Memperoleh Keselamatan Kekal

Hampir semua manusia menyadari bahwa manusia hidup di dunia hanyalah untuk sementara. Akan ada kehidupan lain setelah manusia nanti meninggal. Namun banyak sekali orang yang khawatir bagaimana kalau mereka meninggal nanti, apa yang harus mereka lakukan di dunia ini supaya dapat selamat? Jawaban dari pertanyaan di atas ada di tulisan ini.

Roma 3:23, Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,

Roma 6:23, Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Pertama – tama kita harus menyadari terlebih dahulu kalau kita semua adalah manusia berdosa dan kita tidak dapat menebus dosa kita sendiri. Coba bayangkan berapa banyak kita berpikir negatif sepanjang hari, sudah seberapa besar dosa yang kita lakukan hanya melalui pikiran kita. Kebaikan kita tidak akan pernah cukup untuk dapat menebus dosa kita. Oleh karena itu kita butuh penebusan akan semua dosa kita dan penebusan yang dimaksud di sini adalah penebusan yang hanya dari Tuhan Yesus Kristus. Bagaimana cara memperoleh penebusan yang dari Yesus Kristus? Caranya adalah dengan percaya kepada Yesus Kristus sebagai satu – satunya Tuhan DAN Juruselamat pribadi. Ya, Tuhan Yesus Kristus sudah menawarkan keselamatan kekal kepada semua umat manusia, pertanyaannya adalah apakah kita mau menerimanya atau bahkan menolak keselamatan ini?

Yohanes 3:16, Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Jadi setiap orang yang percaya kepada Kristus berarti sudah ditebus dan memperoleh JAMINAN keselamatan kekal. Berapa kali kita diselamatkan? Jawabannya adalah satu kali. Satu kali kita bertobat dan percaya Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, maka satu kali juga kita memperoleh keselamatan.

Ibrani 9:28, demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia.

Kisah Para Rasul 2:38, Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

Ya, kita diselamatkan satu kali untuk memperoleh jaminan keselamatan kekal. Namun sayangnya banyak orang yang menyalahartikan keselamatan ini. Banyak orang berpikir dengan memperoleh keselamatan ini mereka bisa seenaknya melakukan dosa. Ini sangat memprihatinkan karena orang yang sudah benar – benar menerima keselamatan ini pasti akan tidak nyaman dengan dosa dan akan merasa bersalah jika melakukan dosa, dan yang pasti orang yang sudah percaya Yesus Kristus dan mempunyai Roh Kudus di dalam dirinya tidak akan nyaman jika hidup di dalam dosa.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana ketika kita sudah percaya Kristus dan memperoleh keselamatan namun kita masih tetap berbuat dosa? Apakah kita masih tetap diselamatkan? Apakah kita harus bertobat ulang? Bagaimana kalau saya meninggal pada saat saya melakukan dosa? Semua pertanyaan ini dibahas di artikel lain yaitu Mengulangi Dosa yang Sama?

Demikianlah caranya agar kita dapat memperoleh keselamatan kekal, yaitu hanya ada 1 cara dan hanya ada satu jalan, yaitu percaya kepada Yesus Kristus sebagai satu – satunya Tuhan dan Juruselamat pribadi. Maukah kita mempercayainya?

Yohanes 14:6, Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

-N.L.H-

2 komentar: