Siapa istri Kain

Banyak pertanyaan yang menanyakan siapa sebenarnya istri Kain.

Kejadian 4:17, Kain bersetubuh dengan isterinya dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Henokh.

Hampir semua orang beranggapan bahwa pada saat itu di dunia hanya ada Adam, Hawa, Kain, dan Habel (yang kita semua tahu bahwa pada Habel telah mati dibunuh oleh Kain). Namun jika dilihat dari daftar keturunan Adam di pasal 5, kita akan menemukan ayat berikut.

Kejadian 5:4, Umur Adam, setelah memperanakkan Set, delapan ratus tahun, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.

Dari ayat tersebut jelas sekali bahwa Adam dan Hawa mempunyai banyak anak, dan tidak menutup kemungkinan bahwa pada saat peristiwa pembunuhan Kain terhadap Habel, anak Adam dan Hawa sudah ada banyak. Jadi jelas jawaban untuk pertanyaan di atas, istri Kain adalah saudara kandungnya sendiri.

Berarti pada saat itu Kain melakukan perkawinan sedarah? Apa diperbolehkan?

Ya, karena pada saat itu memang tidak ada pilihan lain dan perkawinan dengan saudara kandung (bukan saudara kembar) ini memang harus dilakukan, setidaknya untuk generasi pertama dan bahkan mungkin pada generasi kedua. Apakah tidak berbahaya perkawinan yang seperti ini? Pada saat itu mungkin saja manusia masih lebih “sempurna” dan umur manusia masih sangat panjang karena dosa belum seperti sekarang ini yang membuat umur manusia semakin lama semakin singkat. Pada keturunan selanjutnya, sepertinya perkawinan sedarah atau sering disebut juga dengan incest tidak diperbolehkan, meskipun secara lisan saja tertulis. Barulah pada saat adanya Hukum Taurat Musa (misal di Imamat 20:17) perkawinan sedarah (incest) ini secara resmi dilarang.

Imamat 20:7, Bila seorang laki-laki mengambil saudaranya perempuan, anak ayahnya atau anak ibunya, dan mereka bersetubuh, maka itu suatu perbuatan sumbang, dan mereka harus dilenyapkan di depan orang-orang sebangsanya; orang itu telah menyingkapkan aurat saudaranya perempuan, maka ia harus menanggung kesalahannya sendiri.

Apakah Adam benar – benar manusia pertama yang diciptakan Allah?

Banyak yang berpikir bahwa Allah menciptakan manusia lain terlebih dahulu karena pada pada Kejadian 1:27-28 dituliskan bahwa Allah menciptakan manusia barulah pada pasal kedua diceritakan bahwa Allah membentuk Adam. Tapi ayo kita cek Kejadian 2:5-7.

Kejadian 2:5-7, belum ada semak apapun di bumi, belum timbul tumbuh-tumbuhan apapun di padang, sebab TUHAN Allah belum menurunkan hujan ke bumi, dan belum ada orang untuk mengusahakan tanah itu; tetapi ada kabut naik ke atas dari bumi dan membasahi seluruh permukaan bumi itu-- ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

Jadi secara singkat kita dapat katakan bahwa cerita penciptaan Adam merupakan detail dari penciptaan manusia yang diceritakan pada pasal satu.

Jadi Tuhan tidak menciptakan manusia lain selain Adam dan Hawa?

Jika tidak ada perkawinan yang seperti ini, jawaban lainnya adalah Tuhan menciptakan manusia – manusia lain selain Adam dan Hawa. Tapi sepertinya hal ini tidak mungkin karena tidak ada satupun penjelasan yang dapat diterima jika benar – benar ada manusia lain. Jika ada manusia lain yang diciptakan Allah secara langsung, apakah manusia tersebut satu per satu diusir dari Taman Eden? Apakah tidak ada manusia yang tidak dapat berbuat dosa, padahal Tuhan menciptakan manusia sempurna sesuai dengan gambarannya? Apakah mungkin ada manusia yang tidak melakukan dosa dan tertinggal di Taman Eden? Atau yang paling ekstrim adalah apakah mungkin Tuhan menciptakan manusia yang tidak sempurna di luar Taman Eden? Apapun itu, tidak ada penjelasan yang dapat diterima jika memang benar ada manusia lain yang diciptakan Allah secara langsung. Hal ini diperkuat dengan perintah Allah yang pertama kepada manusia di

Kejadian 1:28, Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."

