Memulai Membaca Alkitab

Sebagai permulaan, adalah penting untuk menyadari bahwa Alkitab bukan kitab biasa yang dapat dibaca dengan lancar dari depan ke belakang. Alkitab sebetulnya adalah perpustakaan, atau kumpulan kitab yang ditulis oleh berbagai penulis dalam beberapa bahasa dalam kurun waktu beberapa ribu tahun. Martin Luther mengatakan bahwa Alkitab adalah "tempat kelahiran Kristus" karena semua sejarah dan nubuat Alkitab pada dasarnya menunjuk pada Kristus. Karena itu membaca Alkitab sepatutnya dimulai dengan kitab - kitab Injil. Kitab Markus adalah kitab yang ringkas dan jalan ceritanya cepat serta merupakan tempat yang bagus untuk memulai. Kemudian Anda mungkin mau lanjut ke Injil Yohanes yang berfokus pada semua yang Yesus klaim mengenai diri-Nya sendiri. Markus menceritakan apa yang Yesus lakukan, sementara Yohanes menceritakan apa yang Yesus katakan. Dalam Yohanes ada beberapa bagian yang sederhana dan jelas, seperti misalnya Yohanes 3:16, namun juga ada bagian - bagian yang amat dalam. Membaca kitab - kitab Injil (Matius, Markus, Lukas, Yohanes) akan membantu Anda mengenali kehidupan dan pelayanan Kristus.

Sesudah itu, bacalah surat - surat (Roma, Efesus, Filipi). Surat-surat ini mengajar kita bagaimana hidup dengan cara yang memuliakan Allah. Ketika Anda mulai membaca Perjanjian Lama, bacalah kitab Kejadian. Kitab ini memberitahu kita mengenai bagaimana Allah menciptakan dunia dan bagaimana umat manusia jatuh dalam dosa, dan dampak dosa terhadap dunia. Keluaran, Bilangan dan Ulangan mungkin akan sulit untuk dimengerti karena kitab - kitab itu menyinggung mengenai semua hukum yang Allah minta untuk ditaati oleh orang - orang Yahudi. Walaupun Anda tidak seharusnya menghindari kitab - kitab tersebut. Kitab - kitab itu mungkin lebih baik dipelajari belakangan. Apapun yang terjadi, jangan sampai terpaku dengan kitab - kitab ini. Bacalah Yosua sampai Tawarikh untuk dapat memahami sejarah Israel dengan baik. Membaca Mazmur sampai Kidung Agung akan memberi kesan megenai syair dan hikmat Ibrani. Kitab - kitab nubuat, Yesaya sampai Maleakhi, juga bisa sulit untuk dipahami. Ingat, kunci untuk memahami Alkitab adalah mohon kepada Allah untuk hikmat (Yakobus 1:5). Allah adalah penulis Alkitab, dan Allah mau Anda memahami firman-Nya.

Namun demikian, pertama - tama, adalah penting untuk mengetahui bahwa tidak semua orang dapat menjadi murid Alkitab, hanya mereka yang memenuhi “syarat” yang dapat mempelajari Firman dengan berkat Allah.

Apakah Anda diselamatkan oleh iman dalam Yesus Kristus (1 Korintus 2:14-16)?

Apakah Anda lapar untuk Firman Allah (1 Petrus 2:2)?

Apakah Anda dengan rajin mencari Firman Allah (Kisah 17:11)?

Jikalau Anda menjawab “ya” untuk ketiga pertanyaan ini, Anda bisa yakin bahwa Allah akan memberkati usaha Anda untuk mengenal Dia dan FirmanNya, di manapun Anda memulai dan bagaimanapun cara Anda mempelajarinya. Kalau Anda bukan seorang Kristen - bahwa Anda sudah diselamatkan oleh iman di dalam Kristus dan memiliki Roh Kudus di dalam diri Anda - Anda akan mendapatkan bahwa tidak mungkin untuk memahami arti dari kata - kata Kitab Suci. Kebenaran dalam Alkitab tersembunyi dari mereka yang belum beriman kepada Kristus, namun adalah hidup bagi mereka yang percaya (1 Korintus 2:13-14; Yohanes 6:63)

Sumber

12 komentar:

  1. Kedatangan hamba Allah
    "" "" "" "" "" "" "" "" "" "
    'Atmak' belum tentu berarti 'yang ku junjung' tapi itu sebenarnya nama

    penulisan Atmak adalah אתמך
    penulisan Ahmad adalah אחמד

    Dalam Yesaya 42:1, Allah berkata
    "Lihatlah, 'Hambaku' (diucapkan sebagai Abd-ee), 'yang Ku junjung' (diucapkan sebagai Atmak);

    Allah menubuatkan tentang kedatangan hamba-Nya
    Lihatlah Hambaku Ahmad (Yesaya 42:1) - dan begitu siapa Ahmad ini? disebut hamba Allah?

