Makanan Apa Saja Yang Haram

Apa saja sih makanan yang haram?

Untuk menjawab pertanyaan ini maka ada satu perkataan Yesus yang dapat dijadikan acuan.

Matius 15:11, “Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang.”

Lebih jauh lagi kita dapat juga melihat penjelasannya di Matius 15:17-18.

Matius 15:17-18, Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut turun ke dalam perut lalu dibuang di jamban? Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang.

Ayat – ayat di atas jelas memberikan jawaban kalau sebenarnya tidak ada makanan yang haram. Jika memang masih ada makanan yang diharamkan, maka apakah kematian Kristus di kayu salib tidak cukup?

Jadi boleh makan apa saja dong?

Tidak ada makanan yang haram tidak berarti juga kita boleh makan apa saja. Kita juga harus berhikmat apa yang baik masuk ke dalam mulut kita untuk menjaga tubuh yang diberikan Tuhan ini kepada kita agar tetap sehat.

Roma 14:21, Baiklah engkau jangan makan daging atau minum anggur, atau sesuatu yang menjadi batu sandungan untuk saudaramu.

Satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah, jangan sampai karena kita memakan sesuatu, itu akan menjadi batu sandungan bagi orang lain. Contohnya akan diberikan di bawah.

Di hukum taurat bukannya ada yang haram ya?

Ya, benar sekali dalam hukum taurat, tepatnya di Imamat 11 dan Ulangan 14:3-21, terdapat makanan yang memang diharamkan. Tetapi Yesus sudah datang dan menggenapkan hukum taurat ini. Hukum taurat adalah bayang – bayang dan wujudnya adalah Kristus. Kristus tidak pernah membatalakan hukum taurat, melainkan menggenapinya. Dalam bahasa aslinya, penggenapan ini dapat juga diartikan dengan kata “mengakhiri”. Saya tidak akan membahas panjang lebar di sini, tetapi intinya adalah Yesus sudah menggenapi hukum taurat tersebut dengan darah-Nya yang tercurah di kayu salib.

Bagaimana dengan Kisah Para Rasul 21:25?

Kis 21:25, Tetapi mengenai bangsa-bangsa lain, yang telah menjadi percaya, sudah kami tuliskan keputusan-keputusan kami, yaitu mereka harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari darah, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari percabulan.

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa tidak ada makanan yang diharamkan lagi bukan berarti boleh memakan semua makanan. Ayat di atas adalah keputusan (oleh para rasul) kepada orang Kristen non-Yahudi pada saat itu agar tidak makan makanan yang seperti disebutkan di atas. Seperti yang kita ketahui bahwa orang Yahudi, walaupun sudah menjadi Kristen, masih sangat kental dengan hukum taurat, oleh karena itu pada saat itu para rasul mengambil keputusan untuk melarang orang Kristen non-Yahudi agar tidak memakan makanan tertentu, alasannya jelas, agar tidak terjadi perselisihan antara orang Kristen Yahudi dan orang Kristen non-Yahudi pada saat itu. Diulangi lagi, pada saat itu. Seperti yang dikatakan sebelumnya, tidak ada yang diharamkan bukan berarti boleh memakan apa saja, harus berhikmat juga dalam memilih makanan. Dalam hal ini para rasul berhikmat untuk melarang beberapa jenis makanan agar orang Kristen Yahudi dan orang Kristen non-Yahudi bisa tetap bersatu dan tidak terpecah. Ini merupakan contoh sederhana dari yang disebutkan pada Roma 14:21, jangan sampai karena orang Kristen non-Yahudi memakan sesuatu, itu menjadi batu sandungan dan menjadi sumber pertengkaran dengan orang Kristen Yahudi.

Kesimpulannya adalah, walaupun tidak ada makanan yang diharamkan, bukan berarti kita boleh memasukkan apapun ke dalam mulut kita, kita juga harus berhikmat apa yang boleh kita makan dan apa yang tidak boleh kita makan untuk menjaga tubuh yang diberikan Tuhan tetap sehat dan tidak menjadi batu sandungan untuk orang lain.

-N.L.H-

64 komentar:

  1. min, boleh copas gak ni postingannya???

    BalasHapus
  2. Min, Saya Copas ya di blog saya..! :)
    Informasi ini sangat berguna :)

    BalasHapus
  3. Imamat 11
    im 7:22
    kej 7:2
    dll
    ayat2 di atas Itu sudah jelas disana, mana yang haram dan mana yang tidak.
    Dan Yesus datang ke dunia ini bukan untuk meniadakan hukum termasuk didalamnya makanan haram dan tidak, tp yg di reformasi oleh Yeshua adalah hukum adat dan Korban Bakaran.
    Karena Yesus tidak merubah satu iotapun dan Tuhan tidak pernah berubah dari zaman adam sampai jaman kita sekarang.

    BalasHapus
  4. Aku rasa banyak orang yang terjebak pada pikiran bahwa Yesus tidak menghapuskan hukum Taurat. Padahal Yesus banyak merevisi hukum Taurat itu, contoh masalah perceraian, masalah melempar batu kepada orang berdosa sampai mati, masalah hari sabat.

    Mari kita memahami Alkitab secara menyeluruh, jangan hanya membaca Perjanjian Lama saja, atau Perjanjian Baru saja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wadohh, kenapa sekarang ini banyak orang Kristen yang bilang bahwa Tuhan Yesus telah merevisi Hukum yang telah dibuatNya sendiri. Inilah akhir zaman itu, banyak yang sudah menafsirkan Alkitab dengan pemahamannya sendiri.

      Hapus
    2. Inilah Manusia penentang hukum tuhan

      Hapus
    3. Dasar Manusia penentang tuhan Allah sudah jelas haram ee malah duhalalkan

      Hapus
    4. Dasar Manusia penentang tuhan Allah sudah jelas haram ee malah duhalalkan

      Hapus
    5. Lo gila y. Yesus kontol haram. Mati ngentot

      Hapus
    6. Islam = Agama Kekerasan, Agama teror, Agama Cabul?
      Gw abis buka2 internet, gak ada agama kayak Islam, yang ngebolehin ngeduain wanita, ngebolehin pancung kepala ampe doa2kan nabi sendiri saban sore ampe pekak telinga gw buat nabi mesum mereka masuk sorga ( padahal udah mampus dineraka )

      ga ada agama2 laen ampe bilang disorga bisa ngesek ama 72 bidadari,kecuali islam, wadooooh, gak thresome lagi namanya, melainkan 72some 0_o

      punya nabi kok ngeperawain aisya yang masi anak kecil ( ade gw aja mens nya pas umur 16 taon ) alamak saaaam, mati gara2 diracun cewek pula anjriiit, kaga gagah amat mati elo mat? naseeeb naseeeb.

      gw jadi kepikiran, jin mana yang nurunin koran ama momed, ato setan lucifer yang ngasi koran tuh buat momed? yang pokoke gw tau islam itu adalah agama Teror.

      Hapus
    7. Hai dfs donny.
      tak ada agama yang mengajarkan kepada penganutnya untuk berbuat tidak baik. semua perintah dan larangan yang ada dalam kitab masing-masing agama ditujukan demi kemaslahatan umat manusia.
      mengenai statment anda, saya akan menjelaskan sedikit tentang hal-hal yang anda kemukakan.
      -ngeduain wanita (poligami)
      memang, dalam al Quran sebagai kitab umat Islam terdapat ayat yang membahas tentang poligami. surat An-Nisa: 3 yang isinya " nikahilah wanita 2,3 atau 4 dengan persyaratan dapat berlaku adil, jika kamu takut tidak dapat berlaku adil maka nikahilah satu saja". kemudian dalam An-Nisa: 129, dijelaskan bahwa "sesungguhnya manusia tidak dapat berlaku adil diantara isteri-isterinya meskipun kita sangat menginginkannya."
      jadi dapat disimpulkan bahwa poligami bukanlah "perintah", ayat ini diturunkan untuk membatasi para umat sebelumnya yang beristeri lebih dari 4.