Jika kita melihat firman tersebut, jelas firman tersebut ditujukan kepada Adam dan Hawa, satu – satunya (walaupun dua sebenarnya sih) manusia yang hidup. Dengan adanya firman tersebut, maka tanpa menciptakan manusia lain pun Adam dan Hawa tetap bisa beranak cucu dan bertambah banyak. Mengapa dikatakan bahwa pada saat itu hanya ada Adam dan Hawa? Jika kita baca lebih lanjut di Kejadian 2:18.

Kejadian 2:18, TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia."

Jelas di sini bahwa pada saat itu hanya Adam yang diciptakan (baca: seorang diri) dan Allah menciptakan Hawa untuk melengkapi Adam.

Oke, anggap saja itu semua hanya asumsi saya dan masih tidak percaya kalau tidak ada manusia lain yang Allah ciptakan, bagaimana dengan Kejadian 3:20?

Kejadian 3:20, Manusia itu memberi nama Hawa kepada isterinya, sebab dialah yang menjadi ibu semua yang hidup. (TB)

Kejadian 3:20, Adam menamakan istrinya Hawa, karena perempuan itu menjadi ibu seluruh umat manusia. (BIS)

Saya rasa ayat di atas sudah menjelaskan semuanya dengan jelas.

-N.L.H-

19 komentar:

  1. Kalau kita cermati dan meminta petunjuk roh kudus nampaknya mmg Tuhan Allah telah MENCIPTAKAN manusia sebelum MEMBENTUK Adam (Garis bawah MENCIPTAKAN dan MEMBENTUK).
    Manusia yg diciptakan (Laki2 dan perempuan):
    Kej 1:27 ...menurut gambar Allah diciptakanNya dia;laki2 dan perempuan diciptakanNya mereka.
    Kej 1:28...penuhilah bumi dan taklukkanlah itu..
    Kej 1:29...tumbuhan yg berbiji dan sgala pohon yg buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.
    --------------------------
    Manusia yg dibentuk (Adam)

    Kej 2:7 ketika itulah Tuhan Allah membentuk manusia dari debu tanah...
    Kej 2:8 selanjutnya Tuhan Allah membuat taman eden disebelah timur; disitulah ditempatkanNya manusia yg dibentukNya itu.
    Kej 2:9 Lalu Tuhan Allah menumbuhkan berbagai2 pohon yg menarik dan yg baik utk dimakan buahnya.
    Kej 2:22 dan dari rusuk yg diambil Tuhan Allah dari manusia itu, dibangunNyalah seorang perempuan.

    Kesimpulan :
    1) Menciptakan : menjadikan yg tdk ada menjadi ada, sdgkan membentuk : membuat dr yg ada menjadi bentuk lain. Artinya ada 2 pekerjaan yg berbeda.
    2) Tuhan Allah tlh menciptakan manusia (laki2 dan prempuan sekaligus) sebelum Adam dibentuk. Krn Adam dibentuk sendiri dan kemudian dibangun perempuan (hawa) dr tulang rusuknya.
    3) Manusia yg diciptakan diperintahkan utk memenuhi bumi (menyebar), sdgkan Adam ditempatkan di taman eden.
    4) Dari segi makanan utk manusia ciptaan Tuhan Allah dgn manusia yg dibentuk juga ada keistimewaan. Artinya Adam adalah manusia yg dikhususkan oleh Tuhan Allah.

