Israel di Zaman Perang Salib

Banyak orang yang percaya bahwa Perang Salib adalah serangan biadab oleh Umat Kristen terhadap Umat Islam tanpa alasan. Apakah hal itu benar?

Apa Penyebab Perang Salib?

Awal mula Perang Salib adalah perang defensif bukan ofensif. Selama lima abad lamanya, Timur Tengah merupakan bagian dari Israel-Palestina, Yordan, Mesir, Lebanon dan Syria yang adalah wilayah Kristen. Hal itu terjadi karena pemberitaan Injil yang menyebabkan pertobatan penduduk dan para penguasa. Oleh karena itu, setelah Kaisar Konstantin menjadi Kristen, maka agama Kristen berubah menjadi kekuatan politik, sehingga makin lama semakin kehilangan kuasa rohaninya. Ke dalam situasi seperti ini, maka tentara jihad dari Arab Saudi mengubah peta politik dan agama utama yang dipeluk oleh mayoritas penduduk di daerah Timur Tengah dan Afrika Utara. Perubahan ini terjadi melalui penumpahan darah dan pembantaian terhadap banyak sekali orang Kristen.

Alasan pertama Perang Salib adalah untuk membela dan membebaskan orang-orang Kristen yang dijajah oleh orang-orang Islam. Sebagaimana sudah kita selidiki dan ketahui bahwa dalam waktu kurang dari satu abad Islam berhasil merebut dua pertiga dari dunia Kristen: Palestina, Syria, Mesir, Turki, Spanyol, Portugal dll. Di bawah Khalifah Fatimid Kalif al-Hakim, dua ribu gereja dihancurkan termasuk Gereja Makam Kudus pada tahun 1009. Jadi, Paus Innocent III menulis: “Apakah kamu tidak tahu bahwa ribuan orang Kristen diperbudak dan ditawan oleh orang Islam, disiksa dengan siksaan yang tak dapat terhitung?” Itulah sebabnya, Perang Salib dianggap sebagai kewajiban umat Kristen untuk mengungkapkan kasih mereka kepada saudara-saudaranya yang menderita dan untuk mengungkapkan kasih kepada Kristus. Pada waktu itu, Islam dipandang sebagai musuh Kristus dan Gereja. Tujuan dari Perang Salib adalah untuk mengalahkan Islam dan membebaskan umat Kristen dari jajahannya. Berdasarkan pada pandangan itu, maka Gereja membuat sumpah kudus sehingga banyak orang yang rela berangkat ke Israel untuk memerdekakan Tanah Kudus dari tangan orang Islam.

Sebab kedua terjadi Perang Salib, adalah supaya umat Kristen merebut kembali Yerusalem, kota kudus, dari tangan dan kuasa orang Islam. Sejak Konstantin, banyak orang Kristen berziarah ke Tanah Suci. Walaupun daerah itu dikuasai oleh Islam sejak tahun 638, mereka masih bisa mengunjunginya. Tetapi pada abad kesebelas, orang Seljuk dari Turki menguasi Yerusalem dan melarang kunjungan Umat Kristen ke sana.

Jadi, pada tahun 1095, Paus Urban II menyerukan adanya Perang Salib untuk menghentikan serangan Islam terhadap wilayah-wilayah Kristen. Dalam pidatonya di Musyawarah Clermont di Perancis pada November 27, 1095, ia memanggil orang Kristen dari semua Negara Kristen untuk berziarah ke Tanah Suci dan mengadakan Perang Salib.

Tujuh Perang Salib

I. Yang pertama, 1095-1099, dicanangkan oleh Paus Urban II

II. Yang kedua: 1147-1149, dipimpin oleh Raja Louis VII yang gagal, dan yang mengakibatkan kehilangan salah satu dari empat Kerajaan Latin, yaitu, Edessa.

III. Yang ketiga: 1188-1192, dicanangkan oleh Paus Gregory VIII sesudah kegagalan perang salib yang kedua. Dipimpin oleh Emperor Frederick Barbarossa, Raja Philip Augustus dari Perancis dan Raja Richard "Coeur-de-Lion" dari Inggris.

IV. Yang keempat: di mana Konstantinopel dihancurkan, 1202-1204

V. Yang kelima: termasuk yang direbutnya Damietta, 1217-1221.

VI. Yang keenam: di mana Frederick II ikut berperang (1228-1229); juga Thibaud de Champagne dan Richard dari Cornwall (1239).