      Hapus
  5. Tentang makanan yang haram sudah jelas tertulis dalam Imamat 11. Siapakah yang berani mengatakan bahwa Yesus telah mengakhiri hukum tersebut? siapakah yang berani menyatakan bahwa Hukum dapat diubah? dalam Perj Baru tidak satupun ayat yang menyatakan bahwa makanan haram sudah boleh dimakan. Perj Lama dan Perj Baru itu selaras dan tidak bertentangan. Jadi, janganlah kita menambah atau mengurangi Firman Tuhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kisah para rasul 10 : 15 " Kedengaran pula untuk kedua kalinya suara yang berkata kepadanya: "Apa yang dinyatakan halal oleh Allah, tidak boleh engkau nyatakan haram."

      Matius 15:11, “Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang.”

      imamat itu perjanjian lama, kita memang perlu membaca perjanjian lama, dan menyelaraskannya dengan perjanjian baru, tapi menurut saya perjanjian lama perlu kita baca dan untuk kita pahami bagaimana kehidupan dahulu sebelum yesus datang, bukan untuk menerapkan dalam kehidupan kita dimasa sekarang, dan setelah yesus datang, maka perjanjian baru lah perlu kita terapkan, karna perjanjian baru adalah keselamatan untuk kita untuk memperoleh jalan yang benar, karna hanya yesus lah jalan kebenaran, tak ada satupun yang sampai kepada Bapa kalau tidak melalui aku (Yesus)..

      Hapus
    2. kan kita hidup di perjanjian baru, makanan haram itu, cuma untuk umat israel

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Apa yesus bukan orang Israel

      Hapus
    5. Apa yesus bukan orang Israel

      Hapus
    6. Apa yesus bukan orang Israel

      Hapus
    7. Syaloom saudara2 yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus...

      Kita bukan saja hidup di perjanjian baru...
      Jangan sesekali mengabaikan perjanjian lama...

      mengenai makan haram dan tidaknya sudah jelas ditulis di alkitab...
      Tuhan mengenapi hukum taurat bukan lah yang mengenai makan dan minuman melainkan mengenai korban bakaran dan persembahan bakaran.
      Ingat lah tidak ada satu iota pun hukum Tuhan yang di hapus atau di akhiri.

      Mengenai perjanjian lama atau perjanjian baru....
      10 hukum taurat berada di perjanjian lama....
      Ini sampai sekarang masih di jalankan
      Jika katanya di akhiri atau mengikuti perjanjian baru itu salah besar karna jika kita mengikuti Tuhan jangan lah setrngah2....

      Saya ingin bertanya mengenai hari sabat. Hari sabat merupakan salah satu hukum taurat.hari sabat merupakan hari ke tujuh, hari sabat merupakan hari peristirahatan sebab 6 hari kita telah diberikan waktu untuk bekerja dan hari yang ke tujuh yaitu hari sabat kita beribadah....

      Jadi hari sabat hari apa?
      Sabtu/minggu.
      Alkitab menyatakan hari sabat merupakan hari sabtu
      Temen2 bisa membacanya di perjanjian lama maupun di perjanjian baru juga...
      Di injil matius, markus, dan lukas di pasal yang terakhir.

      Jadi mengapa hari minggu beribadah? Sementara di alkitab katakan beribadalah pada hari sabat/sabtu.

      Apakah di alkitab kita beribadah pada hari minggu?

      Hapus
  6. 1 Timotius 4:4-5 Karena semua yang diciptakan Allah itu baik dan suatu pun tidak ada yang haram, jika diterima dengan ucapan syukur,sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa.

    1 Korintus 8:8 "Makanan tidak membawa kita lebih dekat kepada Allah. Kita tidak rugi apa-apa, kalau tidak kita makan dan kita tidak untung apa-apa, kalau kita makan."

    BalasHapus
  7. Wah ngutip-ngutip perkataan Paulus. Udah ngerti belum cara bicaranya Paulus? Udah hidup seperti Paulus? Perkataan Paulus kebanyakan sarkasme.

    Dan satu lagi, bacalah Alkitab versi KJV, yang mendekati bahasa asli. Indonesia Terjemahan Baru udah kacau parah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Islam = Agama Kekerasan, Agama teror, Agama Cabul?
      Gw abis buka2 internet, gak ada agama kayak Islam, yang ngebolehin ngeduain wanita, ngebolehin pancung kepala ampe doa2kan nabi sendiri saban sore ampe pekak telinga gw buat nabi mesum mereka masuk sorga ( padahal udah mampus dineraka )

      ga ada agama2 laen ampe bilang disorga bisa ngesek ama 72 bidadari,kecuali islam, wadooooh, gak thresome lagi namanya, melainkan 72some 0_o

      punya nabi kok ngeperawain aisya yang masi anak kecil ( ade gw aja mens nya pas umur 16 taon ) alamak saaaam, mati gara2 diracun cewek pula anjriiit, kaga gagah amat mati elo mat? naseeeb naseeeb.

      gw jadi kepikiran, jin mana yang nurunin koran ama momed, ato setan lucifer yang ngasi koran tuh buat momed? yang pokoke gw tau islam itu adalah agama Teror.

      Hapus
  8. 17. Mereka yang menguduskan dan mentahirkan dirinya untuk taman-taman dewa, dengan mengikuti seseorang yang ada di tengah-tengahnya, yang memakan daging babi dan binatang-binatang jijik serta tikus, mereka semuanya akan lenyap sekaligus, demikianlah firman TUHAN.

    BalasHapus
  9. IJIN COPAS Min :) Tuhan Yesus Memberkati o:)

    BalasHapus
  10. jadiii kalo adventist itu bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengapa dengan adventist pak joel silalahi?ada yang salah kah dengan mereka?

      Hapus
    2. Pak Joel silalahi : Ada apaa dgn adventist pak?

      Hapus
    3. Mau nanya klo advent kok nga ngerayain natal ama paska..knapa ya..maaf jngan ad yg tersinggung ya..cuma mau tukar2 pikiran aja

      Hapus
    4. Bapak/Ibu Unknown, kalau di Alkitab ada tertera tanggal 25 Des itu adalah perayaan Natal, maka Advent juga merayakannya. Tapi masalahnya tidak tertulis di Alkitab. Kemudian Paskah, Yesus berpesan pada saat perjamuan paskah (1 Kor 11:24), "...perbuatlah ini menjadi kenangan akan Aku." Nah, pesan untuk merayakannya bukan di Natal tapi di Paskah. Jadi Gereja Advent merayakan Paskah setiap 3 bulan sekali.

      Hapus
    5. Selamat sabat... ya bener sekali yang abang rafael katakan.

      Jika ingin lebih jelas mengenai apa itu sabat?
      Kenapa tidak merayakan paskah/ natal?
      Mengenai makan?
      Bisa datang dan bergabung di GMAHK yang dekat dengan rumah saudara2...
      Cobalah beribadah pada hari sabat/ sabtu... ada kelas diskusi sekolah sabat... mari diskusikan mengenai pertanyaan2 saudara2...
      Trimakasih... syaloom

      Hapus
  11. Matius 5:11, jangan dibaca hanya sepenggal seperti itu, pemahamannya akan bias, Anda baca full. Dalam ayat ini Tuhan Yesus menyindir tentng perkataan seseorng, bukan karena makanan. Dan dijadikan pemahaman yg bias bagi kita semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa yang dikatakan pak Andreas sangat tepat.

      Hapus
  12. Matius 5:11, jangan dibaca hanya sepenggal seperti itu, pemahamannya akan bias, Anda baca full. Dalam ayat ini Tuhan Yesus menyindir tentng perkataan seseorng, bukan karena makanan. Dan dijadikan pemahaman yg bias bagi kita semua.

    BalasHapus
  13. apakah smua hukum di perjanjian lama masih berlaku

    BalasHapus
  14. Makanan adalah keinginan daging (Selera).
    Lihat saja jika makanan disandarkan sebagai keinginan manusia akan makan dan minum sehingga lupa mudaratnya. Namun jika makanan diasaskan sebagai keperluan..maka kita lebih berhati hati..
    Sedarlah.. manusia jatuh oleh makanan di taman eden. Yesus juga di cobai dgn makanan yg ditawarkan oleh iblis.
    Jangan sama sekali menggunakan ayat alkitab untuk membenarkan keinginan nafsu makan..
    sedarlah salib tidak berkaitan dgn makanan..
    memang tiada makanan haram..sebab semua yang bersifat makanan adalah halal.
    dan semua yang haram bukan makanan..
    dalam aspek ini..hati hati

    BalasHapus
  15. Makanan adalah keinginan daging (Selera).
    Lihat saja jika makanan disandarkan sebagai keinginan manusia akan makan dan minum sehingga lupa mudaratnya. Namun jika makanan diasaskan sebagai keperluan..maka kita lebih berhati hati..
    Sedarlah.. manusia jatuh oleh makanan di taman eden. Yesus juga di cobai dgn makanan yg ditawarkan oleh iblis.
    Jangan sama sekali menggunakan ayat alkitab untuk membenarkan keinginan nafsu makan..
    sedarlah salib tidak berkaitan dgn makanan..
    memang tiada makanan haram..sebab semua yang bersifat makanan adalah halal.
    dan semua yang haram bukan makanan..
    dalam aspek ini..hati hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat setuju dengan tulisan JKB ini

      Hapus
    2. Syaloom saudara2 yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus...

      Kita bukan saja hidup di perjanjian baru...
      Jangan sesekali mengabaikan perjanjian lama...

      mengenai makan haram dan tidaknya sudah jelas ditulis di alkitab...
      Tuhan mengenapi hukum taurat bukan lah yang mengenai makan dan minuman melainkan mengenai korban bakaran dan persembahan bakaran.
      Ingat lah tidak ada satu iota pun hukum Tuhan yang di hapus atau di akhiri.

      Mengenai perjanjian lama atau perjanjian baru....
      10 hukum taurat berada di perjanjian lama....
      Ini sampai sekarang masih di jalankan
      Jika katanya di akhiri atau mengikuti perjanjian baru itu salah besar karna jika kita mengikuti Tuhan jangan lah setrngah2....

      Saya ingin bertanya mengenai hari sabat. Hari sabat merupakan salah satu hukum taurat.hari sabat merupakan hari ke tujuh, hari sabat merupakan hari peristirahatan sebab 6 hari kita telah diberikan waktu untuk bekerja dan hari yang ke tujuh yaitu hari sabat kita beribadah....

      Jadi hari sabat hari apa?
      Sabtu/minggu.
      Alkitab menyatakan hari sabat merupakan hari sabtu
      Temen2 bisa membacanya di perjanjian lama maupun di perjanjian baru juga...
      Di injil matius, markus, dan lukas di pasal yang terakhir.

      Jadi mengapa hari minggu beribadah? Sementara di alkitab katakan beribadalah pada hari sabat/sabtu.

      Apakah di alkitab kita beribadah pada hari minggu?

      Hapus
  16. Korban hewan pada PL merupakan korban bayangan yang menunjukkan pada korban asli, yaitu korban Yesus di kayu salib.dengan kata lain, Yesus telah menggenapi korban hewan (korban bayangan) dengan korban diri-Nya sendiri (korban asli). Jadi makanan itu bukan bayangan yang harus digenapi. Maka yang haram tetap haram dan yang halal tetap halal.

    BalasHapus
  17. Yesus tidak akan merubah hukum taurat walau seiotApun ... artinya adalah hukum yg berlaku dari jaman baheula ampe sekarang tidak akan pernah berubah tidak ada dan tidak boleh mengubahnya...tidak seorangpun... tidak malaikat .. tidak juga iblis ... apalagi manusia ... kalau kita pengikut yesus maka jalankanlah perintahnya ... ikuti perkataannya tetapkan hati kita untuk tidak mengikuti hukum buatan manusia...karna sabda yesus adalah firman ... kedudukannya jauh lebih tinggi dari hukum apapun di dunia ini ... trmksih salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul saya setuju bahwa jesus tidak merubah hukum taurat, kalau perintahnya dilarang yan jauhi

      Hapus
    2. Apa yang anda katakan ini kutipan dari Firman Tuhan.Saya sangat setuju dengan pendapat Omeeeen