    Mudah2-an roh kudus tetap membimbing kita dalam memahami firman Allah dan mensterilkan kita dr pekerjaan2 penyesatan yg trus digencarkan oleh Iblis. Sekian dan terimkasih. Tuhan Yesus dipermuliakan. Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini juga ngaco. Ga aneh ada perbedaan munthe dan munte.

      Hapus
    2. Ini juga ngaco. Ga aneh ada perbedaan munthe dan munte.

      Hapus
  2. @Goedham : hmm,, menurut saya kesimpulan anda yg nomor 3 tidak ada bukti di Alkitab. Saya lebih setuju dgn pernyataan artikel blog ini.

    BalasHapus
  3. Tapi menurut Kejadian 4:14b tertulis "..., maka barangsiapa yang akan bertemu aku,tentulah akan membunuh Aku", dimana pada ayat2 sebelumnya manusia yang diciptakan antara lain Adam, Hawa, Kain dan Habel (yg sdh meninggal dibunuh oleh Kain). Lalu siapakah orang yang dimaksud oleh Kain yang akan ditemuinya saat diusir dari rumahnya? Mohon petunjuknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Euleuh-euleuh. Boa-boa manusa purba siah nya, euy?! Heueuh nya, euy, emang ngalieurkeun. Nya manggeus lah, ai kitab kitu patut mah teu kudu dipusti-pusti. Teangan weh atuh kitab nu sejen. Geus weh ayeuna mah, ceuk saran dewek kitu, cik silaing teh tenjo tah kitab nu aslina make Basa Arab. Tah amun dina jero kitab eta mah moal aya karaguan na jerona, da eta mah bener-bener asli dawuhan Pangeran. Nya eta mah kuma sia weh, amun silaing masih hayang keneh nyembah layon, nya henjor. Ngan tapi amun silaing manggeus insap jeung daek nyembah tur sumujud ka Pangeran anu saaslina, nya alus, sukur!
      Sugan weh silaing teh cing buru-buru tobat ka Nu Maha Kawasa jeung ninggalkeun kamusrikan nu salila ieu dipigawe ku sararia, nya!
      Peun!

      Hapus
    2. Beberapa menegaskan bahwa pasti ada banyak orang di bumi selain keturunan Adam dan Hawa, kalau tidak Kain tidak perlu takut kepada orang yang ingin menghabisinya karena ia membunuh Habel.

      Pertama, sebelum pemerintahan sipil diadakan untuk menghukum para pembunuh (Kejadian 9:6), seseorang akan memiliki keinginan untuk mencelakai Kain karena membunuh Habel hanya jika mereka memiliki hubungan dekat dengan Habel! Orang asing akan sulit peduli. Jadi orang-orang yang ditakuti Kain tidak mungkin orang-orang dari bangsa lain.

      Kedua, Kain dan Habel lahir beberapa waktu lamanya sebelum kematian Habel. Kejadian 4:3 mencatat:

      Setelah beberapa waktu lamanya, maka Kain mempersembahkan sebagian dari hasil tanah itu kepada Tuhan sebagai korban persembahan.

      Perhatikan ungkapan "beberapa waktu lamanya." Kita tahu bahwa Set lahir ketika Adam berumur 130 tahun (Kejadian 5:3), dan Hawa melihatnya sebagai “pengganti” Habel (Kejadian 4:25). Karena itu, jaman sejak kelahiran Kain hingga kematian Habel mungkin ada 100 tahun atau lebih—memungkinkan banyak kesempatan bagi anak-anak Adam dan Hawa lainnya untuk menikah dan beranak- cucu. Pada saat Habel dibunuh, mungkin sudah ada sejumlah besar keturunan Adam dan Hawa, termasuk beberapa generasi.