VII. Yang ketujuh: dipimpin oleh St. Louis (Raja Louis IX dari Perancis), 1248-1250.

Kerajaan Perang Salib (1099 sampai 1187)

Pada tahun 1099, Yerusalem diduduki oleh para Laskar Salib. Banyak orang Yahudi yang dibunuh dan hampir semua diusir. Ada empat “Kerajaan Krusader” yang didirikan di Israel pada waktu itu. Salah satu Kerajaan Krusader didirikan di Yerusalem dan Baldwin I diangkat sebagai Raja Yerusalem. Selama adanya kerajaan itu, banyak sekali perubahan yang terjadi di Yerusalem dan sekitarnya. Orang-orang Yahudi diusir, sehingga mayoritas penduduk Yerusalem menjadi orang Kristen. Yerusalem menjadi kota besar, ibu kota kerajaan, bahkan menjadi kota penting bagi orang Kristen. Jadi, terjadilah perubahan besar dari yang sebelumnya hanya merupakan sebuah kota kecil di pedalaman.

Banyak pembangunan terjadi pada masa itu yang menghasilkan gedung-gedung besar dan membentuk tata kota yang masih bertahan bentuknya sampai sekarang. Yang paling utama dibangun adalah gereja, biara dan asrama bagi peziarah. Dome of the Rock diubah fungsinya dari mesjid menjadi gereja, mesjid al-Aqsa, diberi nama baru, Bait Salomo, dan menjadi tempat tinggal raja. Harus diakui bahwa walaupun awalnya Perang Salib bersifat defensif, makin lama semakin jahatlah perbuatan yang dilakukan oleh Tentara Salib, termasuk pembunuhan atas banyak orang Yahudi dan Muslim. Karena itu, tanggapan umum yang terjadi di hampir semua kalangan terhadap Perang Salib sampai masa kini adalah sangat negatif.

Dampaknya atas orang Yahudi

Walaupun banyak orang Yahudi yang dibunuh dan diusir dari Yerusalem, tetapi masih ada yang tetap tinggal di daerah Palestina dan sekitarnya. Pada 1165, Benjamin dari Tudela, seorang Spanyol yang terkenal, melaporkan bahwa "Akademi Yerusalem" sudah didirikan di Damsyik. Meskipun banyak orang Yahudi yang diusir dari Jerusalem, Acre, Kaisaria dan Haifa, tetapi masih ada yang tetap tinggal di desa-desa di Galilea.

Pada abad ketigabelas, Acre juga memiliki suatu akademi Yahudi. Dilaporkan bahwa selama abad keduabelas dan ketigabelas, masih ada orang-orang Yahudi yang tetap masuk daerah Palestina dari daerah Islam lain, khususnya dari Afrika Utara.

1187 -1291 Zaman Islam di bawah Khalifah Ayyoubite

Pada tahun 1187, Salah al-Din (Saladin) seorang Kurdi, sesudah mendirikan pemerintahan Abbasid atas Fatimid Mesir, ia merebut kota Yerusalem dalam Perang Hattin. Tentaranya mengalahkan tentara Kristen dan kota-kota Kristen lain pun mulai menyerah. Benteng Krusader terakhir, yakni Acre pun jatuh pada tahun 1291. Pada waktu itu, tidak ada lagi sisa-sisa kerajaan dari Perang Salib karena semuanya dibunuh atau pun diusir. Walaupun ada berbagai usaha dan rencana lagi, namun orang Kristen tidak pernah lagi berkuasa di daerah itu sampai abad kesembilanbelas.

Akhirnya, orang-orang Yahudi dan orang-orang Islam diizinkan untuk kembali tinggal di Yerusalem. Pada tahun 1192, Richard “the Lion Heart” berusaha merebut kembali Yerusalem, namun tetap gagal. Jadi, diadakanlah perjanjian dengan Salah al-Din (Saladin) yang mengizinkan orang Kristen mengunjungi dan beribadah di tempat-tempat kudus mereka. Sesudah Yerusalem direbut kembali, Salah al-Din tidak mau membunuh penduduknya dan juga tidak menghancurkan gedung-gedungnya. Ada usaha besar dari orang Kristen selama Perang Salib untuk menghapuskan tanda penguasaan Islam di sana, tetapi tidak bisa. Di dalam pemerintahan baru Islam, gedung seperti Dome of the Rock, dijadikan mesjid lagi dan banyak gedung lain dijadikan sebagai institusi Islam.

Ketika Salah al-Din diancam dengan Perang Salib ketiga, ia membangun kembali tembok Yerusalem. Namun pada tahun 1219, al-Malik al Mu’azzam ‘Isa, memerintahkan agar tembok tersebut dihancurkan kembali. Pada waktu itulah hampir semua penduduk Yerusalem meninggalkan kota tersebut. Sampai zaman Ottoman, 320 tahun kemudian, kota Yerusalem tetap tidak memiliki tembok.

1244, Orang Turki Khawariz merebut Yerusalem.

Waktu orang Turki Khawariz merebut Yerusalem, sekitar 7.000 orang Kristen yang tinggal di Yerusalem dibunuh selain 300 orang yang lari ke Yafa. Bukan hanya itu, serentetan serangan di seluruh daerah itu dari orang Mongol yang menyebabkan banyak penduduk mengungsi untuk mencari ke tempat yang aman. Pada tahun 1260, orang-orang Mamluk mengalahkan orang-orang Mongol pada Perang Ein Jalut di Lembah Yizril di depan Lembah Harmagedon. Setelah terjadinya serangan Khawariz dan Mongol, maka kota Yerusalem hampir kosong dan tidak berpenduduk. Hanya sesudah orang Mamluk menetapkan pemerintahan, maka kota itu dapat diduduki lagi. Tapi, karena pemerintahan Mamluk tidak mengembangkan ekonomi Yerusalem, maka kota itu tidak berkembang. Ia hanya membangun institusi agamawi, seperti mesjid, madrasah, zawia (biara), khanakah (pusat mistik Sufi) dan rumah sakit.

Setelah semua peristiwa itu terjadi, maka Yerusalem bukan lagi menjadi ibu kota kerajaan. Karena itulah, Yerusalem kembali menjadi kota kecil di pedalaman yang tanpa tembok dengan penduduknya sangat sedikit. Keadaan seperti inilah yang terus-menerus terjadi di Yerusalem sampai awal abad ke-20.

Artikel ini merupakan sambungan dari Israel di Zaman Byzantium-Arab (638M-1099M)

Bersambung ke Palestina Pasca Perang Salib & Masa Kedaulatan Islam (1187-1516 M)

Sumber

55 komentar:

  1. benarkah perang salib di tunjukkan untuk menunjukkan kasih sayang sesama umat kristen? tapi kenapa Perang Salib IV berlangsung tahun 1204. Bukan antara Islam dan Kristen, melainkan antara Takhta Suci Katolik Roma dengan Takhta Kristen Ortodoks Romawi Timur di Konstantinopel (sekarang Istambul, Turki).

    BalasHapus
  2. perang salib sejarah kelam tabiat tentara kristen yg abadi sampai masa kini

    BalasHapus
  3. Anda kristen?
    apakah di kristen emang di ajarkan untuk memfitnah demi mengkristenkan orang lain?
    Mohon untuk belajar sejarah dulu baru bikin artikel..
    dari semua buku dan bahkan di film kan juga "Kingdom of heaven" orang kristen membunuh jutaan orang muslim dibalik tembok yerrusalem,,
    sedangkan orang islam tidak pernah menyerang atau bahkan melukai warga sipil maupun tentara salib yang sudah mengangkat senjatanya,,
    tolong jangan buat cerita palsu ya,apalagi yang menyangkut agama..

    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kristen itu penuh dengan kasih, kita lbh baik liat jaman skrg, gmn kristen mati2an d dzolimi.teman2 muslim saya justru jd mempertanyakan agamanya skrg ini, trlebih ketika membandingkan isi quran dan alkitab.

      Hapus
  4. Bukankah orang2 kristen dulu suka mengubur anak perempuan yg lahir hidup2 karena dianggap buruk dlm keluarga.. tp orang muslim malah melindunginya.
    Jika perang salib benar, berarti kalian senang ya yesus kalian dipaku dikayu... tak kasihankah kalian melihatnya digantung tanpa baju...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak kapan ada seperti itu?
      Bukan'nya ajaran dalam muslim bahwa menganggap kristen calon penghuni neraka, lalu untuk apa mereka bela2?
      Yesus disalib untuk menebus dosa2 semua manusia termasuk anda dan saya, dan semua itu sudah di atur oleh Tuhan..
      Justru saya yang kasian melihat para wanita2 muslim yang mau saja di poligami dan sampai di akhir hidupun para wanita'nya harus merelakan sang suami yang dicintai'nya untuk bersetubuh dengan para bidadari2..

      Hapus
    2. enak banget ya klo dosa2 kita semua akan ditebus sama si yesus itu. buat aja dosa banyak2, gak apa-apa ya kan. toh ntar ditebus dosanya ama si yesus. hehehe...

