ). Adakah manusia yg sanggup u/ membawa salib walau udh bener2 sekarat sejauh itu ?
    Mari kita renungkan lebih dalam, minta hikmat Tuhan bukakan, supaya ada hati yang lembut buat tiap kita yg baca ini.

    Hikmat Tuhan ga terbatas, hikmat kita terbatas. Kita ga bisa ngerti semua yg Tuhan mau ( pengkotbah 3 : 11 ), dan kita ga bisa asal comot ayat, kita harus baca dari kejadian 1 : 1 - wahyu 22 : 21 dengan hikmat dari Tuhan. Dia sudah bersabda, bilang Dia & Bapa a/ 1, dan itu tidak terbantahkan buat saya, saya harap buat semua juga :) Tuhan ga pernah bohong, itu yg saya alami & lewati bersama Dia.

    Dan kalau soal agama, tiap penganut agama biasanya mati2an mempertahankan keyakinannya, tapi itu gak penting & bukan poin. Tuhan itu 1, apapun agamanya, cuma lewat Yesus ada keselamatan itu :) cuma lewat Tuhan yg udh berkorban buat umatnya, disiksa, mati namun bangkit lagi pada hari yg ke 3, ada kuasa, pengampunan & keselamatan. Yesus ga bilang org kristen yg masuk surga, tapi yg percaya Dia a/ Juruselamat, mengaku dgn perbuatan & iman, melakukan kehendakNya, itu 1 paket :) saat kita udh percaya Dia ( percaya bukan konteks sekedar percaya, tapi tau inti2nya ), otomatis akan ada kuasa Roh Kudus bermanifestasi & memampukan kita jadi pelaku kehendak2Nya.

    Dan mungkin masih ada yg mendebat, soal Yesus bilang hanya Bapa yg tau hari kiamat, dll, namun kita terlebih dulu hrs paham, Allah itu Tritunggal, bsa diliat disini : http://tanyaalkitab.blogspot.com/2013/01/penjelasan-singkat-tritunggal.html?m=1 . Bapa, Yesus, Roh Kudus ibarat 1 ruangan, mempunyai panjang, lebar & tinggi, tanpa 1 komponen dri itu, itu bukan ruangan, dan tidak bisa dipisahkan, kurang lebih seperti itu :)

    Kita sebagai manusia hendaknya punya hati yg lembut, saat Dia ingatkan, kalo Dia memang a/ Tuhan, Dia & Bapa a/ satu, jgn mencoba analisi dengan hikmat sendiri yg terbatas, tapi berbahagialah org yg percaya walau ga melihat :) kita mungkin ga ngerti dengan hikmat kita, tapi minta hikmat dri Tuhan & hati yg lembut.

    Saya berdoa & berharap bahkan yakin, Tuhan yg akan membuka hati tiap kita, karna Dia menghendaki semua jiwa, tanpa 1 jiwa pun selamat & tidak ada yg binasa, Bapa, Yesus, Roh Kudus A/ 1, bukan 3, dan Yesus = Tuhan :) God bless you :)

    BalasHapus
  42. katanya Yesus dan Bapa adalah satu ... silakan lihat kesaksian ini .... ada brapa tuhan yang sedang mejeng ???

    Kisah 7:55 Tetapi Stefanus, yang penuh dengan Roh Kudus, menatap ke langit, lalu melihat kemuliaan Allah dan Yesus berdiri di sebelah kanan Allah

    BalasHapus
  43. kenapa ya anak islam sering masuk/comment artikel Kristen ? heran gw :D wkwk

    Btw, trima ksih aja untuk islam comentnya, Percuma dan ngga ngaruh :p

    Tetap YESUS itu TUHAN !! sang Juruslamat

    BalasHapus
  44. @All : Yesus sendiri adalah Tuhan. Dia sudah mengosongkan Ke Allahannya untuk menjadi Manusia karna begitu besar kasihNya akan Dunia ini sehingga DIA(Allah)turun ke Bumi dan menjadi sama dengan Manusia untuk menebus Dosa Manusia, karna pada mulanya Jaman Adam dan Hawa diciptakan dan terjatuh dalam Dosa.. Hubungan Manusia dan ALLAH itu terputus, maka Adam dan Hawa diusir dari taman Eden dan harus bersusah payah untuk Pria(harus bersusah payah mencari nafkah) dan untuk Wanita (harus bersusah payah dan kesakitan dalam Persalinan). maka dari itu dengan Yesus yg adalah ALLAH itu sendiri Turun ke Bumi ini untuk menjadi Pendamai . Ingatlah bahwa tidak ada jalan lain yg menuju Keselamatan Selain YESUS itu sendiri. karna DIA lah JURUSELAMAT UMAT MANUSIA. Percayalah agar Engkau Selamat. Tuhan Memberkati

    BalasHapus
  45. Matius 3:17, lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."

