Memahami Ayat Alkitab Dalam 5 Menit

 

2 Timotius 3:16,  Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Kita semua mempercayai bahwa Alkitab adalah tulisan yang 100% diilhamkan oleh Allah sendiri dan dengan kata lain merupakan tulisan Allah sendiri. Namun dalam membaca Alkitab, kita seringkali sulit untuk mengerti salah satu ayat dalam Alkitab. Jika kita tidak dapat mengerti arti dari suatu ayat, hal ini tentunya akan membuat adanya perasaan yang mengganjal di hati kita. Bisa jadi iman kita akan goyah jika kita salah mengartikan suatu ayat Alkitab. Hal ini juga akan menjadi masalah ketika ada orang Kristen yang kebingungan menjelaskan arti dari suatu ayat ketika ada orang dari agama lain bertanya. Oleh karena itu sangatlah penting untuk kita dapat mengerti arti dari suatu ayat di dalam Alkitab.

Untuk dapat mengerti arti dari suatu ayat Alkitab biasanya membutuhkan waktu yang lama, salah satunya adalah dengan melakukan pendalaman Alkitab. Apalagi jika kita mau mengerti dan mendalami keseluruhan Alkitab, mungkin seluruh hidup kita tidak akan cukup untuk menyelaminya. Namun sebenarnya terdapat kiat – kiat khusus agar kita dapat mengerti suatu ayat Alkitab dalam waktu singkat. Banyak orang mengira saya belajar di STT (Sekolah Tinggi Teologia) atau pendeta karena saya bisa banyak menjawab pertanyaan mengenai apapun yang ada di Alkitab. Ini salah besar karena saya hanyalah jemaat biasa yang sangat mencintai Firman Tuhan. Jika ada suatu pertanyaan sulit mengenai suatu ayat Alkitab yang belum saya mengerti, saya melakukan langkah – langkah kecil agar dapat mengerti ayat tersebut walaupun dengan waktu yang sangat singkat.

Sudah cukup dengan bertele – telenya, langsung saja ini dia tips agar kita bisa memahami suatu ayat Alkitab dalam waktu 5 menit saja:

1. Baca ayatnya berulang – ulang

Hal yang paling mudah dan paling cepat adalah dengan membaya ayat tersebut yang tidak kita mengerti berulang – ulang. Coba baca dengan perlahan kata per kata dan hayati ayat tersebut. Walaupun membaca ayat yang sama, tapi hal yang di dapat setiap kali kita membaca suatu ayat dalam Alkitab bisa saja berbeda. Jika cara ini masih tetap saja membuat kita tidak mengerti akan arti ayat tersebut, silakan lanjut ke cara kedua.

2. Baca ayat sebelum dan sesudahnya

Budaya asal comot ayat sangatlah meresahkan belakangan ini. Bahkan ayat Alkitab seringkali dibilang “porno” karena orang hanya asal comot ayat saja. Padahal jika kita membaca ayat sebelum dan sesudahnya, tentu semuanya akan menjadi lebih jelas. Ya, suatu ayat tidak bisa lepas dari ayat sebelum dan sesudahnya. Pada teks aslinya, Alkitab sama sekali tidak punya pasal dan ayat. Pasal dan ayat yang ada di Alkitab sekarang ini dibuat oleh manusia agar kita lebih mudah dalam membaca Alkitab, Jika kita membaca ayat Alkitab hanya sepotong, bisa jadi kita salah menangkap maksud dari penulis. Sama saja jika kita baca surat cinta hanya sepotong. Misalkan ada bagian dalam surat cinta tersebut yang berkata “Aku benci kamu”, belum tentu surat tersebut benar – benar ingin menunjukkan bahwa si penulis benar – benar benci. (Duh maaf malah jadi lari ke surat cinta). Jadi intinya adalah baca minimal satu perikop pada ayat tersebut, lebih baik lagi satu pasal dibaca juga.

3. Baca terjemahan bahasa lain

Terjemahan Baru (BIS) yang merupakan terjemahan yang kita baca sekarang sebenarnya merupakan terjemahan yang sudah cukup baik, walaupun tidak sempurna. Alkitab yang sempurna adalah Alkitab dari bahasa aslinya, namun tentu kita sebagai orang awam tidak mengerti bahasa Yunani, apalagi bahasa Ibrani. Beruntung kita sekarang hidup di masa teknologi yang sudah maju, aplikasi Alkitab yang kita punya biasanya bisa membaca Alkitab dengan berbagai terjemahan. Terjemahan yang saya rekomendasikan yang harus ada di aplikasi Alkitab kita adalah terjemahan King James Version (KJV) dan Bahasa Indonesia Sehari – hari (BIS). Sebenarnya TB lebih baik daripada BIS, namun terkadang kita dapat lebih mudah mengerti suatu ayat dengan terjemahan BIS. KJV adalah terjemahan yang paling direkomendasikan dari terjamahan lain karena KJV menterjemahan secara literal, yaitu kata per kata. Intinya kalau bingung, merujuklah pada KJV. Jika dengan cara ini juga masih bingung, coba cara selanjutnya.

4. Lihat tafsiran

Dulu saya menggunakan software e-sword atau sabda di komputer untuk dapat melihat tafsiran. Banyak orang juga mempunyai Alkitab khusus yang sudah ada tafsirannya, saya juga punya sih. Namun lagi – lagi kita sudah sangat dimudahkan oleh teknologi. Sudah ada aplikasi “tafsiran” di google play store yang bisa digunakan secara gratis untuk memudahkan kita mengerti ayat Alkitab. Jadi jika mau mudah, tinggal install aplikasinya di perangkat kamu dan mulai mendalami isi Alkitab menggunakan aplikasi tersebut. Tafsiran yang ada memang belum tentu 100% akurat, namun tafsiran ini pastinya akan sangat membantu kita dalam memahami Alkitab. Jika tafsiran masih kurang membantu, lanjut ke cara selanjutnya.

5. Tanya saudara seiman atau google

Ya, cara ini akan menjadi cara yang ampuh jika kita masih tidak dapat mengerti ayat di dalam Alkitab. Bertanya pada saudara seiman yang lebih dewasa rohani akan menjadi jalan yang benar. Kita juga bisa bertanya pada google. Namun INGAT, jangan pernah mengacu pada satu tulisan yang ada di google, baca beberapa tulisan sebagai sumber pengetahuan. Karena google juga bisa salah loh.

5 cara di atas merupakan cara yang hampir selalu dapat menjawab pertanyaan mengenai suatu ayat Alkitab. Namun tentu pendalaman Alkitab yang lebih lanjut akan sangat berguna agar kita dapat benar – benar mengerti makna dari suatu ayat dalam Alkitab. Semoga dengan adanya tulisan ini kita semua dapat belajar Alkitab secara mandiri sehingga pertumbuhan iman kita akan semakin baik. Selamat memahami Alkitab. Open-mouthed smile

-N.L.H-

1 komentar:

  1. Syalom admin, saya merekomendasikan Alkitab terjemahan Jawa 1981, terjemahan tersebut sudah hampir mirip dengan bahasa aslinya karena bahasa Jawa memiliki kekayaan kosakata sehingga masih mampu untuk menyamai yang ada di KJV terutama. Selamat malam, Tuhan Yesus memberkati.

    BalasHapus