      Hapus
    3. I am moslem, yesus mati betul untuk menebus dosa,tapi untuk bani israel kala itu,INGAT kala itu,bukan seluruh ummat manusia sampai akhir zaman,apakah anda membaca alkitab/bibel sampai habis bibel mana yang anda baca, yohanes,lucas,matius, dll,,,kah? Apakah wajah yesus memang seperti yg ada di foto foto kalian selama ini,pernahkah anda ke nigeria,china,india knp wajah yesus mereka beda sama yg di eropa,
      Kalau islam mengjinkan punya istri sampai 4,ingat itu bukan kewajiaban tapi islam mengetahui bahwa godaan terbesar no 1 dalam dunia adalah wanita, maka dari itu islam membrikan toleransi bagi seorang pria untuk memiliki lebih dari satu tidak lebih dari 4 , itupun dengan satu syarat adil dan bijkasana dan atas izin istri sebelumnya,gunanaya,untuj menghindari perbuatan zina,taukah anda kristen tidak melakukan itu, tapi tidak melarang juga seorang kristen melarang perbuatan di luar nikah,mana yang lebih baik saudaraku...

      Hapus
    4. kenapa jika terdesak orang non muslim selalu menggunakan kartu truf berupa masalah poligami?? emang apa yang salah dengan poligami?? sekarang ketimbang perzinahan dimana-mana ya mendingan poligami kan udah resmi,.. negeri barat yang terkenal mayoritas kristen dan katolik malah gencar berita hubungan seks bebas lebih parah moral mereka ketimbang para muslim yang poligami. melihat fakta mana yang benar islam ato kristen?? :)

      Hapus
    5. sebenarnya perang salib itu bertujuan untuk membebaskan wilayah yang di anggap suci oleh umat kristen yaitu tempat yang berada di dalam alkitab. oh ya dan satu lagi, yesus mati di kayu salib memang benar untuk menebus dosa manusia, tapi bukan berarti kita lantas enak. karena ada yan tebus, karena dosa yang sebenarnya dia tebus itu adalh dosa dari adam dan hawa, makanya umat kristen yang sekarang percaya kalau anak yang baru lahir itu suci dan tak berdosa karena sudah tidak membawa dosa leluhur mereka ( adam & hawa. ) harap dapat di pahami.

      oh ya satu lagi untuk irma yunita, itu tidak bisa di salahkan menurut agama, tapi bagaimana tradisi adat mereka saat itu.

      Hapus
    6. buat xiao chang, keren bro (y)

      Hapus
  5. sungguh keji perbuatan agama yg 1 itu,astaga,yasudahlah, sekarang waktunya melihat ke depan,berpegang pada firman Tuhan, dan melakukan sesuai dengan perintahNya.

    BalasHapus
  6. Saya orang kristen tidak diajarkan memfitnah,,kalau ngomong tu baik-baik

    BalasHapus
  7. artikel g mutu.film nya aja udah terang bnderang siapa yg slah.apa yg buat film kingdom of islam itu orang arab???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pola pikir yang sempit hanya dengan mengandalkan film saja..

      Hapus
  8. saya kristen, dan di agama saya tidak ada tuh mengajarkan untuk memfitnah . di agama saya itu mengajarkan kasih :)
    dan Tuhan kita mengajarkan juga untuk mengasihi musuhmu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. I am moslem,bener sekali sodaraku kristen tidak pernah mengajarkan menfitnah hanya orang orangnya saja yang menfitnah untuk melakukan kristenisasi,,,,

      Hapus
  9. Saya adalah seorang kristen,motto saya adalh"kristen itu kasih,islam itu indah,budha itu damai,hindu itu cinta",.alangkah indahnya hidup ini klau ada cinta dan kasih sayang dan hidup dlm kedamaian tanpa membeda-bedakan,tdk ada yg salah,tdk ada yg bnar,sama2 salah dan sama2 benar.,agama adalh hanya sebuah keyakin yg kita anut tanpa didasari pemaksaan,..saya adalh kristen,saya adlh islam,saya adlh budha dan saya adalh hindu...

    BalasHapus
  10. udahlah,, itu masa lalu. Saya Kristen dan saya mengakui itu salah satu sejarah kelam dalam Kekristenan. Kristen di zaman itu sudah sangat berbeda dari yang awalnya diajarkan Yesus. Tapi udahlah, sekali lagi itu masa lalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya setuju dengan anda, tapi beberapa orang di blog ini sedikit memojokkan islam jadi ingin memberi mereka pengertian tapi masa lalu harus dijadikan pelajaran bukan??