    Markus 1:11, Lalu terdengarlah suara dari sorga: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan."

    Lukas 3:22, dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah suara dari langit: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan."

    1. Sebenarnya suara yg dr surga itu suara siapa ?
    Tuhan?
    Masa tuhan berbicara dgn tuhan

    2. Roh kudus/ Tuhan mewujudkan diri sbagai merpati dan naik di pundak/kepala Yesus

    Lalu terdengar suara dari langit

    Nah Tuhannya brrti ada 3 :
    1. Yesus
    2. Roh kudus yg berupa mnjadi mrpati
    3. Suara yg di langit (suara Tuhan)

    BalasHapus
  46. وَ إِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ لاَّ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيْم
    (163) Dan Tuhan kamu itu adalah Tuhan Yang Maha Esa . Tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Maha Murah, lagi Maha Penyayang.

    BalasHapus
  47. إِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَ الْأَرْضِ وَ اخْتِلاَفِ اللَّيْلِ وَ النَّهَارِ وَ الْفُلْكِ الَّتِيْ تَجْرِيْ فِي الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ النَّاسَ وَ مَا أَنْزَلَ اللهُ مِنَ السَّمَاء مِنْ مَّاء فَأَحْيَى بِهِ الْأرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَ بَثَّ فِيْهَا مِنْ كُلِّ دَآبَّةٍ وَ تَصْرِيْفِ الرِّيَاحِ وَ السَّحَابِ الْمُسَخِّرِ بَيْنَ السَّمَاءِ وَ الْأَرْضِ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَعْقِلُوْنَ
    (164) Sesungguhnya pada kejadian semua langit dan bumi dan perubahan malam dan siang d an kapal yang berlayar di lautan membawa barang yang bermanfaat bagi manusia, dan apa yang diturunkan Allah dari langit dari ada air, maka dihidupkanNya dengan (air) itu bumi, sesudah matinya , seraya disebarkanNya padanya dari tiap-tiap jenis binatang, dan peredaran angin, dan awan yang diperintah di antara langit dan bumi; adalah semua­nya itu tanda-tanda bagi kaum yang berakal.

    BalasHapus
  48. Suroh Ali-Imran Ayat 18 - 20




    (18) Allah telah menjelaskan bahwa tiada Tuhan selain Dia. Demikianpun malaikat dan orang-orang berilmu; bahwa Dia berdiri dengan keadilan. Tidaklah ada Tuhan selain Dia. Maha gagah lagi Bijaksana.


    (19) Sesungguhnya yang agama di sisi Allah ialah Islam . Tetapi tidaklah berselisih orang-orang yang diberi kitab itu, melainkan sesudah didatang kan kepada mereka ilmu, lantaran pelanggaran batas di antara mereka. Dan barangsiapa yang kufur terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah adalah amat cepat perhitunganNya.


    (20) Maka jika mereka membantah engkau, katakanlah: Aku telah menyerah diri kepada Allah , demikian juga orang-­orang yang mengikutku. Dan tanyakanlah kepada or­ang-orang yang telah diberi kitab itu dan kepada orang-­orang yang ummi: sudahkah kamu menyerah diri ? Maka jika mereka telah menyerah diri , maka sesungguhnya telah mendapat petunjuk lah mereka. Dan jika mereka berpaling , maka tidak lain kewajiban engkau, hanyalah menyampaikan ; dan Allah adalah amat memandang kepada hambaNya.

    BalasHapus
  49. Stelah sekitar 500 tahun brlalu pasca kmatian Kristus. Agama Islam pun dtg, bkn dgn jalan menyempurnakan agama2 yg trdahulu ttapi merombak Dan merevisi. Itu yg pertama.
    Yg k2 adlh, bhwa pernyataan Tuhan dlm kitab Kejadian yg mengatakan kpd Abrahan utk mengorbankan anaknya yg TUNGGAL atau dlm bhs inggris THE ONLY SON, telah gagal dtafsirkan oleh veteran2 Islam. Ingtlah bkn kpd Hagar Dan Ismael Allah pertama x mmberikan janjinya tp kepada Sara Dan Isaac. Meskipun Ismael lhr lbh Dulu Dan Isak yg kmudian, Allah ttp brpegang pada prkataannya yg smula. Krn jikalau tdk demikian maka Allah bknlah Tuhan yg komit pada janjinya hanya krn kebodohan Sara Dan Abraham yg tidak setia menanti janji Tuhan. Perhatikanlah cerita nabi Yakub yg mmiliki 4 istri Dan 12 putra. Kpd kturunan yg kberapa Allah brkenan? Hnya kpd anak yg lhr Dr istri yg dcintainya, Yusuf bin Rachel. Jika dlm cerita Abraham Allah menghendaki Anak Sulung, tentulah bukan Yusuf yg akan menjadi Raja Mesir tetapi anak pertamanya.
    Yg k3 adlh pelurusan sejarah, logikanya jika anak perjanjian itu adlah Ismael (menurut veteran Islam) maka yg dikatakan mesias itu sudah pasti tidak berhenti pada Yesus(kturunan Isak). maka Dr itu lhr nabi Nuhammad(kturunan Ismael) sbagai nabi trakhir.