    Dia tidak lain adalah
    Abd-Allah Ahmad (Hamba Allah, Ahmad) - Nabi Muhammad saw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Islam = Agama Kekerasan, Agama teror, Agama Cabul?
      Gw abis buka2 internet, gak ada agama kayak Islam, yang ngebolehin ngeduain wanita, ngebolehin pancung kepala ampe doa2kan nabi sendiri saban sore ampe pekak telinga gw buat nabi mesum mereka masuk sorga ( padahal udah mampus dineraka )

      ga ada agama2 laen ampe bilang disorga bisa ngesek ama 72 bidadari,kecuali islam, wadooooh, gak thresome lagi namanya, melainkan 72some 0_o

      punya nabi kok ngeperawain aisya yang masi anak kecil ( ade gw aja mens nya pas umur 16 taon ) alamak saaaam, mati gara2 diracun cewek pula anjriiit, kaga gagah amat mati elo mat? naseeeb naseeeb.

      gw jadi kepikiran, jin mana yang nurunin koran ama momed, ato setan lucifer yang ngasi koran tuh buat momed? yang pokoke gw tau islam itu adalah agama Teror.

      Hapus
  2. Yesus adalah utusan Allah dan firman Nya (Qs.4 An Nisa 171)
    Yesus adalah Roh Allah dan kalimat Nya (Hadist Anas bin Malik halaman 72)
    Yesus adalh Roh Allah yang menjelma menjadi manusia yang sempurna (Qs 19 Maryam 17)
    Roh Allah Bapa itu ada di dalam Tuhan Yesus Kristus sang juru selamat dan satu-satu nya imam mahdi (Hadist Ibnu Majah)
    Semoga Tuhan menuntun anda ke jalan yang benar dan lurus,Tuhan berkati :D

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Kepada kelompok kristian, maka sila jawab permasalahan/kesalahan bible yang saya paparkan di bawah. Dipersilakan.

    PERMASALAHAN AYAT NEHEMIAH 7:24 DALAM BIBLE KRISTIAN

    Lagi permasalahan ayat bible kristian ditemui dan kali ini kita lihat ayat Nehemiah 7:24.

    Hebrew :-
    Jika kita lihat dalam kitab/manuskript Hebrew bagi ayat yang sama itu di dalam link
    http://biblehub.com/text/nehemiah/7-24.htm maka kita akan dapat melihat ianya tertulis,

    בְּנֵ֣י the children

    חָרִ֔יף of Hariph

    מֵאָ֖ה an hundred

    שְׁנֵ֥ים both

    עָשָֽׂר׃ ten

    yang menjelaskan bilangan anak-anak atau golongan Hariph iaitu 112 orang. Dalam link yang sama, terdapatnya terjemahan oleh bible versi KJV iaitu

    " The children of Hariph an hundred and twelve ".

    Greek :-
    Kita lihat pula dalam manuskript Greek Apostolic Bible Polyglot
    Lihat dalam link http://apostolic.interlinearbible.org/nehemiah/7.htm

    maka kita akan menemukan ayat Nehemiah 7:24 dalam tulisan Greek yang lebih panjang, yang mana tertulis,

    υιοί Αρήβ εκατόν δεκαδύο υιοί Ασέν διακόσιοι εικοσιτρείς
    sons of Hariph a hundred twelve sons of Asen two hundred twenty-three


    yang mana ayat Nehemiah 7:24 itu mencatatkan bilangan anak atau golongan Hariph iaitu 112 orang dan juga bilangan anak atau golongan Asen iaitu 223 orang.


    Jika kita lihat dalam link http://www.ellopos.net/elpenor/greek-texts/septuagint/chapter.asp?book=17&page=7 pula yang memaparkan manuskript Greek Old Testament (Septuagint), maka tertulis seperti di bawah iaitu,

    υἱοὶ ᾿Αρὶφ ἑκατὸν δώδεκα· υἱοὶ ᾿Ασὲν διακόσιοι εἰκοσιτρεῖς·

    yang mana dalam link yang sama itu juga disertakan terjemahannya iaitu

    "The children of Ariph, a hundred and twelve: the children of Asen, two hundred and twenty-three."

    juga menemukan jumlah anak atau kelompok Asen iaitu 223 orang.
    Justeru kita sekali lagi menemukan percanggahan maklumat antara Greek dan Hebrew. Hebrew tidak menyebutkan jumlah anak Asen dalam ayat Nehemiah 7:24, manakala manuskript Greek ada menyebutkannya. Justeru yang mana satu adalah ayat Nehemiah 7:24 yang menyamai tulisan yang ditulis oleh penulis asal Nehemiah 7:24 itu?? Ada sebarang komentar dari kelompok kristian berkenaan masalah ini?

    Apakah ada kelompok kristian yang ingin mengatakan bahawa manuskript Septuaginta Greek itu sebagai pasti salah catatan? Bagi individu kristian yang menyangkakan bahawa manuskript Hebrew pasti benar dan manuskript Septuaginta pasti salah, maka dipersilakan membaca di link ini iaitu http://penzahra.blogspot.com/2013/07/permasalahan-antara-manuskript-hebrew.html yang menjelaskan bahawa Lukas sendiri menuliskan sesuatu maklumat yang menyamai manuskript Septuaginta dan menyalahi maklumat di dalam manuskript Hebrew. Ini menjelaskan bahawa terdapat penulis asal bible itu yang merasakan maklumat dalam manuskript Septuaginta adalah benar berbanding manuskript Hebrew. Justeru tiada hujah untuk mengatakan bahawa manuskript Septuaginta ini pastinya salah kerana teksnya yang berbeza dengan teks dalam kitab Hebrew Masoret itu.