      Hapus
  4. Mari kt pake logika kongkrit sj dl. Adam dan hawa diciptakn di taman eden, dan dlm peta alkitab taman eden itu berada di timur tengah. Hal dibuktikn dgn adanx sungai2 yg disebt dlm alkitb itu smua brada di sekitar Irak. Tdk dpt disangkl bhw keturunn adam it adlh mrk2 yg di timur tengh sana. Dan alkitab itu hanx mncatat srjrh dan petistiwa yg jg trjdi di timur tengh. Semntara di bumi ini ada bgt bnxk dan luasnx dataran dan benua yg sdh tentu jg dihuni olh manusia2 prtama di dataran dan di benua tsbt. Sm se x tdk msk alkal jika ras arabian di timur tengh yg akn mnjadi nnk moyang org cina, sborigin dan org indian at org indon malayu. Jd kesimpuln sy smntara menurut logika bhwa selain adam dan hawa ms bnxk mnusia lain yg diciptakn Tuhan di muka bumi ini. Adam dan hawa hanx sampel dan representase hubungan Allah dgn mnusia agr tdk bnxk interpretasi yg muncul ttg Allah dan manusia. Sekian. Friber Mangiri'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sulit ya bro klu kita tidak punya dasar dlm berbicara. Saya cendrung berpikir adalah bahwa istri Kain adalah keturunan Adam juga bro. Karena kain sudah memiliki ketakutan akan bertemu orang lain (saudaranya perempuan/laki2) yg tentu bisa membalas perbuatannya. Karena Alkitab wkt itu cendrung hanya mencatat kelahiran laki2.

      Hapus
  5. Mari kt pake logika kongkrit sj dl. Adam dan hawa diciptakn di taman eden, dan dlm peta alkitab taman eden itu berada di timur tengah. Hal dibuktikn dgn adanx sungai2 yg disebt dlm alkitb itu smua brada di sekitar Irak. Tdk dpt disangkl bhw keturunn adam it adlh mrk2 yg di timur tengh sana. Dan alkitab itu hanx mncatat srjrh dan petistiwa yg jg trjdi di timur tengh. Semntara di bumi ini ada bgt bnxk dan luasnx dataran dan benua yg sdh tentu jg dihuni olh manusia2 prtama di dataran dan di benua tsbt. Sm se x tdk msk alkal jika ras arabian di timur tengh yg akn mnjadi nnk moyang org cina, sborigin dan org indian at org indon malayu. Jd kesimpuln sy smntara menurut logika bhwa selain adam dan hawa ms bnxk mnusia lain yg diciptakn Tuhan di muka bumi ini. Adam dan hawa hanx sampel dan representase hubungan Allah dgn mnusia agr tdk bnxk interpretasi yg muncul ttg Allah dan manusia. Sekian. Friber Mangiri'

    BalasHapus
  6. haha komen nya lucu lucu......

    numpang lapak gan

    www.kristendalamfakta.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Sy pikir penjelasan dri blog di atas sngat lengkap krn itu di dsari dgn ayat2 alkitab yg sangat mendukung

    BalasHapus
  8. saya pikir semua setelah membaca ayat demi ayat tentang penciptaan manusia. semua pendapat ataupun pandangan kita benar menurut jalan pikiran kita, tergantung cara kita melibatkan roh kudus saat kita merenungkan isi alkitab.
    kalau menurut saya bahwa Allah dan malaikat2Nya menciptakan manusia yang pertama adalah adam dan kemudian hawa..... tetapi penciptaan manusia tidak berhenti sampai disitu, Allah dan malaikat2Nya masih menciptakan manusia-manusia lain menurut gambar dan rupa Allah.
    sebagai acuan saya baca dalam Kejadian 5. (teliti ayat 1 dan 2) tentunya tak lepas dari ayat2 sebelumnya.