      Hapus
  18. Knp sih ayat itu jadi andalah gereja2 modern..kan ayat itu ga bhas perihal haram dan halal.
    Klo di kitab dilarang ada aja yg disanggah.bahasa jawanya pek benere dewe..klo di PB ga ada disanggah dengan PL..
    Tuhan kita Tuhan Yesus bukan hawa nafsu..
    Dikit2 nyomot ayat PL dikit2 nyomot ayat PB untuk pembenaran.
    Liga boleh temen2 disini baca Injil 12 yg baru di temukan ..pakai key searc 'the gospel of the holy twelve..ga bakal Nemu kalo pake bahsa karna mungkin Kristen Indonesia ga upadate ato memang sengaja ga mau tau.
    Wahai bapak pendeta carilah kebenaran bukan pembenaran.GBU

    BalasHapus
  19. Babi dan anggur haram.. silahkan di check lg di injil

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini yg lebih haram

      Islam = Agama Kekerasan, Agama teror, Agama Cabul?
      Gw abis buka2 internet, gak ada agama kayak Islam, yang ngebolehin ngeduain wanita, ngebolehin pancung kepala ampe doa2kan nabi sendiri saban sore ampe pekak telinga gw buat nabi mesum mereka masuk sorga ( padahal udah mampus dineraka )

      ga ada agama2 laen ampe bilang disorga bisa ngesek ama 72 bidadari,kecuali islam, wadooooh, gak thresome lagi namanya, melainkan 72some 0_o

      punya nabi kok ngeperawain aisya yang masi anak kecil ( ade gw aja mens nya pas umur 16 taon ) alamak saaaam, mati gara2 diracun cewek pula anjriiit, kaga gagah amat mati elo mat? naseeeb naseeeb.

      gw jadi kepikiran, jin mana yang nurunin koran ama momed, ato setan lucifer yang ngasi koran tuh buat momed? yang pokoke gw tau islam itu adalah agama Teror.

      Hapus
  20. Kitab Ulangan 14 : 8 yang berbunyi :“Juga babi hutan, karena memang berkuku belah, tetapi tidak memamah biah, haram itu bagimu…”Dan juga pada kitab Imamat 11 : 7 yang berbunyi :“Demikian juga babi hutan, karena memang berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang, tetapi tidak memamah biak, haram itu bagimu.”Dalam Alkitab terbitan tahun 1968 bunyi kitab Imamat 11:7 sbb : “Demikian juga babi, meskipun berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang tetapi tidak memamah biak; haram bagimu.Sedangkan dalam terbitan 1979 ayat haramnya babi tersebut disulap, diganti, ditambah, menjadi… babi hutan., sbb : ”Demikian juga babi hutan, karena memang berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang, tetapi tidak memamah biak, haram itu bagimu.” (Imamat 11: 7).

    BalasHapus
  21. kitab Imamat 10 : 9. Dan juga ada dalil lain yang menguatkan bahwa minum-minuman keras itu haram dan sangat dilarang bagi orang yang mengimani Injil.“(4) Oleh sebab itu, peliharalah dirimu, jangan minum anggur atau minuman yang memabukkan dan jangan makan sesuatu yang haram. (14) Janganlah ia makan sesuatu yang berasal dari pohon aanggur; anggur atau minuman yang memabukkan tidak boleh diminumnya dan sesuatu yang haram tidak boleh dimakannya.” (Hakim- hakim 13 : 4 dan 14)

    BalasHapus
  22. INILAH NASRANI ...DIMANA PERKATAAN PENDETA LEBIH UTAMA DARI PERKATAAN TUHAN...BERANI TNPA MALU BERDUSTA UNTUK NAFSU MAKANAN SEMATA ..INIKAH YG DINAMAKAN MURID YESUS ...BUKAN KAH MURID MENGIKUTI GURUNYA ..BUKAN MEMBANTAH DAN MENCIDERAI AJARAN ATAS DASAR NAFSU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Islam = Agama Kekerasan, Agama teror, Agama Cabul?
      Gw abis buka2 internet, gak ada agama kayak Islam, yang ngebolehin ngeduain wanita, ngebolehin pancung kepala ampe doa2kan nabi sendiri saban sore ampe pekak telinga gw buat nabi mesum mereka masuk sorga ( padahal udah mampus dineraka )