      Hapus
  11. I am moslem, kami percaya Yesus bahkan tidak sah ke islaman kami apabila tidak percaya dengan Yesus tapi sebagai Rosul Allah pembawa Kitab Injil
    Kenapa kalian mempertuhankan yesus,sedangkan dia sendiri berkata : saya Bukan Tuhan/Allah , baiklah , kalau memang Yesus itu adalah Tuhan/Allah bagi kalian,harusnya kalian setuju apabila pengucapan Kata yesus dalam Alkitab di ganti dengan pengucapan Tuhan/Allah, ( silahlkan di coba perhatikan arti dan maknanya )

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang ni ga ngerti Alkitab, sembarangan aja bicara nya

      Hapus
    2. Islam itu agama sesat...tidak Ada negara yang mayoritas Islam yang makmur Dan sejahtera...kita bias liat di Dunia Ini negara Muslim pasti ga Beres karna Tuhan nya juga ga Beres.....Islam adalah setan

      Hapus
    3. lo kalo islam agama sesat apa buktinya?? sekarang semua kejadian yang dikabarkan al quran dan hadits terbukti dan nyata kok. Malah kristenlah yang patut dipertanyakan kebenarannya? kenapa demikian, la sekarang galileo dihukum gara2 menentang teori gereja padahal sejarah mencatat teori gereja tersebut salah bumi kok pusat tata surya kan lucu. Masa kitab suci membuat kesalahan apa kitab sucinya yang bukan firman tuhan alias buatan manusia? wah bahaya dong :)

      Hapus
    4. @Rini anica hy hy hy bener kata @Ahmad Faisal Dahlan @Rini anica klo ngomong jangan asal ngawur yg setan itu cpa???? y kmu!!!! soale setan itu sering mengejek,kyak kmu!!!! :)

      Hapus
    5. Iskandar lu pernah baca alkitab gg.????

      dari mana lu denger kata itu.????
      ok, gw sekarang mau bilang kyk gini, kalau lu ngerasa agama lu yang benar paling benar di atas semua agama.
      gw mau kasih lu satu pertanyaan.

      apa sekarang lu ga punya dosa.????
      apa betul lu sudah ngelakuin semua yang di perintain sama agama lu.
      lu kira" bisa gg, ngedapetin istri tanpa harus di pacarin dulu.???

      bos, coba lu fikirin kalau ngomong ya. ga baik saling ngejatuin. lu bisa baca gg tulisan yang di bawa sama burung garuda.???

      TERJEMAHIN ITU LALU LU SIMPAN DI OTAK DAN DI HATI LU.

      Hapus
    6. Alkitab itu hanya semata-mata buatan manusia, bukan tuhan asal anda tahu saja..

      Hapus
    7. Banyak karya ilmuan islam abad pertengahan dimana itu adalah abad kejayaan dan kejeniusan islam dan abad kebodohan eropa telah di jiplak karya nya oleh orang barat. Dan orang barat telah memutar balikan sejarah dengan kebohongan mereka. Ingat sejarah telah mencatat keburukanpasukan kafir dan kebaikan pasukan muslim terhadap penduduk sipil. Tolong bagi anda yg menulis blog ini besikap objektif dalam melihat sejarah.

      Hapus
  12. heran deh ma kalian, ni blog isinya sejarah, bukan mau bandingin agama.
    dari sekian referensi emang demikian kisahnya.
    toh kalian yang merasa sok ahli sejarah juga ga liat langsung kejadiannya di jaman itu, para penulis ttg sejarah perang salib pun juga cuma berdasarkan penelitian bedah buku yang juga tidak hidup di jaman itu, wajar saja jika ada interpretasi yang berbeda.
    tapi dari percakapan dan komen" di atas keliatan sih, mana yang arogan dan mana yang sabar. pada intinya , saya seorang Kristen, yang memahami tentang kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

    BalasHapus
  13. Apakah anda percaya dg sesuatu yg tidak anda tahu jga kebenarannya? Bkn kah smw kta mengajarkan fitnah lebih kejam dari pembunuh? Sbaiknya anda buat artikel tentang sains, biar ga timbul fitnah, biar cma skdar kata, yg nmanya fitnah tetap fitnah, Tuhan anda akn membalas setiap kata yg anda ucapkan, entah itu bx ato buruk, gmn?