    BalasHapus
  50. I am moslem, wahai sodaraku nasrani maaf saya tidak berkata kristen karena kristen bukan ajaran yesus, baiklah kalau Yesus itu adalah Tuhan siapa yang berperan mengatur dunia ini selama Tuhan menjadi yesus manusia, yesus hidup di israel sodaraku terus siapa yang megatur kehidupan hewan,tumbuhan,bintang,matahari,di arab,air laut dan isinya, ingat sodarku Tuhan sedang menjadi manusia,siapa yg mendengar dan mengabulkan doa doa manusia yang baik si luar israel sodarku,,,saat Tuhan turun menjadi sosok menusia,saat yesus mati di tiang salib, siapakah yang memegang peranan dalam,kehidupan dunia sodaraku,,,siapa? Dialah Allah,SodarKu pernahkah kalian membaca al kitab sampai selesai dan menghayatinya,al kitab apa, markus,yahones,matius, dll kah, sodarku kebenaran tidak perlu kalian cari dalam al quran karena terlalu memaksakan kehendak kami moslem, saya hanya berharap kalian membca alkitb sepenuhnya dan semuanya dalam berbagai keluaran,,di situ anda akan tau siapa Yesus sbenarnya,,,

    BalasHapus
  51. Saudara Iskandar, bagaimana Kah kami dpt lbh pintar dari pada cendekiawan Muslim. Krn Qur'an bknlah Kitab pegangan yg kami imani,, sekalipun kami membacanya,, kalian lbh pintar mntafsirkannya. Sebaliknya bagaimana Kah anda lebih pintar dari cendekiawan Kristen, krn Al-Kitab adlh bacaan sehari2 kami, sekalipun anda mentafsirkannya, krn kami lbh pintar mentafsirkannya. Qur'an bknlah Kitab yg dianjurkan utk dibaca oleh kaum Kristen, sehingga kami tdk perlu membacanya, kcuali dgn jalan mencari tahu ttg kbnaran. Tetapi Al-Kitab adlh Kitab yg dianjurkan untuk dibaca oleh kaum Muslim baik dengan tujuan apapun, hndaklah dibaca Dan dipahami dengan hikmat. Penjelasan admin dalam blog ini sangat detail, itulah sudut pandang Dan gambaran org2 Kristen yg selalu mengutamakan Allah sebagai sumber rahmat Dan pengetahuan yg melampaui pikiran manusia. Krn manusia melihat dengan mata, tetapi Allah melihat hati. Pikiran Allah tak dapat diselami, tetapi manusia yg sombong mencoba utk melampauiny dengan logika, segala Hal yg tertulis Dan terjadi secara rohani, dipandangnya secara jasmani Dan harafiah. Tetapi tidak dari pikiran2 kami, Sama sperti Allah yg adalah rohani, begitu juga anak2 Allah memiliki pengetahuan secara rohani, bkn secara duniawi, krn anak2 Allah bkn berasal dari dunia. Itulah kata Firman Allah dlm Al-Kitab. Semuanya bermula dari penyangkalan Anak Yang Dijanjikan Allah (Ismael atau Isak). Itu membuktikan kegagalan kaum kedar dlm mentafsirkan Isi Al-Kitab yg smpai skrg pun tidak dpt mntafsirkan Isi Al-Kitab secara rohani. Ketahuilah Dan pelajarilah sejarah agar kita tidak buta rohani baik bagi umat Muslim atau Kristen sekalipun. Serta kenalilah Allah, segala pekerjaan2Nya, Dan firmanNya,, ajaran yg paling menggambarkan sosok Allah yg Maha Pengasih Dan kebesarannya itulah ajaran yg benar.

    BalasHapus
  52. @all janganlah memperdebatkan kitab suci. Jangan lihat isi kitab suci dari luarnya saja. Pelajari dan pahami maknanya. Agama jika kalian perdebatkan dengan logika tidak akan masuk akal. Tidak ada agama yang paling benar. Semua benar, hanya masing2 punya jalannya tersendiri

    BalasHapus
  53. Mereka yang percaya Yesus = Allah. Pertanyaannya sederhana saja :
    SELAMA TIGA HARI SEBELUM YESUS DIBANGKITKAN, IA ADA D I M A N A?
    Mudah-mudahan berhasil supaya diketahui apakah benar Yesus = Allah.

    BalasHapus