      ga ada agama2 laen ampe bilang disorga bisa ngesek ama 72 bidadari,kecuali islam, wadooooh, gak thresome lagi namanya, melainkan 72some 0_o

      punya nabi kok ngeperawain aisya yang masi anak kecil ( ade gw aja mens nya pas umur 16 taon ) alamak saaaam, mati gara2 diracun cewek pula anjriiit, kaga gagah amat mati elo mat? naseeeb naseeeb.

      gw jadi kepikiran, jin mana yang nurunin koran ama momed, ato setan lucifer yang ngasi koran tuh buat momed? yang pokoke gw tau islam itu adalah agama Teror.

      Hapus
  23. Admin/penulis artikel ini sebaiknya belajar lebih dalam Alkitab ya...Jgn membuat umat makin terjerumus Krn penafsiran isi Alkitab versi anda sendiri

    BalasHapus
  24. Matius 5:17-19 (TB) 17"Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.
    18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.
    19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.








    Itu kan? Berarti sudah memang seharusnya kita tidak boleh memakan hewan yang diharamkan oleh Allah. Itu artinya sudah seharusnya kita mengikuti hukum taurat itu sampai "semuanya itu terjadi" janngan tersinggung saya hanya menyampaikan pendapat saya saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya ada beberapa hukum yang diturunkan sebelum hukum taurat,tapi manusia gk bisa menjalaninya,kemudian turunin hukum taurat tapi manusia juga gk bsa menjalaninya..MAKA terakhir turunlah hukum kasih karunia melalui kedatangan Tuhan Yesus..Dari hukum yang terakhir inilah banyak kemurahan yg diberikan kepada manusia agar bisa memperoleh keslamatan...kalau memakai hukum taurat harusnya hampir semua umat manusia yang tidak selamat,karna Sptnya hampir gk ada manusia yg bsa menjalanakan hukum taurat itu...masalah anggur harusnya no problem karna Yesus aja mengubah air menjadi anggur,yg turpenting jangan mabuk oleh anggur dan membuat dosa karna kemabukan itu..(ini adalah pendapat pribadi yang saya mengerti).

      Hapus
  25. Syaloom saudara2 yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus...

    Kita bukan saja hidup di perjanjian baru...
    Jangan sesekali mengabaikan perjanjian lama...

    mengenai makan haram dan tidaknya sudah jelas ditulis di alkitab...
    Tuhan mengenapi hukum taurat bukan lah yang mengenai makan dan minuman melainkan mengenai korban bakaran dan persembahan bakaran.
    Ingat lah tidak ada satu iota pun hukum Tuhan yang di hapus atau di akhiri.

    Mengenai perjanjian lama atau perjanjian baru....
    10 hukum taurat berada di perjanjian lama....
    Ini sampai sekarang masih di jalankan
    Jika katanya di akhiri atau mengikuti perjanjian baru itu salah besar karna jika kita mengikuti Tuhan jangan lah setrngah2....

    Saya ingin bertanya mengenai hari sabat. Hari sabat merupakan salah satu hukum taurat.hari sabat merupakan hari ke tujuh, hari sabat merupakan hari peristirahatan sebab 6 hari kita telah diberikan waktu untuk bekerja dan hari yang ke tujuh yaitu hari sabat kita beribadah....

    Jadi hari sabat hari apa?
    Sabtu/minggu.
    Alkitab menyatakan hari sabat merupakan hari sabtu
    Temen2 bisa membacanya di perjanjian lama maupun di perjanjian baru juga...
    Di injil matius, markus, dan lukas di pasal yang terakhir.

    Jadi mengapa hari minggu beribadah? Sementara di alkitab katakan beribadalah pada hari sabat/sabtu.

    Apakah di alkitab kita beribadah pada hari minggu?

    BalasHapus
  26. Wahai saudara saudariku cukup sdh perdebatan ini. Sesungguhnya nilai lh diri sndri trlebih dhlu apkh kita sdh pantas atau tdk..