    BalasHapus
  14. Negara2 Islam tidak ada yang maju, tertib, dan sejahtera. Bandingkan saja negara2 mayoritas islam di arab, asia tengah, dll, dengan negara2 Kristen di Eropa. Itu karena Tuhan yang disembah orang Kristen adalah Tuhan yang Benar, Tuhan yang sejati, bukan tuhan2an nya muhammad.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah wah tenang mas broo,, negara islam gak makmur bukan karena tanpa sebab, la negara yang mayoritas warganya kristen gak sukasama orang islam bang. apa buktinya?? sekarang negara adidaya kayak amer*** suka ngadu domba plus ikut campur masalah negara lain khususnya negara islam, klo masih gak percaya baca berita,mesir dibuat kacau, palestina ditindas, irak dan iran diadu domba. klo mereka dibuat sibuk musuhan dan dibuat kacau urusan dalam negeri ya gak makmur. yang jahat sekarang siapa?? apa tuhan kalian ngajarin ngancurin negara yang mayoritas warganya islam?? bahaya dong.. :)

      Hapus
    2. Ahmad faisal dahlan ga jelas, gw yakin appun agama lw asti bkn seorg yg baik. Mnding lw banyak doa deh, obyektif. Gw islam dan justru bnyk bljr dr kristen. Jgn dung ngerasa pling bnr

      Hapus
    3. bukan karena tuhan makanya orang kristen lebih maju, tapi karena manusia yang ada di barat itu mau kerja keras, patuh pada peraturan, dan menjaga kedamaian.

      positive thinking aja all. jangan suka ngebandingin agama, tapi bandingin hal terbaik apa yang anda telah lakukan untuk menjauhi dosa atau larangan agama yang kita anut. thanks.

      Hapus
    4. Ingat islam mengalami masa kejayaan di abad pertengahan dimana tercatat dalam sejarah dimana bangsa eropa berada dalam kebodohan itu kenapa karna pada masa itu islam berada dlm 1 khilafah atau 1 kepemimpinan dan menggunakan hukum islam sebagai asas negara. Jgn dibandingin skrg. Klo skrg islam pecah belah dan menggunakan hukum buatan manusia maka ny islam mengalami kemunduran dan penjajahan ekonomi oleh barat. Tp ingat nanti islam akan berjaya kembali jika telah kembali keasal nya yaitu khilafah islam yaitu persatuan islam dlm 1 pemimpin

      Hapus
  15. Ini kayak gini yang buat Indonesia bakalan pecah,,, klasik... masalah agama.. Untukmu agamamu... untukku agamaku.. Sudah biar berjalan damai perbedaan agama itu .. Saling menghormati perbedaan dan menghargai satus sama lain. Gak ada kaitannya Negara-negara mayoritas muslim itu miskin-miskin, gag beres atau bagaimana, itu karena memang sistem pemerintahannya saja yang kurang baik. Tapi menurut saya postingan ini bagus, karena melihat dari sudut christiany karena selama saya mempelajari Peradaban Islam hanya dari sudut Islam saja. Mungkin bisa ditemukan jalan tengahnya.. Dan jangan saling mengejek agama masing-masing... karena yang mengejek itu belum tentu penganut agama yang taat atau bahkan mendalami agamanya sendiri. Jadi tolong, hargai perbedaan agama. Hal ini sudah diatur di dalam Undang-Undang Dasar 45 mengenai kebebasan beragama karena itu hak asasi mutlak individu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan Semua Agama Baik Mempunyi ajaran pegangan masing-masing yaitu Tuhan Yang Mereka Percayakan, > BukanNya Tuhan Yang Mereka Percayakan Itu Iblis,Setan,Jin,Kuntilanak, Jadi persolalan nya Kerjakan kan lah Apa Agamau Kita Ajarkan, Bukan Cara Mau Menuding Jari Satu Sama Umat Di Dunia.

      Hapus
  16. Kalau di amat2i sih nih postingan menyudutkan islam...
    Dasar kisten goblok ..suka'y memlintir sejarah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. woy u yg lebih goblok lagi,yg goblok tu orangnya bukan kristennya.dasr otak ayam.