    BalasHapus
  9. saya pikir semua setelah membaca ayat demi ayat tentang penciptaan manusia. semua pendapat ataupun pandangan kita benar menurut jalan pikiran kita, tergantung cara kita melibatkan roh kudus saat kita merenungkan isi alkitab.
    kalau menurut saya bahwa Allah dan malaikat2Nya menciptakan manusia yang pertama adalah adam dan kemudian hawa..... tetapi penciptaan manusia tidak berhenti sampai disitu, Allah dan malaikat2Nya masih menciptakan manusia-manusia lain menurut gambar dan rupa Allah.
    sebagai acuan saya baca dalam Kejadian 5. (teliti ayat 1 dan 2) tentunya tak lepas dari ayat2 sebelumnya.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. saya pikir semua setelah membaca ayat demi ayat tentang penciptaan manusia. semua pendapat ataupun pandangan kita benar menurut jalan pikiran kita, tergantung cara kita melibatkan roh kudus saat kita merenungkan isi alkitab.
    kalau menurut saya bahwa Allah dan malaikat2Nya menciptakan manusia yang pertama adalah adam dan kemudian hawa..... tetapi penciptaan manusia tidak berhenti sampai disitu, Allah dan malaikat2Nya masih menciptakan manusia-manusia lain menurut gambar dan rupa Allah.
    sebagai acuan saya baca dalam Kejadian 5. (teliti ayat 1 dan 2) tentunya tak lepas dari ayat2 sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngaco. Bahasa indonesianya pasti ga lulus. Pakai versi kjv aja ga berbelit langsung to the point. Baca genesis 5:1-2 Allah hanya menciptakan adam dan hawa saja. Jadi ga ada manusia lainnya diciptakan Allah.

      Hapus
    2. Ngaco. Bahasa indonesianya pasti ga lulus. Pakai versi kjv aja ga berbelit langsung to the point. Baca genesis 5:1-2 Allah hanya menciptakan adam dan hawa saja. Jadi ga ada manusia lainnya diciptakan Allah.

      Hapus
  12. Godham munthe benar...ini simple dan masuk akal karena manusia dari dulu sampai sekarang sudah terdokrin bahwa Adam n Hawa manusia pertama n penciptaan selama 6 hari n 1 hari istirahat..Alkitab bisa menjelaskan..kalau kita teliti..n betul istilah ini tepat bahwa manusia sudah ada n beranak cucu dan banyak (ingat dalam ukuran Tuhan 1 hari = 1.000 tahun 2 petrus 3:8)..jadi dalam penciptaan bisa disimpulkan selama 6 hari itu ada proses dalam penciptaan,manusia byk tertipu dgn pola pemikiran bahwa Tuhan mencipta spt pesulap abrakadabra lansung jd..padahal ayat 2 petrus 3:8 sgt tepat menjelaskan..Tuhan bekerja secara alami dan natural serta waktu yg tepat n presisi dgn tdk memungkiri Tuhan juga bisa membuat mujijat..ini membuktikan iblis menipu manusia dgn pola pikir seperti itu, contoh sifat manusia kalau sakit cari dukun kalau sakit agar lansung sembuh, semua ingin instant, cepat kaya dsbnya..hingga berbuat apa saja untuk mencapai keinginan manusia. Jadi wajar manusia beranak cucu dan banyak karena Tuhan mencipta manusia laki2 n perempuan kejadian 1:27-28 itu jelas dan jawaban darimana istri kain sudah terjawab dan itu logis..trus kenapa demikian karena itu tadi manusia sudah terdokrin dgn istilah "manusia pertama" padahal sudah diciptakan laki2 dan perempuan. Sedangkan Hawa dibuat dari tulang rusuk Adam..jd kesimpulannya..maaf dgn bahasa istilah saya bahwa ..Adam adalah manusia pertama yang Tuhan ciptakan/ambil/pilih untuk tinggal ditaman eden..dan dari situ hawa diciptakan dari tulang rusuk adam..itu berarti Adam adalah yg terpilih pertama untuk silsilah orang pilihan Tuhan yg merangkai kitab kejadian sampai Kristus datang..coba buktikan sendiri silsilah Adam sampai Kristus itu jelas..itu membuktikan misi besar Tuhan untuk menyelamatkan manusia lewat Kristus..so siapa yang percaya terima Yesus maka ia akan diselamatkan karna Kristus datang dari silsilah orang2 pilihan Tuhan..jadi pilihan sekarang mau ikut mana ?????

    BalasHapus