    BalasHapus
  27. sekilas Info Qs40:73 kemudian dikatakan kepada mereka: "Manakah berhala-berhala yang selalu kamu persekutukan, 74 (yang kamu sembah) selain Allah?" Mereka menjawab: "Mereka telah hilang lenyap dari kami, bahkan kami dahulu tiada pernah menyembah sesuatu". Seperti demikianlah Allah menyesatkan orang-orang kafir. 75 Yang demikian itu disebabkan karena kamu bersuka ria di muka bumi dengan tidak benar dan karena kamu selalu bersuka ria (dalam kemaksiatan). 76 (Dikatakan kepada mereka): "Masuklah kamu ke pintu-pintu neraka Jahannam, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong".

    Qs13:5 Dan jika (ada sesuatu) yang kamu herankan, maka yang patut mengherankan adalah ucapan mereka: "Apabila kami telah menjadi tanah, apakah kami sesungguhnya akan (dikembalikan) menjadi makhluk yang baru?" Orang-orang itulah yang kafir kepada Tuhannya; dan orang-orang itulah (yang dilekatkan) belenggu di lehernya; mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.

    Qs9:68 Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah melaknati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal.

    Qs5:9(5:8) Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

    Qs5:3(5:2) Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi’ar-syi’ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keridhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian( mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.

    Qs10:27 Dan orang-orang yang mengerjakan kejahatan (mendapat) balasan yang setimpal dan mereka ditutupi kehinaan. Tidak ada bagi mereka seorang pelindungpun dari (azab) Allah, seakan-akan muka mereka ditutupi dengan kepingan-kepingan malam yang gelap gelita. Mereka itulah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.

    Qs2:62 Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

    Qs23:101 Apabila sangkakala ditiup maka tidaklah ada lagi pertalian nasab di antara mereka pada hari itu, dan tidak ada pula mereka saling bertanya. 102 Barangsiapa yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka mereka itulah orang-orang yang dapat keberuntungan. 103 Dan barangsiapa yang ringan timbangannya, maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam neraka Jahannam.

    Mat12:36Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.

    Mat13:49Demikianlah juga pada akhir zaman: Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar,13:50lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.

    BalasHapus
  28. (Sekilas infoku) Saat kapanpun KeilahianYesusKristus juga RohKudus bisa disebut Allah, (hanya jika berdasarkan KualitasKeilahian)
    Demikian juga saat kapanpun Yesus juga RohKudus bisa disebut Utusan, (hanya jika berdasarkan “selain” dalam hal KualitasKeilahian.
    14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
    14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."
    +++
    16:26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa,
    16:27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.
    (Sebutan Tuhan sebenarnya tidak ditujukan pada Manusia Yesus, tapi pada KualitasAllah yang terkandung dalam KeilahianYesus)
    ---
    5:3 Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
    5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."
    +++
    13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka."
    ===
    Qs 11:37 Dan buatlah bahtera itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami, dan janganlah kamu bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang zalim itu; sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan.
    Qs 21:29 Dan barangsiapa di antara mereka, mengatakan: "Sesungguhnya Aku adalah tuhan selain daripada Allah," maka orang itu Kami beri balasan dengan Jahannam, demikian Kami memberikan pembalasan kepada orang-orang zalim
    Qs 29:8 Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.
    Qs 70:40 Maka Aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa.
    ---
    3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya."

    BalasHapus
  29. 28:17 Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.
    28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
    ---
    5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"
    5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin". Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.
    ***
    21:14 Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.
    ---
    8:2 Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku."
    8:3 Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya.
    ---
    9:18 Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: "Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup."
    9:19 Lalu Yesus pun bangunlah dan mengikuti orang itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya.
    ---
    28:5 Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: "Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu.
    28:6 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.
    28:7 Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu."
    28:8 Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus.
    28:9 Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: "Salam bagimu." Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya.
    28:10 Maka kata Yesus kepada mereka: "Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku."
    ---
    1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
    1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.
    1:19 Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi sesudah ini.
    ---
    1:6 dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, -- bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.
    1:7 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.
    1:8 "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

    BalasHapus