      Hapus
  17. sebelumnya islam & kristen tidak saling perang & memusuhi tapi karena adanya segelintir orang dari pihak kristen yang tidak paham / menyeleweng dari ajaran kristus dengan membunuh-memperkosa orang arab & yahudi serta ingin lebih menguasai jerusalem dan tidak menaati perjanjian klo jerusalem adalah tempat beribadah bagi umat kristen-yahudi-muslim....itulah kenapa pasukan islam punya alasan untuk mengusir & memerangi pihak tersebut....klo soal film kingdom of heaven itu memang di buat sesuai dengan fakta sejarah asli....bukan settingan / rekayasa bahkan para aktor & aktris sendiri lebih banyak dari kristen....produser /pembuat film dari kristen.....kalau di bilang mengandalkan film saja tidak jadi patokan trs bagaimana film passion of the christ / film yesus apakah anda tidak suka / tidak setuju film itu sesuai dengan sejarahnya ? dan sebagai contoh komentar2 yang tidak berbobot yang berat sebelah...itulah kenapa perang salib bisa terjadi ...kristen/islam tidak salah ( agama tidak salah ) tapi orang lah yang salah pada masa perang salib.... di sini saya hanya menerangkan dari sumber yang benar...saya mencari di sumber google..gramedia...perpustakaan dan akhirnya saya tanya ke teman kristen sendiri ...saya muslim tapi saya tidak mau perpecahan karena ajaran kristen itu kasih...islam itu indah

    BalasHapus
  18. saudaraku yg Muslim dan Nasrani, sesungguhnya yg sangat berperan dlm perang salib itu Godfroi de Bouillon-Peter the Hermit-Pope Urban II yg nm aslinya Odo de Lagery dgn 9 ksatria tamplernya (yg akhirnya di hukum oleh kepausan dgn tuduhan bid'ah).
    saudara2ku juga agar mengikuti dan perlu tau siapa itu Izaak Elchanan-Moses Amschal Bauer-Nathan dst yg terkenal dgn nama keluarga ROTHSCHILD hingga skrg, yg didalamnya ada tokoh lainnya sprt Adam Weishaupt (konseptor awal)-Giuseppe Mazini (pendiri awal mafia)-Albert Pike pendiri awal Klux Klux Klan dll.
    mereka ini adalah yg turun temurun yg hanya boleh menikah sesama sepupu dr keluarganya saja, belakangan baru dibolehkan menikah dgn keluarga lain asalkan yg punya pengaruh & kedudukan penting, mereka keturunan bangsa Khazar (campuran Turki & Mongol) terletak diantara laut hitam dan kaspia (Georgia) yg ketika ditaklukan dlm perang melawan Islam, krn mereka atheis, kemudian disuruh memilih agama Islam atau Nasrani utk bangsanyaya, tapi Raja Bulan memilih agama utk bangsanya Yahudi (utk mencari aman di tengah2 antara perang Islam & Nasrani) yg kemudian akan diketahui kitab Taurat bukanlah sbg panduannya, mereka penganut faham Kaballah penyembah lucifer yg hingga sekarang msh terus eksis berperan di dunia kita ini.
    Saudara2ku yuk kita baca sejarah dan catatan2 yg msh tersimpan di musium2 eropa-mesir & di internet dsb, gak ada salahnya mengetahui lbh dlm sejarah ini, agar kita tau siapa sesungguhnya yg mengadu domba antar Bangsa-Etnis-agama, perlu juga diketahui, yg menuntut tanah Palestina sampai skrg ini adalah mereka2 Yahudi Khazar yg bukan dr 12 suku Israel, para penulis2 Eropa menyebutnya suku Israel ke13. (jika ada kekeliruan dr sy, mohon dikoreksi yaa)
    semoga kita terus dapat menjalin kedamaian dalam diskusi2 selanjutnya
    Aamiin....

    BalasHapus
  19. jangan lah saling menghujat dan saling berargumen apakah ada agama kita mengajarkan perdebatan alangkah indahnya kita tidak saling bertengkar kita flash back masalah sampit dan poso apakah klian tidak sadar pertengkaran itu gara2 adu domba sehingga perang antar agama jadi hendaklh berkaca dari diri masing2 dan jgn saling menghujat satu sama lain

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. coba cari tau asal usul dracula yg sebenarnya
    anda pasti tau siapa penjahat yg ingin menutupi aibnya
    kita yg hidup dijaman sekarang mending damai aja

    BalasHapus
  22. BUKANKAH SEMUA AGAMA MENGAJARKAN KEBAIKAN, TERMASUK ISLAM DAN KRISTEN.
    DAMAI AJA. KITA SATUKAN BANGSA KITA

    BalasHapus
  23. sudah... yang intinya, kita semua sama, kita hidup di satu negara, seharusnya satu hati, satu tujuan utk negara ini, jangan ada yg saling menyudutkan agama, jalani kepercayaan mu sendiri jangan ganggu kepercayaan org lain,
    tdk ada agama yg pling bnar jika orgnya brbuat dosa jga, i'm christian
    'intinya' saling menghargai , jgan ada yg mnyudutkan/..
    hidup damai lebih enak bukan ??

    BalasHapus
  24. jika kita terus bentrok seperti ini selamanya..siap2 kita bakal mengalami negara yg bakal hancur ini baru berargumentasi blm lainnya...hanya ada satu jalan kawan bersatu,..

    BalasHapus
  25. apapun agamamu saudaraku,pastikan itu bukan karena warisan orangtuamu.

    BalasHapus
  26. agama lagi.....ngak ada agama menyelamatkan hanya satu pribadi yang menyelamatkan dan membuat hidup kita merdeka dan lepas dari segala dosa kenali DIA.

    Memang benar kita tidakboleh saling menghujat tapi saya hanya ingin mengingatkan saja bahwa bagaimanapun juga bahwa islam dimana mana baik di eropa, amerika ,asia, ausisie, afrika atau midle east pasti akan kacau dan barbarian saya ambil contoh faktual saja di minamar islam sudah dilarang, juga di kongo sekarang sudah diamandemenkan juga oleh china menyusul mealrangnya imigram islam masuk eropa banned islam in europe mengapa? ada satu pertanyaan besar mengapa itu terjadi sebab dimana ada islam tidak lepas dari diskriminasi, teror, bom, airmata dan darah dimana mana memerangi orang lain yang sudah dikatakan dalam alquran kafier ini fakta ayatnya ada kalau memang anda minta juga hadistnya.

    Faktualnya adalah negara negara dimana islam mayoritas tidak lepas dari airmata, darah dan kehancuran: afganisatan, oman, pakistan, suriah, libya, irak, kurdi, yaman , tunisia, arabsaudi, somalia, iran, mesir, turmekistan, aljasair, maroko.

    Bagaimana dengan INA semua juga sudah dibantai shiah disampang, ahmadiah dibogor NTB, cikesik, kristen mei 98, dan puluhan gereja malam Natal, bom bali 1,2 mengapa bisa terjadi selama memang menghalalkan untuk membunuh, meemrangi orang yang berbeda dengan anda dan tidak menyembah allah swt dan rasulnya maka halal untuk diperangi bahkan dalam hadist dikatakan merka ini akan diberikan pahala dan disiapkan jannah(suga islam) dengan disambut bidadari betelekkan didipan dengan kesibukannya dan dilepaskan dari siksa kubur. nah kalau kita percaya ini maka tidak akan pernah damai suatu negara yg ada islamnya maaf ini Fakta, tolong koreksi kalau memang apa yang saya sampaikan ini salah ini bukan mendeskriditkan tapi fakta dapat dipertanggungjawabkan

    BalasHapus
  27. Pusing2 banget,mau kristen atau islam punya sejarah yang kelam.udah deh bikin ribed aja.urus aja agama masing2,,,,yang penting kita tetep NKRI,,,,okeehhh

    BalasHapus
  28. Bagimu Agamamu
    Bagiku Agamaku
    Yang penting damai dan saling menghargai

    BalasHapus
  29. Alhamdulillah saya islam dn selamat sejahtera saudara saya semuslim yg d rahmati Allah,jgn trpancing emosi dng artikel yg keliru ini,tetap istighfar dn sungguh bruntungla org islam♥ keep calm and say Laillahillahu Allahuakbar.

    BalasHapus
  30. Paling seru deh kalo ngomongin Kristen vs islm,saling tuduh,saling hujat,keduanya merasa paling benar dan gak ada habisnya..!
    Ha..ha..ha...(suara ketawanya tun takur)
    Btw, pernah kah kita berfikir,....
    Mungkin semua itu kehendak Sang pengatur kehidupan.
    Karna sejak zaman anak-anak Adam,mereke sudah berseteru hingga salah satuny meniggal,begitu pula kisah pandawa- kurwa,yunani-romawi,david-goliath,perang salib, himgga palestin-israel saat ini,tak henti-hentinya..,
    Mereka semua merasa yakin akan kebenarannya masing''.
    Lalu siapa yang salah..?
    Tak perlu tuk dijawab, kita jalani saja peran kita masing''.
    Karna kita terlahi kedunia bukan atas kehendak kita sendiri, kita tak bisa menawar terlahir sebagai pandawa,kurawa,yahudi,nasrani,ataupu muslim.
    So,the point is......
    Klau mau saling hujat teruskanlah, kalau mau berperang lakukanlah.kalau mau diam sajapun tak apa.selama itu yang kita yakini benar.
    Satu lagi,....
    Kalau Tuhan mau, bisa saja manusia hidup damai tentram,gemah ripah lohjinawi..damai..mai...mai....

    Think about it.!

    BalasHapus