    Apakah kelompok kristian ingin mengatakan Lukas juga melakukan kesalahan ketika menuliskan kitabnya jika kelompok kristian ingin mengatakan Septuaginta itu pastinya salah? Saya tinggalkan persoalan ini untuk difikirkan oleh kelompok kristian itu sendiri.

    BalasHapus
  5. Tiada sesiapakah daripada individu kristian yang sanggup untuk menjawab permasalahan berkenaan dengan bible kristian yang telah saya paparkan pada 20 Februari 2014 16.36 itu???

    BalasHapus
  6. nur zamri bagus juga ya kamu rajin mencari sesuatu yang tidak kamu fahami...tp apa kata kamu tanya terus pada yang pakar tentang penggunaan perkataan ibrani dan sebagainya....sebab setiap perkataan tidak semestinya hanya bermaksud pada satu benda saja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Islam = Agama Kekerasan, Agama teror, Agama Cabul?
      Gw abis buka2 internet, gak ada agama kayak Islam, yang ngebolehin ngeduain wanita, ngebolehin pancung kepala ampe doa2kan nabi sendiri saban sore ampe pekak telinga gw buat nabi mesum mereka masuk sorga ( padahal udah mampus dineraka )

      ga ada agama2 laen ampe bilang disorga bisa ngesek ama 72 bidadari,kecuali islam, wadooooh, gak thresome lagi namanya, melainkan 72some 0_o

      punya nabi kok ngeperawain aisya yang masi anak kecil ( ade gw aja mens nya pas umur 16 taon ) alamak saaaam, mati gara2 diracun cewek pula anjriiit, kaga gagah amat mati elo mat? naseeeb naseeeb.

      gw jadi kepikiran, jin mana yang nurunin koran ama momed, ato setan lucifer yang ngasi koran tuh buat momed? yang pokoke gw tau islam itu adalah agama Teror.

      Hapus
  7. @mugen vald

    Adakah kamu mengetahui tentang penggunaan perkataan ibrani?? Jika kamu tahu maka saya mempersilakan kamu memberikan keterangan berhubung dengan permasalahan/kesalahan ayat bible kristian yang saya paparkan ini. Namun kelihatannya kamu juga tidak tahu tentang penggunaan perkataan ibrani kerana merujuk kepada komentar kamu yang meminta saya bertanyakan terus kepada pakar yang mengetahui perkataan tersebut. Jika kamu juga tidak mengetahui tentang hal itu, maka saya ingin bertanya bagaimana kamu merasa yakin bible kristian kamu itu adalah benar jika kamu masih tidak mengkajinya dari segi bahasa ibrani itu??

    Saya ingin memberikan satu cadangan kepada kamu memandangkan kamu seorang kristian. Saya rasa sebaiknya kamu yang kemukakan permasalahan/kesalahan bible ini kepada pakar yangmengetahui tentang perkataan ibrani kerana sebagai seorang kristian maka sudah tentu kamu mempunyai sumber atau rujukan daripada pakar untuk kamu bertanyakan segala hal berkenaan dengan kitab suci agama kamu itu. Contohnya mungkin kamu pertanyakan permasalahan ayat bible kristian yang saya kemukakan ini kepada para paderi atau pendeta di gereja kamu dan seterusnya kamu kemukakan di sini apakah jawapan daripada mereka berkenaan dengan hal ini. Saya yakin kamu juga ingin mengetahui jawapannya dan begitu juga teman-teman kristian kamu yang lain. So saya mencadangkan kamu mengambil tindakan tersebut. Saya akan terus tunggu jawapan daripada kamu dan individu kristian lain berhubung dengan permasalahan/kesalahan ayat bible ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Islam = Agama Kekerasan, Agama teror, Agama Cabul?
      Gw abis buka2 internet, gak ada agama kayak Islam, yang ngebolehin ngeduain wanita, ngebolehin pancung kepala ampe doa2kan nabi sendiri saban sore ampe pekak telinga gw buat nabi mesum mereka masuk sorga ( padahal udah mampus dineraka )

      ga ada agama2 laen ampe bilang disorga bisa ngesek ama 72 bidadari,kecuali islam, wadooooh, gak thresome lagi namanya, melainkan 72some 0_o

      punya nabi kok ngeperawain aisya yang masi anak kecil ( ade gw aja mens nya pas umur 16 taon ) alamak saaaam, mati gara2 diracun cewek pula anjriiit, kaga gagah amat mati elo mat? naseeeb naseeeb.

      gw jadi kepikiran, jin mana yang nurunin koran ama momed, ato setan lucifer yang ngasi koran tuh buat momed? yang pokoke gw tau islam itu adalah agama Teror.

      Hapus
  8. Kita harus belajar untuk bersabar menghadapi sesuatu karna Tuhan Allah panjang sabar

    BalasHapus